desain rumah minimalis modern

5 Ciri Khas Desain Rumah Minimalis Modern

Posted by Aisah Wolfard  •  Wednesday, February 26 2020

Desain rumah minimalis modern identik dengan segala sesuatu yang simpel, fungsional, dan tertata rapi.

InteriorDesign.id – Gagasan minimalis telah menjadi salah satu yang paling signifikan. Ia memiliki pengaruh ke hampir segala aspek, terutama gagasan desain. Dari desain antarmuka (user interface), desain perangkat keras, desain mobil, film dan game, hingga desain web. Tidak terkecuali desain interior serta arsitektur.

Arsitektur dan interior minimalis sendiri adalah sebuah upaya untuk menciptakan konsep desain yang lebih baik melalui kesederhanaan bentuk, ruang, material, detail, dan warna. Itu semua adalah elemen-elemen dan unsur-unsur desain.

Konsep dan gagasan desain minimalis juga mungkin bukanlah yang paling populer, tetapi ia sangat memengaruhi dan menembus lebih banyak bidang jika dibandingkan dengan tren seni atau gagasan-gagasan desain yang lain.

Desain rumah minimalis modern

Banyak yang percaya bahwa konsep desain minimalis sangat erat dengan gaya modern, sehingga kedua istilah ini seringkali dikaitkan dan melekat, melebur menjadi satu kesatuan; desain minimalis modern, atau juga biasa disebut modern minimalis.

Hal ini terjadi karena pada prinsipnya, baik minimalis maupun modern sama-sama meminimalisir penggunaan elemen-elemen non-fungsional. Keduanya sama-sama minim pengggunaan dekorasi yang dianggap berlebihan. Termanifes dalam rancangan arsitekturalnya, maupun interiornya.

Konsep minimalis modern, terutama yang diterapkan dalam desain rumah, memerlihatkan kesederhaan bentuk, mengedepankan penampilan yang bersih, rapi, dan lebih memfokuskan kepada fungsi. Ia adalah kebalikan dari gaya klasik, yang fokus pada perayaan bentuk-bentuk rumit dan kompleks sebagai ekspresi kemewahan.

desain rumah minimalis modern

Ciri Khas desain rumah minimalis modern

Jika coba disimpulkan, karakteristik atau ciri khas desain rumah minimalis modern terdiri dari 5 hal;

Pertama, seperti disinggung sebelumnya, ia sangat fokus pada kesederhanaan. Rumah minimalis modern menyederhanakan bentuk dan setiap fungsi elemen-elemen desainnya.

Kedua, rumah minimalis modern menampilkan bagian dinding yang bersih dan sebut saja “tidak rumit”.

Bagian dinding rumah modern minimalis biasanya rapi, bersih, dan berwarna. Ia berbeda misal dengan didding rumah-rumah klasik yang menggunakan tekstur, ukiran, atau lekukan yang jelas tidak sederhana. Juga berbeda dengan dinding rumah bergaya insustrial yang “raw” atau mentah, yang dibiarkan terbuka apa adanya.

Ketiga, desain rumah minimalis modern biasanya menggunakan konsep open space atau lantai terbuka dengan bukaan banyak jendela besar. Ia dipenuhi banyak cahaya, terutama cahaya alami, dan memerlihatkan keterbukaan, fleksibilitas, serta akses tak terbatas. Ini juga  tercermin dalam gagasan desain lain, desain komtemporer.

Selanjutnya, yang menjadi ciri khas lain dari rumah minimalis modern adalah penampilan atau visualisasinya yang sederhana, dalam artian yang sebenarnya. Baik eksterior maupun interiornya, tampak sangat simpel dan jauh dari kesan rumit.

Lalu, yang terakhir, rumah-rumah minimalis modern biasanya banyak menggunakan material-material dan bahan yang secara strategis digunakan untuk kebutuhan visual. Ini artinya, kebutuhan visual dan tekstur menjadi sangat khas dan memerlihatkan karakter serta kepribadian yang kuat sebagai manifestasi gagasan minimalisme.

Daya tarik visual rumah minimalis modern ada pada penggunaan material-material ini. Ditambah dengan penggunaan skema warna-warna netral, menjadikannya tampak sangat ekspresif.

desain interior rumah minimalis modern

~ via roohome

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , ,

Aisah Wolfard

By Aisah Wolfard

Creative Director, Designer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...