Desain Rumah yang Sehat: Pentingnya Desain Interior untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

Posted by HinaYana  •  Tuesday, July 9 2019

Desain rumah yang sehat dapat memberi kebahagiaan sekaligus menghindarkan diri dari stress.

Interiordesign.id – Stres dan tekanan hidup sehari-hari tidak dapat dihindari begitu saja. Hal ini merupakan kondisi keseharian yang melekat dalam setiap diri kita masing-masing.

Pentingnya menjaga keseimbangan hidup dengan mengurangi, menghindari, atau bahkan mengobati stres menjadi satu keharusan agar kita tidak tersesat dan terjebak dalam sebuah kehidupan yang berantakan.

Rumah sudah seharusnya menjadi satu tempat terbaik untuk menjaga dan memberikan keseimbangan hidup.

Rumah sudah seharusnya menjadi satu tempat terbaik untuk menjaga dan memberikan keseimbangan hidup tersebut. Rumah mesti sebaik-baiknya dirancang agar dapat memberikan kesenangan, kenyamanan, keamanan, serta rasa tenang yang dibutuhkan. Baik oleh fisik maupun mental.

Menghabiskan biaya terlalu banyak untuk mengunjungi pusat-pusat kebugaran, spa, atau sejenisnya, atau bahkan piknik dan rekreasi untuk mengurangi kadar stres mungkin bisa saja jadi solusi instan. Namun, bagaimana jika sebenarnya cara terbaik meredakan ketegangan, bisa dihadirkan di dalam rumah?

Tugas Anda sangat mudah. Anda hanya tinggal mencari tahu, seperti apa rancangan rumah terbaik yang bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan yang dibutuhkan.

interior rumah yang sehat dan menyegarkan

Contoh ruangan yang terorganisir dengan sangat baik. ~ vis sheknows

Menjaga rumah tetap terorganisir dengan baik bisa membantu menurunkan kadar stres dan membuat hidup lebih tenang.

Menjaga kebersihan rumah sangat baik untuk kesehatan. Menjaga rumah tetap terorganisir dengan baik bisa membantu menurunkan kadar stres dan membuat hidup lebih tenang.

Tetapi, tahukah Anda, terdapat kebiasaan lain dalam penataan rumah yang juga dapat meningkatkan kesehatan Anda?

Bacaan terkait: Prinsip Dasar Desain Kamar Mandi yang Sehat & Menyegarkan

Lingkungan Anda dan ruang di dalam rumah Anda, memiliki pengaruh terhadap setiap aspek kehidupan. Mereka dapat menambahkan tekanan pada cara hidup Anda. Tetapi, apabila mampu dirancang secara sehat, mereka justru dapat memperbaiki dan memberikan ketenangan serta kenyamanan.

Agar bisa hidup lebih sehat, Anda harus menciptakan desain rumah yang juga sehat. Rancangan rumah yang sesuai dengan karakter, yang merupakan cerminan atau refleksi dari diri Anda dan cara hidup Anda.

Rumah harus menjadi tempat di mana Anda bisa mendapatkan ketenangan, kenyamanan, sekaligus keamanan.

Baca juga: Manfaat Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan dari Desain Interior?

Bagaimana menciptakan desain rumah yang sehat?

Dekorasi bukan hanya soal menambah keindahan ke dalam ruang hidup Anda. Tetapi, adalah bagaimana meningkatkan kualitas hidup.

Untuk dapat menciptakan desain rumah yang sehat, terlebih dahulu Anda harus mengetahui siapa diri Anda dan bagaimana Anda ingin hidup. Menciptakan ruang yang dapat mendukung semua keinginan dan kebutuhan Anda.

Carilah esensi dari segala sesuatu. Hal-hal apa saja yang dapat Anda nikmati, lalu susun elemen-elemen tersebut ke dalam gagasan desain rumah Anda.

Dekorasi bukan hanya soal menambah keindahan ke dalam ruang hidup Anda. Tetapi, adalah bagaimana meningkatkan kualitas hidup. Dengan memasukan unsur-unsur yang Anda anggap menarik, ruang hidup Anda akan memberikan semangat dan mencerahkan hari-hari Anda.

Bacaan terkait: 6 Alasan Kenapa Anda Harus Segera Mendesain & Mendekorasi Rumah Saat Ini Juga!

Ruangan kecil yang menginspirasi. ~ via tuku.jia

Hilangkan Stressor

Stres tidak hanya berbahaya bagi pikiran, tapi juga bagi tubuh.

Dengan meminimalkan tingkat stres di rumah, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Berkomitmenlah untuk menangani dan menuntaskan setiap pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Tumpukan kertas, pakaian yang tidak tertata rapi, kotoran, piring-piring kotor di dapur, adalah situasi-situasi menghilangnya kenyamanan. Itulah stressor.

Dengan segera mengambil tindakan terhadap penataan ruang agar terkoordinasi dan terorganisir dengan baik, Anda akan menghilangkan energi stres yang berkepanjangan dan menciptakan lebih banyak ruang untuk mencapai harmoni dalam hidup.

Desain dapur kecil yang rapi dan bersih. ~ via livspace

Personalisasi

Saat Anda menemukan tema yang dapat mencerminkan karakter dan minat Anda, personalisasi ruang hidup akan menjadi sangat mudah.

Tampilkan visualisasi inspiratif yang dapat memotivasi. Karya seni, atau barang-barang yang Anda kumpulkan saat traveling, bisa menjadi pengingat karena mereka mampu bercerita dan mengingatkan pada Anda betapa berharganya hidup Anda.

The art of hanging art. ~ via home designing

Elemen dekoratif seperti itu akan jadi sangat personal, dan mampu meningkatkan motivasi serta memberikan energi positif.

Relaksasi

Rumah harus menjadi satu unit yang terhubung langsung dengan jiwa Anda.

Bagi Anda yang sangat spiritual, pilihan gaya desain, seperti misalnya gaya interior zen dirancang berdasarkan kondisi semacam itu.

Kamar tidur dengan interior zen. ~ via homedesigning

Mengintegrasikan unsur-unsur suci seperti simbol-simbol kepercayaan, secara alami akan meningkatkan semangat dan meningkatkan energi positif.

Ruangan dengan tema seperti itu dapat memberikan suasana serta nuansa yang mendukung relaksasi yang sangat dibutuhkan fisik Anda.

Bacaan lanjutan: 5-prinsip-mendasar-bagaimana-mendesain-mendekorasi-rumah-agar-memiliki-dampak-positif-menurut-neuro-arsitektur

Intinya, desain rumah yang sehat selalu berawal dari keinginan dan kebutuhan seperti apa yang diinginkan sang pemilik.

Selalu ingatlah, rumah lebih dari sekadar tempat berteduh. Rumah adalah cerminan siapa dan seperti apa diri Anda.

Jika rumah Anda adalah sumber sukacita, koneksi, restorasi, serta inspirasi, Anda akan melihat hal-hal itu berkembang dan mampu memberikan kebahagiaan dan kesehatan untuk Anda dan semua anggota keluarga.

Periksalah rumah Anda, Apakah ia sudah sehat dan menyehatkan? Jika tidak, segera obatilah agar ia bisa menjadi sumber kebahagiaan.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram