fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Bagaimana Cara Menerapkan Desain Ruangan yang Baik di Rumah?

Posted by Anastasia Michella Wednesday, May 19 2021
interior ruang keluarga

Desain ruangan yang baik di dalam rumah dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Estimated reading time: 6 minutes

Anda tentu sudah banyak melihat desain ruangan yang menarik. Namun apakah desain ruangan tersebut masuk ke dalam kategori “desain ruangan yang baik”? Tahukah Anda bahwa desain yang baik tidak hanya dilihat dari segi visualnya saja seperti kesesuaian dekorasi serta warna? Ia pun harus bisa memberikan manfaat bagi penggunanya. Manfaat ini dapat berupa kenyamanan, inspirasi, dan pemenuhan kebutuhan komunikasi antar penghuni. Rupanya desain ruangan yang baik di dalam rumah juga dapat meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan penghuninya.

Karena desain ruangan yang baik dapat memberikan manfaat bagi penghuninya, maka desain ruangan yang buruk dapat berdampak negatif bagi pemilik rumah. Dampak negatif ini akan mempengaruhi kesehatan serta aktivitas sehar-hari penghuni.

Sebagai penghuni, tentu Anda ingin menggunakan ruang dengan nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karenanya, Anda memerlukan langkah yang tepat dalam menerapkan desain ruangan yang baik di dalam rumah sebagai berikut:

#1 Tentukan Tujuan Penggunaan Ruangan Terlebih Dahulu

desain interior ruangan tamu yang baik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tujuan penggunaan terlebih dahulu. Tujuan penggunaan ruangan ini sangat penting, agar desain dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Contohnya, Anda tentu memerlukan kursi/sofa dan meja untuk menjamu tamu di ruang tamu, Anda memerlukan tempat tidur untuk beristirahat di kamar tidur, dll.

Kemudian Anda pun perlu memperhatikan jenis bangunan yang Anda desain. Apakah bangunan tersebut rumah, kantor, hotel, atau tempat lainnya? Desain rumah cenderung bersifat lebih fleksibel dibandingkan dengan kantor atau hotel, karena ia dapat disesuaikan dengan keinginan Anda sebagai penghuni.

Desain yang tidak sesuai dengan tujuan penggunaan ruangan akan membuat Anda sebagai penghuni merasa tidak nyaman. Lama-lama, Anda bisa tidak menggunakan ruangan tersebut. Apabila hal ini terjadi, Anda perlu mengganti desain ruangan tersebut atau menambahkan beberapa perabotan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

#2 Ketahui Siapa yang Menggunakan Ruangan Tersebut

desain interior ruangan kamar anak yang baik

Ini penting karena desain ruangan harus disesuaikan dengan penggunanya. Bayangkan jika desain ruang bermain bagi anak Anda tidak aman untuk kegiatan anak Anda. Apakah Anda akan tetap membiarkan anak Anda bermain di ruangan tersebut? Oleh karenanya, penyesuaian desain dengan pengguna dibutuhkan untuk memenuhi sisi keamanan dan kebutuhan pengguna ruangan.

Apabila anak-anak diperkirakan akan mengakses ruangan tersebut, Anda memerlukan desain yang aman seperti kehadiran perabotan dengan ukuran sesuai serta ujung yang tumpul. Apabila ruangan tersebut akan diperuntukkan bagi orang-orang lanjut usia, Anda memerlukan peletakkan perabotan yang mudah dijangkau dan pencahayaan yang terang. Desain ruangan yang disesuaikan dengan penggunanya dapat memberikan rasa aman dan nyaman.

#3 Perhatikan Pencahayaan, Penghawaan dan Kebisingan

ruang tengah modern klasik

Pencahayaan dan penghawaan yang baik dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Pencahayaan sendiri memberikan dampak bagi suasana dalam ruangan. Terangnya pencahayaan dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih ceria. Ia pun bisa membantu Anda untuk bekerja dengan lebih fokus. Namun pencahayaan yang lebih redup dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan Anda akan merasa lebih rileks.

Sumber pencahayaan bisa datang dari lampu dan sinar matahari melalui jendela. Ukuran dan posisi jendela akan mempengaruhi banyaknya cahaya yang masuk ke dalam ruangan tersebut. Untuk mengatur intensitas cahaya ini, Anda dapat menggunakan gorden. Selain gorden, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi smart glass yang dapat mengatur masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan secara otomatis.

Untuk kebutuhan penghawaan, Anda bisa mendapatkannya dari bukaan jendela atau barang elektronik seperti AC. Ukuran dan jenis jendela harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan dan ruangan Anda. Ukuran jendela juga berperan penting dalam proses pertukaran udara dalam ruangan. Pertukaran udara ini penting untuk meningkatkan kenyamanan dan kesehatan penghuni rumah.

Penghijauan dalam ruangan juga dapat membantu menciptakan udara yang bersih. Tanaman berperan besar dalam proses penyaringan polusi udara. Jika ruangan Anda tidak memiliki jendela, Anda dapat memanfaatkan bukaan pintu atau menggunakan pendingin ruangan seperti AC atau exhaust fan. Anda juga dapat menggunakan air purifier untuk membantu membersihkan udara dalam ruangan.

Suara bising dari luar dan dalam ruang tentu akan mengganggu kenyamanan Anda. Namun kebisingan ini dapat dikurangi dengan menggunakan panel akustik. Selain panel akustik, tanaman serta jumlah perabotan yang ditambah juga bisa digunakan. Dapat disimpulkan bahwa pencahayaan, penghawaan dan kebisingan dapat mempengaruhi aktivitas penghuni ruangan.

#4 Fleksibilitas adalah Kunci Desain Ruangan yang Baik

desain kamar kontemporer

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu melakukan beberapa aktivitas di dalam rumah. Oleh karenanya, Anda pasti memerlukan ruangan yang dapat menampung aktivitas-aktivitas tersebut. Karena sejatinya, sebuah ruangan harus bisa memenuhi beberapa aktivitas lain selain aktivitas utamanya. Fleksibilitas yang dimiliki sebuah ruangan membuatnya dapat beradaptasi dengan gaya hidup dan kebutuhan penggunanya. 

Dari waktu ke waktu, tentu kebutuhan Anda akan berubah. Seperti saat Anda masih kecil, salah satu hal yang Anda butuhkan adalah tempat bermain. Namun seiring berjalannya waktu, Anda akan membutuhkan tempat untuk belajar dan bekerja. Maka dari itu Anda memerlukan desain ruangan yang fleksibel.

Contoh penerapan fleksibilitas dalam kamar tidur adalah fungsinya yang tidak hanya bisa digunakan untuk tidur, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai area kerja. Selain itu, ruang tamu pun bisa digunakan sebagai tempat berkumpulnya keluarga.

Fleksibilitas dalam ruangan ini dapat diwujudkan dengan penggunaan furniture ringan dengan roda, sehingga ia mudah untuk dipindahkan. Selain perabotan, penggunaan partisi sebagai pembatas antar area yang dapat dibuka tutup juga dapat dimaksimalkan.

#5 Ciptakan Suasana Nyaman saat Menerapkan Desain Ruangan yang Baik

area ruang keluarga kontemporer

Hal terakhir yang Anda perlukan dalam ruangan adalah kenyamanan. Banyak orang menghabiskan sisa hidupnya dalam ruangan. Oleh karena itu, interior ruangan harus didesain senyaman mungkin. Saat Anda beraktivitas dengan nyaman dalam suatu ruangan, Anda tentu akan merasa betah untuk menghuni ruangan tersebut.

Suasana ruangan yang nyaman dapat membuat Anda lebih rileks dan punya mood yang baik. Melihat tanaman atau pemandangan di luar jendela juga dapat membantu menghilangkan stres. Selain itu, kenyamanan ruangan dapat ditingkatkan dengan menerapkan desain ruangan yang sesuai dengan kepribadian/hobi masing-masing.

Anda dapat menerapkan warna kesukaan Anda pada desain ruangan yang Anda buat. Anda pun dapat menambahkan dekorasi seperti foto diri Anda sendiri. Hal ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman saat berada dalam ruangan, karena Anda memiliki hubungan yang erat dengan ruang tersebut. 

Kenyamanan dalam ruangan dapat ditingkatkan dengan pengaturan letak perabotan yang baik. Letak perabotan yang berantakan akan membuat ruangan terkesan kurang rapi. Kurang baiknya letak perabotan juga dapat mempengaruhi pergerakan dan sirkulasi dalam ruangan. Terbatasnya pergerakan dalam ruangan akan membuat Anda merasa tidak nyaman beraktivitas terlalu lama.

Dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan desain ruangan yang baik di dalam rumah. Hal ini meliputi tujuan ruangan, siapa yang menggunakan ruang tersebut, pencahayaan, penghawaan, kebisingan, fleksibilitas, serta kenyamanan. Tentunya desain ruangan juga harus disesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan dari pengguna ruang. 

Selamat menerapkan desain ruangan yang baik di dalam rumah Anda! Semoga bermanfaat untuk hunian impian Anda. Selamat mencoba!


ANASTASIA MICHELLA
Mahasiswi Program Studi Desain Interior di Universitas Kristen Petra, Surabaya.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles
interior rumah gaya industrial natural
Tuesday, May 25 2021
Posted by Michelle Angelica
desain facade
Thursday, May 20 2021
Posted by Angela Nathalia

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id