fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Hollywood Glam: Gaya Desain yang Artistik dan Ekspresif

Posted by Kumala Devanty Friday, February 25 2022
desain interior hollywood glam

Bukan hanya sekadar kilauan, dan kemegahan, gaya desain hollywood glam melahirkan estetika yang benar-benar terasa ekspresif dan artistik.

Estimated reading time: 6 minutes

InteriorDesign.id – Pembahasan soal gaya desain sepertinya memang tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimana tidak? Seiring perkembangan zaman, semakin banyak gagasan-gagsan desain baru yang lahir.

Banyak dari gaya desain ini merupakan utak-atik dan kombinasi beberapa konsep desain yang sudah ada. Penggabungan dari banyak gaya desain ini akhirnya melahirkan kebaruan.

Di samping itu, terdata juga gaya desain yang lahir karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan, gaya hidup, atau kebudayaan suatu daerah tertentu. Bahkan ada juga gaya desain yang lahir berdasarkan keresahan pemikiran suatu kelompok.

Intinya, gaya desain adalah sebuah ekspresi yang lahir berdasarkan kebutuhan-kebutuhan spesifik. Ini tentu tidak “mangada” begitu saja, semacam “jatuh dari langit”, tetapi merupakan kreasi ciptaan manusia untuk memenuhi kebutuhan akan seni, fungsi, serta tentu saja kebutuhan psikologis tertentu.

Apa itu Gaya Desain Interior?

Menurut Francis D.K.Ching, Profesor Emeritus di Universitas Washington, penulis soal arsitektur dan desain grafis, desain interior merupakan proses merencanakan, menata, dan merancang bagian dalam ruang bangunan, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan berlindung, mengatur berkegiatan, memelihara, sekaligus mengekpresikan ide, tindakan dan penampilan, perasaan, serta kepribadian.

Pernyataan Francis tersebut memudahkan kita untuk memahami bahwa desain interior hadir untuk menata dan merancang bagian dalam bagunan yang selain mementingkan efektivitas fungsi, efisiensi sumber daya, tetapi juga estetika.

Pernyataan Prof Francis sepertinya sudah cukup menjadi alasan mengapa desain interior itu penting bukan?

Nah, balik lagi ke soal gaya desain, seperti disebutkan sebelumnya, saat ini banyak sekali gagasan, konsep, dan gaya desain yang lahir. Mulai dari minimalis, hingga maksimalis.

Kita tidak akan membahas semuanya satu-persatu. Yang akan kita coba bahas adalah salah satu konsep desain yang mungkin tidak terlalu populer, jika dibandungkan dengan gagasan desain modern, atau mungkin gaya minimalis, ini adalah gaya hollywood glam.

Ya. Ini adalah salah satu gaya desain interior yang menurut kami memiliki penampilan yang cukup artistik dan sangat ekspresif.

Dalam gaya hollywood glam ini, penampilan ruang terasa begitu “dramatis”. Dengan kekhasan model-model dekor dan furni bergaya klasik, gaya hollywood glam bisa menjadi alternatif dari gaya desain klasik yang mungkin bagi beberapa di antara kita sudah terlalu membosankan.

Pertanyaanya, seperti apa konsep desain hollywood glam ini? Apa saja ciri khas dan keunikan yang ingin ditonjolkan gaya interior ini?

Mari kita coba bahas.

Gaya Desain Hollywood Glam

Hollywood glam adalah gaya desain yang mulai populer pada tahun 1930an. Konsep desain ini sempat diminati, bahkan menjadi favorit masyarakat California pada pertengahan abad ke-20.

Poin penting dari gaya desain ini adalah, kebebasan berekspresi yang menjadikan kemewahan dan dekorasi yang dramatis sebagai fokus utama.

Mengutip Ellie Design Studio, hollywood glam merupakan desain interior yang menyajikan kesan dramatis, sensual, kontemporer, dan rapi, yang telah dipadukan dengan sensitivitas, juga ketangguhan yang tak lekang oleh waktu.

~ via modsy

Ciri Khas Desain Hollywood Glam

Setiap gaya desain memiliki ciri khas dan karakternya masing-masing. Ini merupakan daya tarik dari gaya desain tersebut.

Untuk desain hollywood glam sendiri, kemewahan menjadi ciri khas yang berusaha ditonjolkan.

Kemewahan dalam gaya desain hollywood glam bukan sekadar penggunaan furniture berukuran besar, karpet mewah, atau warna emas yang mendominasi ruangan, tetapi lebih ke elemen interior aristektural, dan elemen-elemen dekoratifnya –penggunaan berbagai macam model lampu atau elemen pencahayaan, dan elemen metalik yang khas.

interior hollywood glam
~ via decoraid

Model Furniture

Gaya desain hollywood glam sangat cocok jika kita senang memberi “pernyataan” dalam sebuah ruangan dengan menonjolkan sesuatu dari bagian interior arsitektural bangunannya.

Namun, pada dasarnya, ruangn bergaya hollywood glam bisa terlihat dari pemilihan model furniture dan penambahan aksen dekorasinya yang sangat ekspresif serta artistik.

Mengutip Ellie Design Studio, terdapat tiga karakter kuat dari gaya desain ini yang terdiri dari:

  1. Gaya desain hollywood glam adalah soal kelembutan, dengan garis siluet yang cantik, dan permukaan yang rapi. Menciptakan sesuatu yang menonjol dengan dekorasi atau aksesori yang berkilau dan menonjol.
  2. Material yang memberikan kenyamanan, mulai dari kain halus seperti sutra, hingga material yang bertekstur seperti bulu.
  3. Mementingkan finishing. Dengan karakternya yang elegan dan membawa kemewahan, finishing menjadi hal yang sangat penting. Seperti penggunaan marmer yang mengkilap.
interior hollywood glam
Model furniture, dekor, dan aksesori khas hollywood glam. ~ via open colleges

Untuk bagian dinding, gaya hollywood glam biasanya menggunakan wall treatment berupa penggunaan panel dan pemasangan wallpaper yang memiliki motif dan warna yang sedikit terlihat khas gaya klasik.

Model treatment dinding seperti itu cocok dipadu-padankan dengan desain furniture, dan atau dekorasi yang memiliki bentuk dan warna yang menonjol.

Penambahan karpet motif ruangan juga menjadi tambahan sempurna. Ini menjadikan suasana ruang tidak terasa kaku. Ini juga tentu saja menambah kadar estetika ruangan secara keseluruhan.

Baca juga:

Cottagecore: Gaya Desain yang Sustainable Khas Pedesaan Inggris

Palet Warna Khas Hollywood Glam

Kemewahan gaya desain interior hollywood glam terpancar dari warna-warna metalik yang digunakan.

Warna seperti emas dan perak, menjadi palet warna utama yang dominan digunakan.

Sebagai penyeimbang, ini agar pemilihan palet warna emas dan perak tidak terasa berlebihan meski penggunaanya cukup dominan, sedikit aksen warna-warna netral bisa melahirkan suasana yang sedikit lebih kalem.

Pemilihan warna juga berkaitan dengan material yang digunakan, seperti penggunaan granit dan atau marmer. Material ini sangat mudah memberi dan membawa kesan mewah dan elegan.

Penggunaan warna bold seperti dark green, ungu, merah maroon, atau turquoise, juga cukup sering menjadi kombinasi warna dalam gaya desain hollywood glam.

Warna-warna tersebut diaplikasikan dengan beragam tekstur, seperti penggunaan beludru yang memperkaya estetika.

Intinya, dalam gaya desain hollywood glam, high-contrast colour combinations adalah kunci. Ini dapat diaplikasikan mulai dari bangunan, pemilihan furniture, pemilihan aksesori, hingga aksen dekorasi.

desain interior hollywood glam
Colorful hollywood glam. ~ via modsy

Dekorasi

Ini yang paling menarik. Kita bisa bersenang-senang dan melakukan eksplorasi sebebas mungkin karena “tak ada aturan” yang mengharuskan kita saat medekorasi ruangan dengan gaya desain hollywood glam.

Ruangan dengan gaya desain hollywood glam biasanya dipenuhi dengan karya seni, baik berupa lukisan, ukuran patung, atau bahkan batu kristal mengkilap yang berjajar rapi dalam sebuah lemari kaca.

Kita bisa medekorasi ruangan dengan berbagai jenis lampu yang memiliki bentuk unik dan material yang tak biasa.

Instalasi lampu bisa menghasilkan beragam pencahayaan yang menjadikan ruangan semakin terasa lebih dramatis.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan cermin sebagai dekorasi ruangan. Memilih cermin dengan bentuk yang “nyentrik”, menjadikanya sebagai titik fokus dekor, dapat dengan mudah menambah kadar estetika ruangan.

~ via curated interior

Simpulan

Hollywood glam benar-benar bisa membawa kemewahan dan kesan elegan ke dalam setiap ruang. Dengan kebebasan dan keleluasaan saat mendekorasinya, menjadikan gaya desain ini terasa luwes. Sangat mudah menjadikannya terasa lebih “hidup” dan “bernyawa”.

Bukan hanya sekadar kilauan, dan kemegahan, gaya desain hollywood glam melahirkan estetika yang tegas dari setiap pemilihan dekorasi yang digunakan. Gaya desain yang benar-benar ekspresif dan artistik.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id