fbpx

Hotel Kapsul; Mengapa Ia Diminati Para Traveler?

InteriorDesign.id – Hotel kapsul adalah sebuah konsep penginapan yang datang dari Negeri Sakura, Jepang. Tempat ini menyediakan ruang-ruang kecil dalam jumlah banyak, sehingga penginapan satu ini dinamakan hotel kapsul. Fasilitasnya yang standar dan tarifnya yang relatif murah membuat fasilitas penginapan ini dimimati oleh banyak traveler. Padahal peruntukan hotel kapsul pada mulanya bukanlah untuk itu.

Hotel yang Didesain Khusus untuk Para Pekerja

Mulanya, hotel kapsul dibuat untuk para pekerja di Jepang. Jam kerja cukup panjang yang diterapkan di negera tersebut membuat banyak karyawan terlambat pulang ke rumah. Lembur pun menjadi salah satu faktor keterlambatan tersebut. Oleh karenanya, jenis akomodasi ini dibuat untuk para pekerja yang terlambat pulang, tetapi harus kembali ke hotel pagi-pagi di keesokan harinya. Hal ini menarik untuk diketahui, mengingat hotel ini dibuat berdasarkan kultur kerja Jepang itu sendiri.

Hotel yang bisa disebut sebagai hotel pod ini kemudian mengalami pergeseran fungsi. Kini, hotel dengan jenis ini banyak diminati oleh para wisatawan beransel. Hal ini terjadi karena harga penginapan yang relatif lebih murah dibanding hotel biasa. Selain itu, adanya hotel kapsul juga bisa membantu wisatawan menekan budget akomodasi.

Bentuk Hotel Kapsul

hotel kapsul zentokyo jepang

Pada umumnya, hotel kapsul memiliki bentuk yang hampir seragam. Ia hanyalah sebuah ruang kecil berbentuk peti modular yang terbuat dari plastik atau fiberglass. Ukurannya hanya sekitar 2 x 1 x 1,25 meter dan berisi kasur untuk satu atau dua orang. Selain itu, uniknya, hotel kapsul menggunakan sistem berjajar dan bertumpuk dalam hal penempatan tiap-tiap kamar. Penumpukan ini bisa berupa penumpukan “kapsul” itu sendiri atau menggunakan ranjang dengan sistem tumpuk.

Fasilitas seperti meja, kursi, televisi, bahkan kamar mandi, sudah tentu ditempatkan di luar kamar. Pengunjung bisa menggunakan fasilitas ini dengan sistem sharing dengan pengunjung lainnya. Tak kalah penting dari fasilitas kamar mandi, area penyimpanan barang untuk para pengunjung juga tersedia di luar area “kapsul”. Biasanya, pengunjung dapat menyimpan barang mereka di loker terpisah yang aman, dengan kunci yang dipegang oleh masing-masing pengunjung.

Bagaimana dengan privasi para pengunjung? Privasi tamu terjaga dengan adanya tirai atau pintu fiberglass di bagian masuk ruang kapsul.

Peminat Hotel Kapsul

hotel kapsul sleepbox rusia

Selain dibuat untuk para pekerja Jepang yang lembur, hotel ini juga hadir untuk tamu yang mabuk di akhir pekan. Mereka yang ragu dapat pulang dengan selamat atau malu bertemu pasangan, biasanya memilih untuk bermalam di hotel ini.

Peminat akomodasi ini terus mengalami peningkatan sejak tahun 2010 di Jepang, yang mana kebanyakan tamu memilih untuk menyewa secara bulanan. Peningkatan peminat ini ada di angka 30%.

Perkembangan Hotel Kapsul di Indonesia

Hotel kapsul pertama di Indonesia hadir pada tahun 2017. Grand Whiz Tawas, sebuah hotel yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, menghadirkan 100 buah ruang kapsul dari Tiongkok. Hadirnya kapsul-kapsul di Grand Whiz Tawas ini pun menginisiasi kedatangan banyak hotel kapsul baru di Indonesia.

Berbeda dari negara asalnya, Jepang, hotel kapsul di Indonesia dibangun untuk tujuan wisata. Dengan target pasar wisatawan domestik dan internasional, hotel kapsul menyediakan akomodasi bertarif murah dengan fasilitas yang memadai.

5 Rekomendasi Hotel Kapsul di Bandung

Sekarang, hotel ini banyak ditemukan di berbagai kota besar yang kerap dijadikan tujuan wisata, dan Kota Bandung adalah salah satunya. Berikut beberapa rekomendasi hotel kapsul yang banyak jadi pilihan para backpacker.

Bobobox Pods Paskal

hotel kapsul bobobox pods bandung

Hotel pod yang satu ini memiliki tema futuristik dengan teknologi tinggi. Bobobox Pods dilengkapi dengan layar sentuh, di mana tamu bisa mengatur sendiri warna lampu pod, membuka dan mengunci pintu, serta menaikkan volume speaker.

TEMMU Co-Living

hotel temmu coliving bandung

Temmu Co-Living adalah hotel kapsul di Bandung yang mengusung tema minimalis dan sangat instagrammable. Banyak area spot foto yang bisa ditemukan di tempat ini. Kelebihan dari hotel pod ini adalah adanya rooftop tempat tamu bisa bersantai.

Buton Backpacker Lodge

Di hotel pod ini, tamu bisa memilih untuk tidur di kapsul berkapasitas 1 atau 2 orang. Cocok untuk tamu yang bepergian bersama teman, tetapi ingin memilih akomodasi berkonsep pod. Selain itu, lokasi Buton Backpacker Lodge pun sangat strategis.

Shakti Capsule

hotel kapsul shakti capsule bandung

Shakti Capsule memiliki tema hotel yang unik, canggih, berteknologi tinggi, juga modern. Tempat yang menjadi bagian dari jaringan Shakti Hotel Group ini menyasar millenials sebagai target pasarnya. Kapsul milik Shakti Capsule telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti headphone, TV, hingga layar pengatur cahaya.

INAP at Capsule Hotel

hotel kapsul inap bandung

INAP at Capsule Hotel menyuguhkan pengalaman yang lain dari biasanya. Tamu yang bermalam di INAP bisa menikmati city view Bandung. Selain itu, kamar kapsul INAP pun memiliki kesan yang sejuk.

Inspirasi Desain Interior Hotel Kapsul

Memulai bisnis hotel kapsul bisa jadi ide bisnis yang menarik untuk Anda, mengingat peminatnya makin meningkat dan tren ber-traveling semakin populer. Berikut beberapa inspirasi desain interior hotel kapsul yang bisa Anda lihat:

9 Hours, Osaka, Jepang

Hotel kapsul satu ini memiliki konsep yang amat menarik. Mengapa dinamakan 9 Hours? Nama ini terinspirasi dari 3 kegiatan penting yang biasa orang-orang lakukan di hotel pod, yaitu membersihkan diri, tidur, dan bersiap berangkat keesokkan harinya. Untuk membersihkan diri, orang membutuhkan waktu 1 jam. Lalu pada umumnya setiap orang membutuhkan waktu 7 jam untuk tidur. Terakhir, biasanya orang membutuhkan waktu 1 jam untuk bersiap-siap pergi. Penambahan angka 1, 7, dan 1 inilah yang menginspirasi nama 9 Hours di Osaka.

ZenTokyo, Tokyo, Jepang

Setelah melihat 9 Hours yang menyuguhkan tema futuristik dalam hotel pod-nya, ZenTokyo menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Hotel kapsul ini memiliki eksterior dan interior yang terinspirasi dari kedai teh tradisional Jepang. Menerapkan filosofi abad ke-16 Sen-no-Rikyu, ZenTokyo benar-benar menyuguhkan pengalaman hotel pod yang berbeda.

Sleepbox Hotel Tverskaya, Moskow, Rusia

Sleepbox adalah hotel kapsul pertama yang ada Rusia. Hotel pod ini dirancang sebagai titik tengah antara hotel dan hostel. Gedung dengan empat lantai ini memiliki unit box untuk 2 orang di lantai pertama dan kedua, serta unit untuk 1 orang di dua lantai teratas.

Itulah ketiga hotel pod di mancanegara yang memiliki konsep-konsep yang unik. Mungkin salah satu dari ketiga konsep di atas bisa memberikan inspirasi untuk rancangan kapsul di hotel Anda.

Dapat disimpulkan bahwa hotel pod hadir untuk menjawab dua kebutuhan. Pertama, hotel ini dibutuhkan oleh para pekerja atau seseorang dengan jam terbang tinggi, untuk singgah sebentar sebelum melanjutkan aktivitas. Kedua, hotel ini dibangun dengan tujuan pariwisata dan menyasar pelancong domestik serta mancanegara yang ingin menekan budget perjalanan.

Meski biaya sewa dari hotel pod cenderung terjangkau, fasilitas yang tersedia di sana sangat memadai. Selain itu, tamu pun disuguhkan oleh desain interior pod yang unik dan menarik.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×