fbpx
Hello, Guest

Inspirasi Konsep Rumah atau Apartemen Co-Living

Posted by Isaura Desianage Monday, May 17 2021
interior apartemen

Apartemen Co-LivingCo-Living adalah sebuah konsep hunian, di mana kita tinggal bersama orang lain. Hal ini bertujuan untuk membentuk suatu komunitas dengan minat yang sama. Konsep yang digunakan oleh co-living adalah penyewa atau pengguna mendapatkan fasilitas kamar tidur pribadi dengan perabotan yang ada di dalamnya. Namun fasilitas lain seperti kamar mandi, dapur, meja makan, balkon, dan ruang tengah, dinikmati bersama dengan pengguna/penyewa apartemen lainnya.

Tujuan dari konsep co-living ini adalah untuk memberikan suatu kenyamanan maupun kemudahan bagi penyewa. Fasilitas lain yang ada disediakan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas yang diperlukan bagi penyewa, khususnya bagi pelajar.

Hunian bergaya co-living kini tengah digemari oleh para milenial di kota besar seperti Jakarta. Ia menjadi pilihan banyak pengembang di negara maju dengan berlandaskan konsep keterbukaan dan kolaborasi. Konsep ini dapat diterapkan di sebuah hunian yang berupa rumah atau apartemen, tetapi bukan dihuni oleh satu keluarga. Nilai yang dapat diambil dari tinggal di sebuah apartemen co-living adalah terciptanya komunitas dan “keluarga baru” untuk membentuk ruang lingkup yang positif.

Baca Juga : Desain Apartemen dengan Mezanin

Tips Sederhana untuk Menghadirkan Suasana Rumah di Apartemen

Bentuk Rumah atau Apartemen Co-Living

bentuk rumah atau apartemen co-living
via Pinterest

Hunian co-living biasanya memanfaatkan rumah hingga apartemen. Gaya desain yang dipakai adalah minimalis, kontemporer, bahkan industrial, untuk menambah nilai estetika pada ruangan. Nilai estetika inilah yang menarik minat para pelajar maupun pekerja untuk tinggal di sana.

Rumah atau apartemen co-living punya fasilitas yang bisa dipakai secara bersamaan. Pada fasilitas bersama, para penghuni bisa melakukan aktivitas seperti memasak, makan, bekerja, hingga bermain. Meski begitu, privasi para penghuni tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya lewat hadirnya kamar-kamar pribadi. Selain itu, pemilik rumah atau apartemen co-living juga menyediakan pengurus yang bertugas sebagai layanan kebersihan.

Fasilitas yang Biasanya Ada di Rumah atau Apartemen Co-Living

Berikut adalah beberapa fasilitas yang biasanya disediakan di rumah atau apartemen berkonsep co-living:

Area Kumpul atau Living Room

Ruang keluarga atau ruang komunal dalam rumah atau apartemen co-living dibuat dengan tujuan untuk menciptakan interaksi antar penghuni agar suasana kekeluargaan terasa di sana. Ruang ini pun dapat digunakan sebagai ruang belajar, bermain, serta tempat menyalurkan hobi dari penghuni. Hal ini membuat area kumpul berperan sebagai ruang melaksanakan berbagai aktivitas.

Area Makan

Area makan merupakan sebuah tempat yang digunakan oleh para penghuni/penyewa untuk bersantap bersama. Di ruangan ini, para penghuni pun dapat belajar maupun melakukan kegiatan lainnya di meja makan. Hal ini membuat area makan jadi bersifat multifungsional.

Area Dapur

via Pinterest

Dapur adalah ruangan yang digunakan para penghuni rumah atau apartemen co-living untuk memasak, mencuci, bahkan menyiapkan makanan. Umumnya, dapur memiliki dua tipe, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Dapur bersih dapat diletakkan di dekat meja makan maupun ruang keluarga. Sedangkan dapur kotor yang digunakan sebagai area pemrosesan makan biasanya diletakkan di ruang belakang.

Kamar Tidur

interior apartemen

Kamar tidur adalah area yang digunakan para penghuni untuk beristirahat setelah melakukan berbagai aktivitas di luar kamar. Area ini termasuk ke dalam area privat pada hunian. Oleh karenanya, kamar tidur di rumah atau apartemen co-living dituntut untuk memiliki desain yang nyaman bagi penghuninya. Desain kamar tidur juga dapat mengikuti karakter dan selera penghuni.

Kamar Mandi

interior kamar mandi

Kamar mandi juga termasuk ke dalam area pribadi, tetapi hal ini tergantung pada pilihan kamar yang ingin disewa. Ini dikarenakan ada beberapa kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, ada pula yang tidak.

5 Keuntungan Tinggal di Rumah atau Apartemen Berkonsep Co-Living

Setelah mengetahui fasilitas apa saja yang terdapat pada rumah atau apartemen berkonsep co-living, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila tinggal di sebuah hunian co-living:

Menghemat Waktu

Rumah atau apartemen co-living biasanya ada di lokasi yang strategis dan dekat dengan berbagai pusat kegiatan publik. Pusat kegiatan publik ini dapat berupa pusat perbelanjaan, rumah sakit, akses transportasi umum, pusat pendidikan, dan area hiburan. Hal ini amat memudahkan penyewa dalam mengakses lokasi yang diinginkan dengan cepat.

Memperluas Networking di Lingkungan Rumah atau Apartemen Co-Living

Tinggal di rumah atau apartemen co-living membuat penyewa dapat saling berinteraksi satu sama lain. Hal ini dapat memberikan peluang besar untuk penyewa dapat menguatkan networking satu sama lain.

via Pinterest

Keamanan di Rumah atau Apartemen Co-Living Terjamin

Rumah atau apartemen co-living punya tingkat keamanan yang tinggi pada hunian. Hal ini dikarenakan adanya area bersama dengan fasilitas yang bervariasi, sehingga menuntut pemilik untuk menambah fasilitas keamanan berupa CCTV.

Harga yang Terjangkau

Harga yang ditawarkan oleh rumah atau apartemen co-living biasanya sangat beragam. Ada yang terjangkau, ada pula yang cenderung mahal. Meski begitu, fasilitas yang ditawarkan sangat banyak dan ia punya luas area yang lebih baik dari hunian sewaan terjangkau lainnya. Ia berbeda dengan kost biasa, karena rumah atau apartemen co-living menawarkan fasilitas lengkap yang mendukung kebutuhan pelajar saat ini.

Terawat dan Bersih

Selain itu, rumah atau apartemen co-living juga menyediakan layanan kebersihan khusus untuk membersihkan area yang kurang bersih atau tidak dapat dijangkau. Hal ini membuat para penyewa dapat menikmati ruangan secara bersamaan dengan nyaman.

Itulah penjelasan lengkap mengenai konsep kehidupan di dalam hunian co-living. Konsep ini punya berbagai kelebihan yang dapat dipertimbangkan untuk kemudian dipilih sebagai tempat tinggal yang ideal bagi para pelajar dan pekerja di kota-kota besar.


ISAURA DESIANAGE
Mahasiswi Program Studi Desain Interior di Universitas Kristen Petra, Surabaya. A friendly, sociable, responsible, trustworthy and honest person with high commitment at work. Always tried her best, so that she can benefit those around her.


Baca selanjutnya

Thursday, December 9 2021
Posted by HinaYana
interior rumah gaya klasik modern
Wednesday, May 19 2021
Posted by Vania Erlinda Fulbertus

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id