fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Ini Dia 7 Manfaat Menggunakan Karpet untuk Lantai Rumah

Posted by Mochamad Rezky Pradhana Friday, October 29 2021

Jika Anda ingin menambahkan sesuatu pada bagian lantai rumah Anda, berbagai jenis penutup lantai tersedia banyak di pasaran dan bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Namun, tahukah Anda? Umumnya para pemilik rumah lebih memilih untuk melapisi lantai dengan karpet atau kayu.

Menariknya, banyak yang berpendapat bahwa karpet memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan berbagai jenis penutup lantai yang bersifat keras. Meski masing-masing pelapis lantai memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi karpet memiliki lebih banyak kelebihan jika dibandingkan pelapis lainnya.

Berikut adalah berbagai manfaat yang diberikan oleh karpet saat Anda menggunakannya sebagai pelapis lantai:

#1 Dari Segi Gaya untuk Lantai, Karpet adalah Pemenangnya

karpet lantai untuk kamar tidur
via Pinterest

Anda tentu tahu bahwa berbagai pelapis lantai yang bersifat keras seperti kayu memiliki banyak penggemar. Meski begitu, karpet tetap menjadi pemenang dalam hal keberagaman gayanya. Terdapat berbagai gaya karpet yang bisa Anda pilih, dimulai dari yang santai, mengedepankan kenyamanan, mewah, hingga elegan.

Selain itu, karpet pun dapat memberikan nuansa yang berbeda pada ruangan. Gunakan karpet dengan pola bertumpuk pendek untuk nuansa ruangan yang lebih formal. Anda pun bisa menggunakan karpet panjang yang dekoratif agar ruangan terasa lebih santai.

#2 Kelembutan Permukaan Kapet Dapat Memberikan Kenyamanan

karpet lantai untuk perpustakaan
via Pinterest

Pernahkah Anda merasa lelah dan pegal setelah lama-lama berdiri atau berjalan di atas lantai berubin keramik atau beton? Itulah kekurangan dari pelapis lantai berbahan keras. Pelapis lantai ini tidak menawarkan fleksibilitas pada kaki.

Berbeda dengan pelapis lantai bersifar keras, permukaan lembut karpet menawarkan kenyamanan untuk aktivitas berjalan, duduk, dan berbaring Anda. Ia tidak hanya nyaman saat disentuh oleh telapak kaki Anda, tetapi juga dapat membuat Anda tidak cepat lelah saat berdiri atau berjalan cukup lama di atasnya.

#3 Karpet Dapat Menjaga Panas dalam Ruangan

Karpet dapat berinsulasi dengan baik dalam sebuah ruangan, bahkan lebih baik dari pelapis lantai yang bersifat keras. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Georgia Institute of Technology of Textile Engineering, karpet tebal dapat berinsulasi dengan lebih baik dibandingkan dengan karpet yang tipis.

Kemampuan insulasi karpet dapat membantu Anda dalam menghemat biaya pembelian alat pemanas ruangan. Oleh karena itu, karpet sangat cocok untuk hunian yang berada di area dingin.

Baca juga:

Lantai Rumah; Pengertian, Fungsi, dan Pilihan Material

#4 Kesehatan untuk Penderita Pernapasan dapat Terjaga dengan Adanya Karpet Lantai

Memang terdapat perdebatan panjang tentang apakah kehadiran karpet dapat memperburuk atau meredakan masalah kesehatan seperti asma dan alergi. Beberapa orang yang memiliki masalah pernapasan disarankan untuk mengganti karpet mereka menjadi pelapis lantai yang bersifat keras.

Meski begitu, banyak penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa karpet sebenarnya lebih bermanfaat dibandingkan pelapis yang bersifat keras. Manfaat ini diperuntukkan bagi pengguna yang mengalami masalah pernapasan.

#5 Keberadaan Karpet Lantai Membuat Ruangan Terasa Lebih Senyap dan Tenang

via TruBuild

Lantai tanpa karpet atau lantai dengan pelapis yang bersifat keras jauh lebih berisik saat diinjak dibandingkan dengan lantai berkarpet. Oleh karena itu, jika Anda ingin menciptakan ruangan yang terasa lebih tenang dan senyap, Anda bisa melapisi lantai Anda dengan karpet.

#6 Menjaga Keamanan Anak-Anak dan Manula

Lantai dengan permukaan yang keras dapat terasa licin sewaktu-waktu. Oleh karenanya, resiko terpeleset dan jatuh cukup tinggi. Kehadiran karpet tidak hanya menjadikan permukaan lantai lebih lembut, tetapi juga dapat memberikan keamanan jika hunian Anda diisi oleh anak-anak.

Hal ini membuat karpet direkomendasikan untuk dipakai pada tangga. Kehadiran karpet pada bagian tangga dapat mengurangi risiko kecelakaan. Para penghuni rumah Anda yang masih kecil atau sudah manula pun dapat melakukan mobilitas secara aman.

#7 Karpet Memiliki Harga yang Lebih Terjangkau

Setiap produk pelapis lantai memiliki kualitas dan rentang harganya masing-masing. Tidak ada yang menjamin bahwa pelapis lantai tertentu memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya. Namun, pada umumnya, karpet sering punya harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan pelapis lantai lain yang bersifat keras.

Produk pelapis lantai yang bersifat keras seperti kayu atau lantai vinyl membutuhkan persiapan khusus jelang proses pemasangannya. Selain itu, ada beberapa kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh kondisi lantai saat Anda ingin memanfaatkan pelapis lantai yang seperti ini.

Hal ini tidak berlaku untuk karpet yang sifatnya lebih fleksibel. Ia bisa dipasang pada berbagai jenis lantai. Selain itu, penggunaan karpet juga dapat menghemat biaya.

Itulah ketujuh kelebihan yang dimiliki oleh karpet. Setelah Anda mengetahui apa saja nilai yang dimiliki oleh sebuah karpet untuk lantai Anda, apa Anda tertarik untuk menghadirkan dekorasi satu ini di dalam ruangan Anda? Selamat berkreasi.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id