fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Karpet Permadani untuk Kamar Tidur; Cara Memilih dan Perawatannya

Posted by Mufi Indra Pahlevi Monday, November 1 2021
kamar tidur anak perempuan

Karpet Permadani – Apakah Anda tinggal di area yang teramat dingin sehingga datangnya pagi menusuk kaki Anda saat Anda menginjak lantai? Itu artinya, aktivitas bangun pagi Anda harus terasa lebih menyenangkan dengan adanya karpet di kamar tidur Anda. Adanya permadani di ruang tidur dapat menjaga kehangatan ruangan dan mengurangi dingin yang Anda rasakan saat memijakkan kaki.

Selain keberadaan permadani dapat menjaga kehangatan ruangan, Anda pun bisa memiliki area pendaratan kaki yang lembut. Adanya karpet juga bisa memberikan suasana lain pada kamar tidur Anda.

Apa yang Sebaiknya Ada di Atas Karpet Permadani di Kamar Anda?

Karpet permadani memang cocok untuk hadir di ruangan kamar dan menjadi alas dari tempat tidur dengan ukuran apapun. Namun, selain tempat tidur, Anda pun perlu tahu beberapa furniture yang perlu ada di atas permadani Anda. Contoh dari perabot yang perlu ada di atas karpet ini adalah nakas dan bangku.

Meski begitu, terdapat empat pilihan penataan furniture yang bisa Anda pertimbangkan saat Anda ingin menghadirkan permadani di kamar Anda:

  • Seluruh rangka tempat tidur berada di atas permadani
  • Seluruh rangka tempat tidur, nakas, serta bangku berada di atas tempat tidur
  • Hanya dua pertiga bagian kaki tempat tidur serta bangku di kaki tempat tidur yang ada di atas permadani. Area kepala tempat tidur serta nakas tidak beralaskan permadani.
  • Hanya sepertiga bagian kaki tempat tidur serta bangku di kaki tempat tidur yang ada di atas permadani. Sebagian besar tempat area tempat tidur berada di atas lantai yang kosong. Opsi ini cocok untuk Anda pilih jika Anda menggunakan karpet berukuran kecil untuk memberi warna pada ruangan.

Pastikan untuk tidak menempatkan setengah area nakas atau meja di atas permadani. Ini dapat berisiko membuat nakas atau meja menjadi mudah goyang. Jika Anda menaruh segelas air di atas nakas atau meja, perabot ini akan mudah goyah dan minuman Anda akan tumpah.

Ukuran Permadani yang Tepat untuk Kamar Tidur yang Kecil

Apabila Anda beristirahat di kamar tidur yang kecil, pilih permadani besar yang dapat menutupi hampir seluruh lantai di ruangan Anda. Namun, tetap tinggalkan area kosong sebesar 5 sampai 13 cm di antara permadani dan dinding.

Jika tempat tidur yang Anda gunakan memiliki ukuran twin atau full, gunakan panduan umum berikut ini saat melibatkan permadani yang Anda pilih. Perlu dicatat bahwa biasanya, tempat tidur twin memiliki ukuran 1 meter x 1,9 meter. Sedangkan tempat tidur full atau tempat tidur double memiliki ukuran 1,4 meter x 1,9 meter.

  • Karpet berukuran 1,2 meter x 1,8 meter atau 1,5 meter x 2,4 meter hanya muat untuk dua pertiga bagian kaki tempat tidur
  • Permadani berukuran 1,8 meter x 2,7 meter bisa menjadi alas dari keseluruhan rangka tempat tidur, nakas, serta bangku yang ada di kaki tempat tidur
  • Karpet berukuran 2,7 meter x 3,7 meter cocok untuk menjadi alas dari keseluruhan rangka tempat tidur twin, nakas di tengah dua tempat tidur, serta dua bangku di kaki setiap tempat tidur

Ukuran Permadani yang Tepat untuk Kamar Tidur yang Besar

Memanfaatkan permadani yang terlalu kecil untuk kamar tidur yang besar dapat membuat ruangan terasa tidak seimbang. Gunakan permadani yang dapat memenuhi sebagian besar ruangan, lalu sisakan ruang setidaknya 20 cm antara tepi permadani dan dinding.

Anda yang memiliki kamar tidur berukuran besar tentu lebih memilih untuk memanfaatkan tempat tidur queen atau king. Perlu dicatat bahwa tempat tidur queen memiliki ukuran 1,5 meter x 2 meter. Kemudian tempat tidur king memiliki ukuran 1,9 meter x 2 meter. Dan tempat tidur king California memiliki ukuran 1,8 meter x 2,1 meter. Berikut adalah panduan penggunaan permadaninya:

  • Permadani berukuran 2,4 meter x 3 meter atau 2,7 meter x 3,7 meter dapat memuat dua pertiga bagian kaki tempat tidur queen atau king. Keberadaan nakas tidak terakomodir di sini.
  • Karpet berukuran 3,7 meter x 4,6 meter akan terlihat seimbang jika digunakan untuk tempat tidur berukuran king California. Selain itu, karpet ini pun dapat memuat nakas di atasnya.
  • Ada aturan yang menyarankan permadani harus selalu lebih besar setidaknya 46 cm hingga 61 cm dari sisi dan dari kaki tempat tidur berukuran sedang serta tempat tidur berukuran besar.

Menempatkan Karpet Permadani di Bawah Lemari

Jika Anda ingin melapisi area bawah lemari Anda dengan karpet permadani, pilih permadani yang cukup besar. Permadani besar ini dapat secara utuh menjadi alas dari hampir seluruh furniture di kamar tidur Anda. Jika tidak, pilihlah permadani yang cukup kecil untuk menjadi alas dari lemari Anda.

Menjaga Karpet Permadani Anda dalam Kondisi Baik

Permadani Anda rawan terlipat dan menyebabkan bahaya tersandung. Pastikan Anda menggunakan permadani yang anti selip agar ujung-ujung karpet tidak terlihat dan menghindarkan Anda dari bahaya tersandung.

Pastikan karpet permadani Anda berada dalam kondisi baik dan terlihat seperti baru dengan perawatan yang tepat. Atasi lekukan di atas permadani dengan merawatnya menggunakan es batu. Biarkan es batu meleleh di atas lekukan tersebut, lalu kibaskan dengan jari Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang karpet permadani yang Anda gunakan untuk kamar tidur Anda. Pastikan permadani yang Anda gunakan memiliki ukuran tepat dan rawat selalu aksesori ruangan Anda yang satu ini.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id