fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Karpet Ruang Tamu

Posted by Nikho Asruri 4 weeks ago
farmhouse designs pada ruang tamu

Karpet Ruang Tamu – Ruang tamu kerap berperan sebagai wadah berbagai kegiatan sosial yang ada di rumah. Area inilah yang mempertemukan penghuni dengan tamu yang datang berkunjung. Karena ruang tamu memiliki tugas penting dalam memperlihatkan citra yang dimiliki sebuah rumah, kenyamanan harus dimiliki area ini.

Kenyamanan pada ruang tamu dapat dihadirkan dengan memanfaatkan karpet khusus. Karpet ini haruslah lembut, nyaman, tahan lama, dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu, kehadirannya harus bisa memberikan warna pada ruangan.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin menggunakan karpet di ruang tamu.

#1 Pertimbangkan Daya Tahan yang Dimiliki Karpet Ruang Tamu

Karpet yang Anda pilih haruslah memiliki ketahanan yang baik. Ini dikarenakan area lantai ruang tamu memiliki aktivitas yang sama padatnya dengan lantai pada area tangga.

Di samping itu, pastikan karpet memiliki garansi terbaik, mengingat risiko pemakaian dan goresan dapat terjadi kapan saja.

Triknya, sebelum Anda benar-benar memutuskan model karpet terbaik, Anda bisa coba membawa pulang sebagian kecil sampel karpet Anda untuk memastikan kecocokan karpet dengan kondisi dan vibes ruangan yang Anda inginkan.

#2 Pilih Material Karpet yang Dirasa Paling Cocok

Berikut adalah beberapa pilihan material karpet yang bisa Anda pilih untuk area ruang tamu:

  • Nylon: Material karpet yang masuk ke dalam kategori “kuat”, tetapi Anda harus mengaplikasikan pelapis anti noda secara berkala.
  • Triextra: Tipe material karpet yang sebagian terbuat dari gula jagung. Ia cenderung anti noda dan tergolong kuat. Namun, ia tidak sepopuler nylon yang sudah lebih dulu dikenal di pasaran.
  • Polyester: Material karpet satu ini juga anti noda dan nyaman saat dipijiak. Namun sayangnya, karpet polyester cenderung sulit untuk dibersihkan. Karpet ini memang nyaman untuk kaki Anda, tetapi tidak terlalu disarankan untuk area dengan lalu lintas tinggi.
  • Olefin: Karpet ini cenderung terjangkau serta tahan pudar dan noda. Olefin memang tidak seawet nylon, tetapi ia merupakan opsi yang baik untuk area dengan lalu lintas tinggi.

#3 Apakah Karpet Ruang Tamu yang Anda Pilih Mudah untuk Dibersihkan?

Karena ruang tamu adalah salah satu ruangan yang paling digunakan di rumah, segala sesuatu yang berkaitan dengan tumpahan minuman berisiko untuk terjadi di sana. Oleh karena itu, pastikan karpet yang Anda pilih mudah untuk dibersihkan. Akan lebih baik jika karpet Anda memiliki garansi tahan noda seumur hidup.

#4 Bagaimana dengan Kelembutan Serat Karpet Anda?

Jika Anda memiliki ruang tamu lesehan, pastikan kelembutan serat karpet masuk ke dalam pertimbangan Anda. Kebanyakan produsen karpet saat ini memproduksi karpet yang jauh lebih lembut dibandingkan karpet-karpet tradisional.

Selain itu, untuk menambah nyaman karpet ruang tamu, Anda bisa menambahkan bantal-bantal di atasnya. Adalah sesuatu yang tak mustahil untuk mengombinasikan ketahanan karpet Anda dengan sifat lembut yang dimilikinya.

Baca juga:

Karpet Vinyl vs Ubin Vinyl; Tampilan, Ketahanan, dan Perawatan

#5 Pikirkan Warna Karpet yang Sesuai

Memilih warna karpet memang merupakan sesuatu yang bersifat subjektif. Pastikan warna yang Anda pilih sesuai dengan preferensi personal dan gaya dekorasi ruang tamu. Selain itu, warna karpet Anda pun perlu bisa mengakomodir cahaya alami yang masuk ke dalam ruang tamu Anda.

Itulah kelima hal yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak memilih karpet untuk area ruang tamu. Pastikan pilihan karpet juga dapat memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna ruangan. Selain itu, pilih tampilan karpet yang sesuai dengan selera personal dan gaya interior yang digunakan.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id