fbpx
Hello, Guest

4 Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Parket Ini Penting Diketahui!

Posted by Nikho Asruri Monday, December 18 2023

Interiordesign.idInterior rumah menjadi landasan bagi kehangatan dan keindahan ruang. Salah satu elemen penting dalam mendefinisikan keindahan estetika ruang adalah pemilihan lantai yang sesuai.

Salah satu lantai yang populer saat ini adalah lantai kayu parket. Lantai ini telah menjadi pilihan populer dalam desain interior rumah, menawarkan keindahan alami kayu serta kekuatan yang tahan lama. 

Namun, sebagaimana halnya dengan banyak pilihan, terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan lantai jenis ini.

Maka dari itu, sebelum Anda menentukan untuk menggunakan lantai parket pada interior rumah, sebaiknya Anda mengetahui kelemahan dan kelebihan dari lantai kayu parket.

Baca juga : Mengenal Keindahan Lantai Parket yang Tak Terkalahkan 

4 Kelebihan Lantai Parket yang Mesti Anda Tahu

Berikut ini kelebihan lantai parket: 

1. Estetika yang Memukau

Pinterest

Estetika yang memukau dari lantai jenis ini tidak hanya sekedar aspek visual, tetapi juga merupakan fondasi keindahan alami yang menakjubkan di dalam ruangan. Setiap potongan kayu memiliki keunikan tersendiri, menciptakan karakteristik visual yang membuat lantai ini begitu menarik.

Salah satu hal yang membuat lantai kayu parket begitu menarik adalah keanekaragaman corak dan warna kayu yang ada. Setiap jenis kayu memiliki pola serat yang berbeda, memberikan tampilan yang unik pada setiap lantai. Mulai dari pola serat halus hingga tekstur yang lebih kasar, kayu parket memperkaya visual ruangan dengan keindahan alami yang tak tertandingi.

2. Kekuatan dan Ketahanan yang Tinggi

Pinterest

Kekuatan dan ketahanan yang tinggi adalah salah satu ciri khas utama dari Lantai jenis ini, yang menjadikannya pilihan unggul di dalam dunia desain interior.

Salah satu faktor yang membuat lantai kayu parket begitu tahan lama adalah lapisan permukaan atasnya. 

Lapisan ini terdiri dari bahan-bahan pelindung seperti uretan atau poliuretan, yang memberikan perlindungan tambahan terhadap goresan, noda, dan kerusakan lainnya. 

Selain lapisan permukaan yang kuat, konstruksi dari potongan kayu parket juga memberikan kekuatan ekstra di bawah tekanan. 

Penataan dan pengepakan kayu yang teratur membuatnya tahan terhadap tekanan berat, sehingga dapat digunakan dalam ruangan dengan furnitur yang sering dipindahkan.

3. Fleksibilitas dalam Desain

Pinterest

Salah satu keunggulan yang memukau dari Lantai jenis ini adalah fleksibilitasnya dalam menyesuaikan berbagai konsep desain interior. 

Kemampuan untuk menghadirkan nuansa alami dan kesesuaian dengan gaya desain yang berbeda menjadikan lantai ini pilihan yang menarik di berbagai tipe ruangan.

Lantai kayu parket mampu menghadirkan sentuhan yang cocok dengan berbagai gaya desain, mulai dari yang bersifat tradisional hingga yang lebih kontemporer. Dari tampilan yang klasik dan elegan hingga gaya yang lebih modern dan minimalis, Lantai jenis ini dapat dengan mudah menyatu dengan nuansa desain yang diinginkan.

4. Penyelarasan dengan Suasana Hangat

Pinterest

Lantai jenis ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyelaraskan suasana hangat di dalam ruangan. 

Dari kealamian bahan kayu hingga sifat-sifat termal yang dimilikinya, lantai ini memainkan peran penting dalam menciptakan atmosfer yang nyaman dan menenangkan di berbagai ruang.

Kayu sebagai bahan dasar lantai kayu parket menyampaikan kesan hangat dan kelembutan secara visual dan sentuhan. 

Ketika berinteraksi dengan cahaya, warna dan corak alami kayu menambah nuansa yang menenangkan dan mengundang ke dalam ruangan, menciptakan suasana yang hangat dan menyambut.

Kekurangan Lantai Parket

Nah, ini dia kekurangannya yang perlu Anda tahu:

1. Biaya yang Lebih Tinggi

Pinterest

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, penggunaan Lantai jenis ini juga disertai dengan biaya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa opsi lantai lainnya.

Salah satu faktor utama yang membuat Lantai jenis ini memiliki biaya lebih tinggi adalah harga materialnya.

Kayu yang digunakan untuk parket umumnya termasuk dalam kategori material yang lebih mahal dibandingkan dengan opsi lantai lainnya. 

Terdapat perbedaan harga berdasarkan jenis kayu, dengan beberapa kayu eksotis atau langka memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

2. Rentan terhadap Kerusakan Air

Pinterest

Salah satu kelemahan umum dari Lantai jenis ini adalah rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh paparan air. 

Meskipun lantai kayu parket memiliki sejumlah keunggulan, namun perhatian khusus terhadap masalah air menjadi penting dalam pemeliharaan dan perawatan.

Kayu memiliki sifat alami yang menyerap air, yang dapat menyebabkan pembengkakan atau perubahan bentuk pada Lantai jenis ini. 

Tumpahan air atau kelembaban berlebih dapat merusak permukaan kayu, menyebabkan kemungkinan munculnya noda, bengkak, atau bahkan retak.

3. Memerlukan Perawatan Rutin

Pinterest

Lantai jenis ini, meskipun indah dan tahan lama, membutuhkan perawatan rutin untuk memastikan keindahan dan kekuatannya tetap terjaga. 

Perawatan yang teratur diperlukan untuk menjaga kualitas dan masa pakai lantai kayu.

Membersihkan lantai secara teratur dengan sapu lembut atau vakum membantu menghilangkan debu, kotoran, dan partikel kecil lainnya yang dapat menyebabkan goresan atau keausan pada lantai.

Selain pembersihan permukaan, pembersihan lebih mendalam dari waktu ke waktu diperlukan.

Menggunakan pembersih khusus yang direkomendasikan untuk lantai kayu parket membantu membersihkan noda dan kotoran yang sulit dihilangkan.

4. Kerusakan dan Goresan yang Terlihat

Pinterest

Lantai kayu parket, meskipun memiliki daya tahan yang cukup tinggi, masih rentan terhadap kerusakan dan goresan tertentu yang dapat terlihat pada permukaannya.

Goresan halus atau noda yang terjadi pada Lantai jenis ini seringkali dapat terlihat, terutama pada jenis kayu dengan pola atau warna yang cerah. 

Meskipun tidak mempengaruhi kekuatan lantai, goresan ini dapat mempengaruhi penampilan visual lantai.

Selain itu tumpahan atau benturan dari benda tumpul dapat menyebabkan kerusakan yang terlihat pada permukaan lantai. 

Misalnya, hewan peliharaan dengan cakar tajam atau pindahan furniture yang kurang hati-hati dapat meninggalkan bekas atau goresan pada lantai kayu.

Kesimpulan

Lantai jenis ini bukan hanya sekadar lantai biasa, melainkan investasi jangka panjang yang menawarkan keindahan, kekuatan, fleksibilitas desain, dan kemud ahan perawatan. 

Dengan kealamian yang dimilikinya, Lantai jenis ini mampu menciptakan suasana yang hangat dan menenangkan di dalam rumah.

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan keindahan Lantai jenis ini ke dalam interior rumah Anda? Kenali kebutuhan Anda dan pilihlah yang sesuai dengan gaya serta kebutuhan ruang Anda. 

Dengan lantai kayu parket, Anda tidak hanya mendapatkan lantai yang tahan lama, tetapi juga menambahkan sentuhan alami yang memukau pada interior rumah Anda.

Baca selanjutnya

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id