fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

6 Rekomendasi Lemari TV DIY yang Bisa Menyembunyikan Kabel

lemari tv ruang keluarga

Lemari tv DIY.

Estimated reading time: 5 minutes

InteriorDesign.id – Dalam desain interior ruang keluarga, TV bisa menjadi titik fokus desain. TV layar datar misalnya, yang kebanyakan digunakan saat sekarang, selain tidak memakan banyak ruang, dalam beberapa situasi bahkan bisa menjadi elemen dekorasi ruang keluarga itu sendiri.

Namun, meski begitu, beberapa perangkat bawaan yang menyertainya, bisa kurang sedap dipandang. Perangkat-perangkat elektronik ini termasuk Apple TV, cable box, perangkat game, dan atau gadget lainnya yang memiliki sistem kabel. Dus, Anda tentu membutuhkan furniture yang dapat menyembunyikan kabel-kabel ini. Dalam hal ini, sebuah lemari tv.

Nah, berikut adalah 6 rekomendasi rak, atau lemari TV untuk ruang keluarga Anda. Selain model dan desainnya yang menarik, perabot ini dijamin bisa menjadikan ruang keluarga terlihat lebih rapi dan terorganisir dengan sangat baik.

#1 Perombakan Unit Ikea Lack

Jika Anda mencari lemari TV dengan harga yang murah, Anda bisa membeli unit IKEA Lack dengan harga sekitar Rp720.000,00.

Sayangnya, desain terbuka unit satu ini tidak dapat menyembunyikan perangkat dan kabel Anda. Selain itu, dari sisi gaya, unit ini cukup biasa saja.

Untuk mengakali unit furniture satu ini, Anda bisa mengambil inspirasi hack-nya dari sebuah situs dekor Belanda. Song Bird Blog adalah sebuah situs inovatif, penggagas proyek hack unit satu ini. Mereka menggunakan papan, cat, dan stapler listrik untuk mengubah lemari TV berusia 10 tahun ini menjadi pajangan cantik di ruang tamu.

Pintu palka baru yang ada di bagian depan lemari membuat perangkat dan kabel tidak terlihat. Peti anggur kayu di rak tengah merupakan area untuk remote contol. Perombakan unit ini dinilai ramah kantong.

#2 Lemari TV Rahasia

Lemari DIY satu ini cocok bagi Anda yang menggantung TV baru Anda. Unit ini bisa jadi solusi saat Anda tidak punya tempat untuk meletakkan perangkat penyerta TV serta kabel.

Anda bisa “mencontek” ide cerdik dari Country Design Style. Meski unit dipasang di dinding dan terlihat seperti rak, sebenarnya furniture ini merupakan lemari rahasia yang dapat menyembunyikan beberapa set gadget.

#3 Efek “Mengambang” pada Lemari TV

Lemari TV DIY ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin menjaga lantai Anda tetap bersih. Unit “mengambang” satu ini merupakan karya dari penghuni area kecil yang berada di belakang Petite Modern Life. Mereka melakukan perombakan beberapa lemari dapur IKEA untuk menyulapnya menjadi lemari TV unik satu ini.

Bagian atas serta samping unit dihiasi oleh panel pinus. Selain itu, area belakang furniture ini pun digunakan untuk menyembunyikan kabel yang dicolokkan ke TV. Lemari ini cocok untuk Anda yang tinggal di rumah kecil.

#4 Transformasi “Deposit Boxes” Bergaya Vintage Menjadi Lemari TV Modern

Sebuah visi dibutuhkan untuk mengubah sesuatu yang lama menjadi barang baru dengan tujuan yang lebih segar. Lemari DIY ini dibuat oleh seorang blogger cerdas di balik Adventures in Creating. Ia menciptakan ulang sekumpulan kotak deposit berwarna hijau.

Pertama-tama, kotak deposit tersebut akan saling dipasangkan dan dicat berwarna putih. Setelah itu, mereka akan dipasangkan kaki-kaki yang memiliki bentuk layaknya jepit rambut. Salah satu kotak deposit dibiarkan lepas untuk memberikan ruang bagi kabel dan gadget lainnya. Laci-laci lainnya yang tersedia digunakan untuk menyimpan berbagai barang, termasuk album foto keluarga.

#5 Rak TV Bergaya Rustic

Lemari TV bergaya rustic ini dibuat oleh orang-orang yang ada di Liz Marie Blog. Unit ini sangat mudah dibuat, sehingga diklaim bahwa setiap orang dapat membuatnya sendiri-sendiri. Unit ini dilengkapi dengan dekorasi cantik seperti keranjang dan pernak-pernik untuk menyembunyikan kabel dan dekoder. Lemari satu ini pun dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki banyak barang, tetapi ingin telihat rapi dan menarik secara visual.

Baca juga: Desain Lemari Bawah Tangga untuk Tempat Penyimpanan Fungsional

#6 Lemari TV dari Peti Kayu

Dengan biaya kurang dari Rp1.400.000,00, seorang pengguna Pinterest bernama Kaitlin Rabitoy membuat sebuah lemari TV. Unit ini terinspirasi dari sebuah rumah bergaya country dengan area penyimpanan tersembunyi yang terbuat dari peti kayu. Anda dapat membeli peti kayu unfinished di berbagai tempat. Biasanya, harga peti kayu seperti ini ada di kisaran Rp140.000,00.

Sebelum mulai merakit lemari TV barunya, ia mengaplikasikan sealer pada setiap peti kayunya. Setelah itu, ia mengaturnya dengan sangat hati-hati. Untuk membuat tali serta kotak-kotak tampak menghilang, ia memasukkannya ke dalam peti yang berbeda sebelum memutarnya ke samping.

Itulah keenam inspirasi lemari TV DIY yang bisa Anda coba buat di rumah. Anda bisa memanfaatkan lemari yang sudah Ada lalu merombaknya agar memiliki tampilan yang lebih baik. Anda pun bisa memanfaatkan barang-barang tak biasa untuk Anda rakit menjadi lemari TV kesukaan Anda. Selamat berkreasi!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id