fbpx
Hello, Guest

Menciptakan Hunian Modern dengan Model Atap Skillion; Kelebihan dan Kekurangan

rumah dengan model atap skillion

Atap skillion menjadi salah satu alternatif rancangan atap terbaik yang menjadikan tampilan hunian terasa sangat estetik dan memiliki kesan timeless.

InteriorDesign.id – Sepertinya, atap rumah model prisma, atau pelana secara umum, lebih sering kita temui. Padahal seiring perkembangan dunia arsitektur dan desain, model atap berevolusi semakin beragam. Salah satunya kehadiran model atap sklillion.

Namun, apa itu atap sklillion?

Sebelum membahasnya, sangat penting bagi kita untuk mengetahuia bahwa setiap model atap memiliki karakternya masing-masing. Setiap bentuknya bisa melahirkan tampilan yang berbeda pada setiap bangunan.

Nah, untuk menentukan jenis atap bangunan, pertimbangannya tidak hanya berdasarkan estetika bentuk bangunan, tetapi banyak faktor yang mesti diperhitungkan. Bahkan, faktor iklim bisa bisa menjadi salah satu faktor yang sangat memengaruhi bentuk dan rancangan atap dari hunian.

Sebagai contoh, model atap datar misalnya, ini kurang cocok digunakan di daerah beriklim curah hujan tinggi karena beresiko air hujan menggenang dan menimbulkan rembes.

Dus, perencanaan dan perhitungan haruslah benar-benar matang agar rancangan atap rumah dapat sesuai dengan fungsinya dan tidak menimbulkan permasalahan baru.

Untuk hunian-hunian modern minimalis sendiri, model atap skilion banyak digunakan.

Atap skillion, atau atap miring, membentuk siluet baru sekaligus memberi keunikan pada keseluruhan bangunan.

Apa Itu Model Atap Skillion?

rumah dengan model atap skillion
Pinterest Nanda Hersa

Berbeda dengan bangunan pada umumnya yang bernaung pada dua sisi atap miring, model atap skillion hanya terdiri dari satu sisi atap (tunggal) yang dibuat miring.

Model atap ini dipasang pada bagian dinding, di mana satu bagiannya dibuat lebih tinggi dari yang lain. Hal itulah yang membuat atap skillion membentuk sisi miring.

Dengan bentuk yang sedemikian rupa, model atap skillion banyak diterapkan karena menjadi salah satu cara paling mudah untuk melahirkan tampilan yang modern dan minimalis.

Kelebihan Model Atap Skillion

Kehadiran atap skillion tidak hanya memberikan angin segar pada arsitektur, tetapi juga membawa beberapa kelebihan lain terutama dari segi fungsi.

Cocok digunakan pada iklim curah hujan tinggi atau bersalju

rancangan atap skillion
Pinterest SketchUp

Struktur atap skillion yang berbentuk miring membuat aliran air hujan dan salju mengalir langsung pada satu titik sehingga tidak terjadi genangan pada atap yang akan berisiko terjadi rembesan.

Rancangan atap pun menjadi lebih awet dan mengurangi biaya perawatan.

Jika bagian samping hunian memiliki area resapan air maka atap tak perlu ditambahkan talang karena air akan langsung mengalir dan meresap pada tanah.

Sedangkan jika area samping hunian tidak terdapat resapan air maka pemasangan talang sangat direkomendasikan. Talang dapat diarahkan pada area resapan agar air meresap dengan baik.

Menggunakan sedikit material dan proses pembangunan yang mudah

Dengan bentuk atap skillion yang hanya terdiri dari satu sisi atap atau tunggal maka material yang diperlukan untuk membangun menjadi lebih sedikit.

Selain itu, dalam proses perakitannya, atap ini tergolong mudah sehingga dapat mempercepat waktu pembangunan.

Memberi tampilan menarik dan estetik

Salah satu yang menjadi keunggulan dari model atap ini adalah bentuknya yang estetik. Sudut kemiringan yang terbentuk memberikan siluet yang unik pada bangunan.

Fasad rumah menjadi lebih menarik dan tentunya dapat menambah nilai jual hunian.

Ditambah lagi saat ini atap skillion mulai dikombinasikan dengan model atap lain yang menambah variasi pada sebuah rumah, sangat unik.

Kekurangan Model Atap Skillion

Pinterest Civiconcepts

Meskipun tidak banyak, atap skillion juga memiliki kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan saat kita akan menggunakannya.

Bagian pitch (derajat kemiringan) terlalu tinggi maka plafon ruangan semakin rendah

Seperti prinsip sisi miring, jika derajat kemiringan semakin tinggi maka otomatis sisi bagian alas (plafon rumah) akan semakin rendah yang akan membuat interior rumah terasa lebih panas.

Kurang cocok untuk rumah di daerah angin kencang

Dengan bentuk atap yang sedemikian rupa, model ini sebenarnya kurang cocok ketika digunakan pada hunian yang berada di daerah berangin kencang kerena sangat berisiko.

Meski begitu, hal ini dapat siasati dengan penggunaan material yang baik sehingga rancangn atap bisa kokoh.

Pilihan Material Atap Skillion

~ via Houzz

Bentuk atap dengan kemiringan yang curam membuat kita harus memperhatikan jenis material yang digunakan.

Model atap miring tidak cocok jika menggunakan material yang memiliki bobot berat, seperti genteng tanah. Sebaliknya, atap skillion lebih baik jika menggunakan material ringan.

Itulah sebab berbagai macam material atap logam lebih familiar digunakan pada model atap ini karena memiliki kualitas dan keawetan yang baik sekaligus memiliki bobot yang cukup ringan.

Atap skillion sendiri pada awalnya banyak digunakan pada bangunan-bangunan gudang atau pabrik. Namun, saat sekarang, model ini mulai banyak diadaptasi untuk atap hunian. Rancangannya justru melahirkan dan memberikan kesan modern.

Dan kini, atap skillion menjadi salah satu alternatif model atap terbaik yang mampu jadikan arsitektural hunian tampil estetik dan terkesan timeless.

Baca Juga : Berbagai Model dan Jenis Atap Rumah Terbaik yang Bisa Anda Pilih

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Thursday, August 31 2023
Posted by Nikho Asruri

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Mau desain interior sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id