fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

5 Tips Memilih Model Gorden Cantik dan Mewah untuk Ruang Tamu

Tengah berpikir untuk menambahkan “warna” pada ruang tamu Anda? Anda bisa mengandalkan gorden dengan model yang cantik dan mewah untuk bisa memberikan gaya yang diinginkan pada ruang tamu Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pemilihan model gorden yang cocok untuk area ruang tamu yang ingin Anda dekorasi.

#1 Perhatikan Model Gorden

model gorden cantik dan mewah di ruang tamu

Terdapat beragam model gorden yang bisa Anda pilih dengan gaya yang juga berbeda-beda. Gorden panel dapat memiliki harga yang cukup murah. Sedangkan gorden yang dapat dikustomisasi memiliki harga yang cukup mahal. Anda harus mempertimbangkan model gorden seperti apa yang paling sesuai dengan gaya ruang tamu dan jendela Anda.

Gorden dengan panel ganda yang klasik, cantik, dan mewah dapat menciptakan sesuatu yang bersifat simetri. Sedangkan gorden dengan panel tunggal sangat cocok untuk ruang tamu yang berukuran lebih kecil. Kemudian panel dengan valensi kain memiliki kesan yang cukup romantis dan tradisional. Sedangkan panel pelmet atau cornice board yang membingkai tepiannya memiliki tampilan yang formal dan terstruktur.

Selain itu, pertimbangkan jenis heading gorden yang paling Anda sukai. Apakah Anda menyukai lipatan pensil, grommets, lipatan Perancis, atau kantung lubang?

#2 Pilih Material Gorden yang Cocok, Cantik, dan Mewah

model gorden cantik dan mewah di ruang tamu gaya modern eklektik

Berbagai material gorden memang bisa dicobakan pada ruang tamu. Namun, tetap ada beberapa material khusus yang dirasa jauh lebih cocok dan lebih menonjol dibandingkan dengan material lain, jika Anda memakainya sebagai bahan gorden Anda.

Kain yang memiliki bobot lebih berat dapat melindungi ruangan dan bekerja dengan sangat baik di iklim yang lebih dingin. Sedangkan kain ringan dapat bekerja dengan maksimal di iklim yang lebih hangat.

Sutra: Material cantik dan mewah satu ini bersifat klasik dan tradisional. Ia bisa menambahkan kesan formal pada ruang tamu Anda. Terlebih jika kain ini berlipit dan menggenang di lantai. Jika Anda ingin menjaga privasi ruangan, Anda bisa membuat gorden dengan material ini dibuat sejajar. Biasanya gorden ini memiliki bahan yang tipis dan dapat memungkinkan cahaya untuk masuk.

Katun: Katun adalah kain gorden paling serba guna dan merupakan salah satu bahan yang paling mudah dibersihkan. Material ini tersedia dalam berbagai warna dan gaya. Ia pun dapat menciptakan kesan formal atau kasual sesuai dengan keinginan penghuni. Sayangnya, material ini cenderung lebih kaku dibandingkan dengan material lainnya.

Linen: Biasanya material ini bersifat ringan dan sering kali punya bentuk yang tipis. Ia digunakan di ruangan yang ingin memiliki kesan santai.

Beludru: Bahan gorden ini cukup berat dan mewah. Jarang sekali beludru digunakan di ruangan yang ingin menciptakan suasana santai.

Sheer: Kain berbahan sheer cocok untuk Anda yang ingin agar cahaya dapat masuk ke dalam ruangan. Sayangnya, privasi tidak ditawarkan dengan baik oleh bahan satu ini.

#3 Tentukan Pola dan Warna Gorden yang Cocok untuk Ruang Tamu

Gorden sesungguhnya mengambil banyak ruang visual. Oleh karena itu, adalah hal yang penting untuk Anda mempertimbangkan dengan cermat jenis warna dan pola gorden cantik dan mewah yang Anda inginkan.

model gorden cantik dan mewah di ruang tamu modern minimalis

Baca juga: 5 Gorden Rumah Minimalis yang Cantik dan Mewah

Saat Anda akan memilih pola dan warna dari model gorden yang Anda mau, Anda harus mempertimbangkan pula pola dan kain dari furniture serta warna dinding ruang tamu Anda. Setelah itu, padukan gorden dengan elemen utama tersebut.

#4 Pastikan Ukuran Gorden Sesuai

Selain warna dan pola, ukuran juga merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat Anda akan memilih model gorden. Gorden cantik dan mewah pilihan Anda harus memiliki lebar setidaknya dua kali dari lebar jendela, apabila nantinya Anda akan membiarkannya terbuka sepanjang waktu.

interior ruang tamu modern klasik

Gorden dengan ukuran yang cukup panjang juga merupakan sesuatu yang penting.

Agar tampilan model gorden cantik dan mewah Anda dapat terlihat dramatis dan elegan, Anda dapat membuatnya menggenang di lantai. Sedangkan jika Anda menginginkan tampilan yang kontemporer dan bersih, Anda bisa membuatnya tidak menyentuh lantai.

Portfolio: Desain Interior Rumah Gaya Skandinavia Modern – Cimanggis, Depok

#5 Pasang Model Gorden Cantik dan Mewah Anda

Terdapat dua cara dalam memasang model gorden yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda, yakni:

Tradisional: Pasang perangkat beberapa inci di bagian atas penutup jendela. Cara ini memang tradisional, tetapi gorden akan selalu terlihat bagus.

Kontemporer: Pasang perangkat tepat di bawah langit-langit. Tampilan modern satu ini sangat populer dan dapat membuat langit-langit jadi terlihat lebih tinggi.

interior ruang tamu modern klasik

Itulah kelima tips yang perlu Anda ketahui saat ingin memilih model gorden yang cantik dan mewah untuk ruang tamu Anda. Pastikan Anda memperhatikan segala aspeknya, agar gorden pilihan Anda dapat tampil cantik di ruangan tersebut.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id