fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Model Gorden yang Bisa Anda Pilih untuk Jendela Anda

Posted by Muhammad Zahid Mafaza Friday, October 1 2021
desain ruang keluarga di rumah modern-tropis

Gorden yang dapat mempercantik hunian memiliki banyak model yang bisa Anda pilih. Meski tujuan utama keberadaan gorden adalah untuk menghalangi cahaya masuk, tetapi elemen dekorasi satu ini memiliki berbagai kegunaan lain. Salah satu kegunaannya adalah untuk dapat menambahkan aksen dekoratif ke dalam ruangan.

Ada pula gorden yang kehadirannya murni hanya untuk tujuan dekoratif, seperti gorden sultra atau gorden renda yang tembus pandang. Ini dikarenakan kedua gorden ini tidak dirancang untuk menghalangi cahaya layaknya gorden gelap.

Namun, Anda tidak perlu merasa bingung karena harus memilih gorden yang mengutamakan fungsi atau gaya. Saat ini, sudah banyak gorden yang menggabungkan sisi fungsionalitas dan sisi estetikanya. Jadi, Anda hanya perlu benar-benar tahu gorden seperti apa yang Anda butuhkan.

Itulah mengapa Anda harus benar-benar mengenal berbagai model gorden yang ada sebelum menentukan pilihan. Berikut adalah beberapa model gorden yang perlu Anda ketahui:

#1 Model Gorden Panel Berpasangan

Tirai dengan model ini terdiri dari dua panel terpisah. Ia merupakan jenis yang paling populer dalam gaya klasik dan kontemporer. Kedua panel terpisah ini membuat Anda dapat menempatkan tirai di kedua sisi jendela. Untuk menutupnya, Anda hanya harus menarik setiap panel menjadi satu. Tirai ini dapat Anda ikatkan ke belakang untuk menciptakan tampilan yang simetris.

#2 Panel Tunggal pada Gorden

Gorden dengan panel tunggal memiliki satu panel tirai yang dapat menutupi seluruh jendela. Panel ini dapat ditarik ke dua arah untuk dibuka. Selain itu, ia pun bisa diikatkan ke belakang untuk menciptakan tampilan asimetris yang modern. Gorden dengan model seperti ini dinilai tak lekang oleh waktu, sehingga ia amat cocok untuk Anda yang ingin menyempurnakan tampilan dekoratif rumah Anda.

#3 Window Treatment Set

Window treatment set memiliki seperangkat keperluan jendela yang cukup lengkap. Ia mencakup satu atau dua tirai serta kelambunya. Beberapa window treatment set ini juga ada yang menyertakan aksesori seperti pengikat dan batang gorden. Bahkan, ada pula yang menyertakan pelmet di dalamnya.

#4 Model Gorden Kelambu

Kelambu adalah gorden pendek yang digantung di bagian atas tirai Anda. Biasanya, gorden ini merupakan elemen tambahan dekoratif yang bersifat opsional. Keberadaan kelambu ini dapat melengkapi tampilan gorden. Biasanya, model gorden ini dijual secara terpisah. Namun dalam window treatment set, biasanya kelambu diikutsertakan.

Anda dapat menggunakan kelambu ini tanpa gorden tambahan pada jendela Anda. Kehadiran kelambu tanpa tambahan jendela dapat menampilkan hiasan yang bersifat sangat dekoratif.

#5 Window Tier

Window tier biasanya digunakan pada jendela dapur atau jendela manapun yang membutuhkan privasi, tetapi Anda tetap membutuhkan cahaya untuk bisa masuk. Model gorden ini dapat menyembunyikan bagian bawah jendela, tetapi bagian atasnya tidak tertutup.

#6 Model Gorden dengan Bentuk Scarf

via Venue

Model gorden satu ini cukup mirip dengan jenis kelambu. Perbedaannya terletak pada kain panjang dan tipis yang menggantung di bagian atas jendela. Kehadiran scarf pada jendela adalah sesuatu yang bagus jika Anda ingin menunjukkan tampilan yang dramatis.

#7 Pelapis Gorden

Pelapis gorden adalah tambahan opsional lain yang bisa Anda manfaatkan untuk tirai Anda. Kehadiran pelapis ini bisa menaikkan tingkat keserbagunaan gorden Anda. Menambahkan pelapis pada tirai yang tipis adalah pilihan yang populer, karena pelapis ini bisa memberikan lebih banyak privasi dan daya tahan pada tirai. Meski ditambahkan pelapis, kecantikan gorden tidak berkurang sama sekali. Biasanya pelapis gorden memiliki fitur tambahan lainnya, seperti insulasi atau atribut penghalang kebisingan.

Itulah ketujuh model gorden yang bisa Anda pilih untuk jendela hunian Anda. Masing-masing gorden ini memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Anda hanya tinggal menentukan gorden yang mana yang dirasa paling pas untuk gaya di dalam rumah Anda.

Baca juga:

Bagaimana Cara Memilih Warna Gorden yang Elegan untuk Hunian?

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id