fbpx

Model Jendela Minimalis untuk Hunian Minimalis

model jendela minimalis

Model jendela minimalis memiliki banyak ragam dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak hanya bermanfaat bagi sirkulasi udara serta pencahayaan alami, tetapi juga dapat menambah nilai estetika hunian.

Estimated reading time: 9 minutes

Banyak hal dapat menunjang keindahan rumah. Beberapa di antaranya adalah pilihan desain interior yang tepat, furniture dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan, serta elemen arsitektural yang mendukung. Elemen arsitektural yang disebutkan di sini ada banyak, beberapa di antaranya adalah pintu, atap, hingga jendela rumah.

Jendela rumah adalah elemen arsitektural terpenting yang memiliki peranan besar dalam sebuah hunian. Ia tidak hanya dapat menambah nilai estetika kediaman Anda, tetapi juga menentukan baik tidaknya sirkulasi udara serta pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah Anda. Oleh karena itu, pemilihan model serta proses pembuatan jendela rumah tidak boleh main-main.

Jendela harus memiliki model yang sesuai dengan bentuk serta interior rumah yang dilengkapinya. Apabila rumah Anda memiliki model minimalis atau modern, ada beberapa opsi jendela yang bisa Anda pilih.

Berikut adalah model jendela yang direkomendasikan untuk rumah minimalis Anda:

#1 Model Jendela Stationary

Biasanya, jendela dengan model stationary window cocok untuk kediaman dengan gaya minimalis. Meskipun jendela ini tidak bisa dibuka, kehadiran jendela ini tetap bisa memberikan keindahan bagi rumah yang dilengkapinya. Desain stationary window sederhana, tetapi ia bergaya kontemporer.

Namun, karena jendela ini benar-benar tidak bisa dibuka, Anda harus mempertimbangkan saluran udara rumah. Hal ini dikarenakan sirkulasi udara adalah hal penting yang harus Anda penuhi untuk rumah Anda.

#2 Jendela dengan Model Awning

Awning window adalah jendela yang dibuat untuk membiarkan air hujan meluncur pada bukaan jendela. Biasanya, jendela awning punya bagian bawah yang bisa dibuka. Inilah yang membuat tetesen air hujan dapat terlihat dari dalam.

Biasanya jendela ini dipasang di garasi, kabin, atau tempat yang lebih memprioritaskan ventilasi dan privasi dibanding estetika. Meski begitu, model jendela awning sangat khas untuk rumah dengan model minimalis.

#3 Minimalisnya Jendela Picture

Boleh dikatakan bahwa picture window “serupa tapi tak sama” dengan stationary window. Ketidaksamaan picture window ada pada ukurannya yang lebih luas. Meski begitu, seperti stationary window, picture window juga tidak bisa dibuka dan ditutup.

Pemasangan jendela picture ini akan membuat rumah terlihat lebih luas. Akan semakin indah jika di luar rumah kita terdapat pemandangan yang menarik untuk dilihat. Namun, jendela ini cocok untuk dipasang di lantai 2. Hal ini bertujuan agar kegiatan yang kita lakukan tidak terlihat oleh orang-orang di luar rumah.

Keuntungan dari memiliki model jendela minimalis ini di rumah adalah adanya penerangan cahaya alami dari matahari yang cukup.

#4 Model Minimalis Double-Hung Window

Double-hung window adalah jendela yang didesain untuk dapat dibuka secara vertikal. Anda dapat membuka bagian bawah atau bagian atas jendela dengan mudah. Jendela double-hung cocok untuk Anda ingin mempunyai ventilasi udara yang baik dan menyukai nuansa tradisional. Bagi beberapa orang, desain jendela ini dinilai unik dan cocok untuk area yang kecil.

#5 Jendela Bermodel Accent

Sama seperti stationary window dan picture window, accent window pun merupakan jendela yang didesain untuk tidak bisa dibuka. Oleh karena itu, kekurangan jendela ini ada pada kualitas ventilasi udara yang kurang baik. Meski begitu, uniknya, Anda tetap bisa mendesain accent window menjadi bentuk apapun yang Anda inginkan, seperti seperempat lingkaran, bentuk angka, dll. Hal ini membuat rumah dengan accent window dapat terlihat unik, karena ia memiliki jendela yang memiliki bentuk lain dari pada yang lain.

#6 Model Jendela Sliding

Sliding window atau jendela geser banyak disukai oleh penghuni rumah minimalis karena kemudahan mobilitas serta space terbatas yang ditawarkannya. Anda tidak perlu mengayun jendela ini, karena ia hanya perlu digeser secara horisontal untuk dapat dibuka. Hal ini membuat jendela geser tidak memakan ruang saat dibuka.

Selain itu, sliding window juga dapat membuat hunian jadi lebih berkelas, karena jendela geser berbeda dari jenis jendela pada umumnya.

#7 Minimalisnya Jalousie Window

Jendela jalousie yang memiliki nama lain louvered terbuat dari beberapa lapisan kaca. Biasanya, ia dipasang di ruangan yang menghadap ke teras, area yang cerah, atau taman. Praktis adalah salah satu nilai unggulan yang dimiliki oleh jendela jalousie. Ia pun punya mekanisme penutupan yang efisien.

#8 Jendela dengan Model Casement Window

Casement window adalah jendela dengan desain engsel yang terpasang di bagian samping, sehingga ia bisa dibuka selebar mungkin. Kelebihan dari jenis jendela ini adalah harganya yang ekonomis dan memiliki fungsi wind resistant serta multipoint locking system.

#9 Model Minimalis Single-Hung Window

Jendela satu ini hampir sama dengan double-hung window. Single-hung window juga punya engsel di bagian tengah dan bisa digeser secara horisontal. Bedanya, pada single-hung window, hanya satu sisi jendela yang bisa dibuka. Jendela ini lebih murah dibandingkan dengan jendela double-hung, tetapi ia tetap dapat berfungsi dengan baik untuk melancarkan sirkulasi udara dalam rumah.

#10 Jendela Bermodel Hopper

Hopper window memiliki engsel yang diletakkan di bagian bawah. Hal ini membuat jendela ini saat dibuka akan menghadap ke atas. Jendela hopper cocok untuk dipasang di ruang bawah tanah dan garasi. Ia tidak cocok ada di ruang tamu. Kelemahan dari jendela hopper adalah saat hujan, percikan air bisa menggenang di jendela.

#11 Model Jendela Garden

Garden window yang punya nama lain jendela taman adalah jenis jendela dalam ruangan yang terlihat seperti kotak kaca yang memiliki rak untuk tanaman. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat jendela ini cocok untuk dipasang di ruang makan, dapur, atau kamar mandi. Kehadiran jendela ini bisa menambahkan suasana segar.

#12 Jendela Transom

Jendela dengan jenis transom merupakan kombinasi beberapa desain jendela. Ia bisa dibentuk menjadi persegi panjang, persegi, bulat, lonjong, serta bentuk-bentuk lainnya. Transom window cocok untuk dipasang di kamar yang luas dengan area jendela yang mencukupi. Biasanya, jendela ini diletakkan di atas pintu untuk menambah penerangan ke dalam ruangan.

#13 Bow Window

Keberadaan jendela ini berguna untuk memberikan pandangan yang lebih luas pada taman atau jalan. Biasanya, bow window menggabungkan empat atau lebh casement window. Paduannya membentuk sebuah lengkungan. Jendela ini dirancang agar sesuai dengan kediaman Anda.

#14 Skylight Window

Jendela skylight memiliki nilai estetika yang amat baik. Ia didesain untuk terpasang di langit-langit rumah. Skylight window tidak hanya bisa menghasilkan cahaya alami, tetapi juga menawarkan pemandangan langit yang menakjubkan.

#15 Wall Window

Sama seperti namanya, wall window ada untuk menggantikan peran dinding yang biasanya dibangun menggunakan beton. Jendela ini ada untuk memisahkan ruang internal atau sebagai ‘sampul’ eksternal. Ia memiliki berbagai ukuran dan bentuk, serta menawarkan pemandangan luar yang indah.

Namun, jika Anda ingin memilih jendela ini, pastikan ia memiliki kualitas yang baik. Jendela ini tidak cocok untuk dipasang di lantai satu, karena hal itu akan membuat aktivitas penghuni rumah terlihat dari luar.

Itulah kelima belas model jendela minimalis untuk hunian minimalis Anda. Pastikan jendela yang Anda pilih dapat mengakomodir fungsi masing-masing ruangan. Hal ini dikarenakan tiap jendela punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan jendela yang tepat dapat membuat nilai estetika rumah Anda bertambah.

.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room
Related Articles
interior rumah gaya klasik modern
Wednesday, May 19 2021
Posted by Vania Erlinda Fulbertus
interior ruang keluarga
Wednesday, May 19 2021
Posted by Anastasia Michella
interior apartemen
Monday, May 17 2021
Posted by Isaura Desianage
interior rumah minimalis modern
Saturday, May 15 2021
Posted by Arventho Marlyo

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×