pilihan warna cat interior rumah

Pilihan Warna Cat Interior Rumah: Mengenal Tipe Warna dan Psikologi Warna

Posted by HinaYana  •  Wednesday, May 20 2020

Pilihan warna cat interior rumah sebisa mungkin harus dapat mencerminkan kepribadian orang-orang yang tinggal di dalamnya.

InteriorDesign.id – Warna bisa mengubah mood seseorang, menyebabkan seseorang tiba-tiba marah, atau sebaliknya, tetiba membangkitkan perasaan bahagia. Bahkan, tak jarang pilihan warna juga mampu mengingkatkan perasaan ketidakpedulian dan kesedihan.

Meski begitu, masih banyak orang yang sepertinya tidak begitu peduli soal efek dari warna untuk interior rumah mereka.

Dalam desain interior khsususnya, rekomendasi pemilihan warna tidaklah sembarang. Ini berkaitan erat dengan suasana dan atmosfer ruangan yang diinginkan. Pilihan warna juga sedapat mungkin harus bisa mencerminkan kepribadian orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Oleh sebab itu, Anda mesti merencanakan dengan sangat baik pilihan warna cat interior, juga konsep dan gaya desain interior dengan bijak untuk menciptakan suasana ruang yang diinginkan.

Arti warna

Mengutip theartcareproject, dalam ilmu fisika, warna pada dasarnya adalah cara mata dan otak kita melihat panjang gelombang cahaya yang berbeda yang dipantulkan suatu benda.

Ambil contoh pelangi, yang mewakili spektrum warna yang dapat dilihat mata manusia; merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan juga ungu. Itulah pengalaman warna.

Sementara, apa itu warna hitam dan putih?

Beberapa orang berpendapat bahwa putih adalah tidak adanya semua warna, atau absennya warna. Sementara hitam adalah adanya semua warna.

Namun, sains memiliki penjelasan lebih jauh. Sains menjelaskan bahwa benda tampak putih jika permukaan kasar mencerminkan panjang gelombang yang berbeda pada kekuatan yang sama. Sedangkan warna hitam berarti bahwa benda menyerap semua panjang gelombang daripada merefleksikannya.

Dasar dari semua warna adalah warna utama; merah, kuning, dan biru.

Dengan menggabungkan warna-warna tersebut, kita bisa mendapatkan setiap warna lainnya. Dan kita tidak akan penah bisa menciptakan warna utama dari campuran warna-warna lain.

Warna Cat Interior Rumah dalam roda warna

Dalam desain interior ada beberapa hal mendasar yang perlu kita ketahui saat menggunakan roda warna.

  1. Skema warna komplementer

Ini adalah warna atau warna yang saling berlawanan satu sama lain pada roda warna, seperti biru dan oranye, atau kuning dan ungu. Warna komplementer biasanya digunakan sebagai aksen dalam jumlah kecil.

pilihan warna cat interior rumah

contoh skema warna komplementer dan split-komplementer.

  1. Skema warna triadic

Adalah skema warna yang membentuk segitiga pada roda warna, seperti kuning, biru, dan merah, atau oranye, hijau, dan ungu.

Warna-warna ini bisa dijadikan hanya sebagai aksen, tetapi harus benar-benar seimbang. Jika tidak, dominasi warna tersebut akan menguasai ruangan.

  1. Skema warna analog

Ini adalah kelompok warna yang tepat di samping satu sama lain pada roda warna, seperti merah dengan oranye.

Baca juga: Memercantik Tampilan Ruang dengan Skema Pewarnaan “Triadic” & “Analogous”

  1. Skema warna monokromatik

Skema warna yang menjaga agar tetap sederhana.

Monokromatik adalah penggunaan hanya satu warna, tetapi dari warna gelap ke terang.

  1. Skema warna sejuk dan hangat

Warna sejuk dan hangat biasanya digunakan untuk menciptakan suasana tertentu ke dalam ruangan.

Warna-warna sejuk di antaranya warna blues, hijau, dan ungu. Sementara warna hangat, adalah merah, oranye, kuning, dan atau pink.

  1. Skema non-warna

Skema ini tidak ditemukan dalam roda warna, tetapi tetap memainkan peran yang sangat penting dalam desain interior.

Non-warna adalah abu-abu, beiges, coklat, putih, dan hitam.

pilihan warna cat interior rumah

roda warna. ~ via pinterest

Psikologi warna

Apa itu psikologi warna?

Menurut wikipedia, psikologi warna adalah “studi tentang warna sebagai penentu perilaku manusia.”

Pilihan warna dapat memengaruhi suasana hati seseorang, keadaan pikiran, dan keseluruhan disposisi.

Bagaimana warna dapat memengaruhi konstitusi mental dan emosional, berasal dari orang-orang Mesir kuno yang mempelajari efek warna pada suasana hati dan menggunakannya untuk mencapai manfaat holistik.

Seperti efek warna merah, untuk meningkatkan sirkulasi. Warna oranye untuk meningkatkan energi. Biru untuk menenangkan rasa sakit.

Perkembangan psikologi modern juga membuka studi tentang warna, yang telah digunakan dalam dunia pemasaran, arsitektur, dan tentu saja desain interior.

Paduan Warna Interior Rumah Minimalis, Mengubah yang Biasa Menjadi Luar Biasa

The art of color

Mengutip reece, berikut beberapa pilihan warna cat interior rumah yang bisa dijadikan rujukan untuk melahirkan suasana ruang terbaik:

  • Pertama, kita mungkin dapat mempertimbangkan pilihan warna gelap. Warna ini sangat moody dan atmospheric. Menghasilkan efek instan, menciptakan perspektif dan kedalaman, serta bertindak sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menonjol. Elegan tapi kuat, warna gelap mengekspresikan otoritas.

4 Desain Ruang dengan Skema Warna Gelap yang Atraktif dan Elegan

  • Lalu ada warna “kaya”. Warna yang regal dan mulia. Menampilkan citra keanggunan serta membawa kekuatan dan kecanggihan ke dalam setiap ruangan. Skema warna yang penuh gairah dan kegembiraan. Warna yang kaya meningkatkan suasana kemewahan.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

  • Warna terang alias brights. Warna-warna cerah yang emosional. Digunakan untuk stimulasi. Warna cerah dikaitkan dengan energi, gairah, dan vitalitas.
pilihan warna cat interior rumah

Pilihan warna untuk ruang dapur dan ruang makan. ~ via interiordesign.id

  • Yang paling populer adalah warna netral. Salah satu pilihan warna paling dominan digunakan. Warna netral dianggap mewakili semangat dan memberi ketenangan, menyeimbangkan dan mempromosikan suasana lingkungan yang tenang. Warna netral juga sering dikaitkan dengan alam.
  • Jangan lupakan juga warna putih, yang terkait dengan kebaikan. Warna putih mewakili keamanan, kemurnian dan kepolosan. Putih akan selalu terlihat segar dan sederhana. Warna putih adalah inklusi damai yang mempromosikan keharmonisan.
  • Terakhir warna pastel, yang menciptakan kelembutan dan citra feminin. Pastel menciptakan palet warna yang menenangkan, mempromosikan keterbukaan dan relaksasi, mewujudkan rasa memelihara, dan membawa pengaruh yang menenangkan ke ruangan apapun.
pilihan warna cat interior rumah

pilihan warna pastel. ~ via decoist


Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Content Editor

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...