Ruang Keluarga Eklektik; Interior Ruang Keluarga yang Menarik dan Menyenangkan

Posted by Nita Hidayati  •  Thursday, April 5 2018

Ruang keluarga eklektik mendukung kebutuhan desain yang beragam dari setiap anggota keluarga.

Interiordesign.id – Menghadirkan kenyamanan di ruang keluarga tentu menjadi dambaan setiap pemilik rumah. Ruang keluarga merupakan satu area komunal untuk membangun ikatan dan kedekatan di antara sesama penghuni.

Seperti pernah dibahas di artikel sebelumnya, dekorasi ruang keluarga mampu memberikan dampak psikologis terhadap penghuninya, pemilihan perabotan dan juga penataan yang tepat ruang bersama ini sangat menentukan tingkat kenyamanan dan juga kadar estetika interiornya.

Namun, mengreasikan ruang keluarga yang menarik dan menyenangkan bukanlah perihal estetika interior saja, melainkan juga soal fungsi dan terutama aspek psikologi. Menghadirkan unsur personal bisa jadi salah satu jurus yang dapat coba Anda gunakan.

Untuk mendukung kebutuhan serta desain yang beragam dari setiap anggota keluarga, gunakanlah eclectic sebagai pilihan gaya interior di ruang keluarga.

Ruang Keluarga Eklektik

Sebelum membahas bagaimana cara mendesain ruang keluarga bergaya eclectic, mari kita mengenal dahulu apa itu gaya eclectic. Eclectic adalah gaya yang dikenal dengan menggabungkan beberapa gaya desain menjadi satu gaya tersendiri.

Gaya interior eklektik menjadi alternatif dari kebuntuan dan kekakuan yang dibawa satu pilihan gaya. Bahkan bagi beberapa orang, eklektik menjadi semacam solusi praktikal untuk menemukan penampilan terbaik dari gagasan desain interior yang diinginkan.

Ruang Keluarga yang Kaya Warna

ruang keluarga eklektik

via hgtv

Memilih gaya desain interior eclectic berarti Anda dapat dengan leluasa menggabungkan bentuk, model, tekstur, serta warna dalam satu gagasan atau skema interior. Penampilan sebuah ruang keluarga bergaya eklektik pun bakal terlihat sangat bergaya dan kaya warna serta tekstur gegara kombinasi dan penggabungan lebih dari satu gaya desain seperti yang telah disebutkan.

Seperti yang nampak pada gambar, Anda dapat menggunakan warna hijau pada salah satu sisi dinding dan menggunakan dinding bata ekspos di sisi lainnya. Memadukan karpet ala Persia dengan motifnya yang khas dengan warna-warna cerah, juga melahirkan kekayaan visual dari sebuah ruangan bergaya eklektik.

Sekilas mungkin eklektik semacam itu terlihat seperti gaya bohemian, karena memang menggabungkan gaya bohemian yang kaya tekstur dan warna dengan penampilan perabotan vintage-modern dan bahkan sedikit gagasan kontemporer.

Hiasan Dinding di Ruang Keluarga

ruang keluarga eklektik

via rilane

Eklektik merupakan gaya desain yang dikenal ramai dan colourful dalam penggunaan berbagai elemen dan unsur dekoratif. Salah satunya adalah menghiasi bagian dinding ruang keluarga dengan menempatkan banyak pajangan-pajangan yang artistik .

Gunakanlah bingkai berwarna emas atau silver berukir atau polos untuk menghadirkan kesan eklektik yang cukup kuat di dalam ruangan.

Furniture Ruang Keluarga

ruang keluarga eklektik

via Designxy.com

Furniture khas ala eklektik adalah furniture yang fungsional dengan penampilan yang sangat estetik. Gaya eklektik pada furniture biasanya bergaya lawas alias vintage dengan bahan kayu, besi, ornamen bunga, dan kain bordir yang jelas.

Sofa lembut dan nyaman dengan gaya antik berbahan satin, kulit beludru dan corduray akan terlihat sangat sempurna di ruang keluarga bergaya eklektik.

Pola Geometris

ruang keluarga eklektik

from decoist

Pola-pola geometris dapat Anda hadirkan pada furnitur dan wallpaper untuk memberikan kesan eklektik yang khas dan tegas. Pola geometris juga dapat diterapkan pada sarung bantal sofa, lukisan abstrak, yang mampu memberikan sentuhan seni yang kompleks sekaligus indah. Atau karpet berpola geomteris yang juga dapat memberikan kesan serupa.

Lantai, Atap, dan Dinding

ruang keluarga eklektik

via thoughtsfromalice.com

Pilihlah parket, laminate, kayu solid atau ubin untuk bagian lantai ruang keluarga bergaya eklektik. Pada bagian lantai, Anda juga dapat menghiasinya dengan karpet berpola bunga-bunga bergaya bohemian. Sementara untuk bagian atap atau langit-langit, atau plafon, buatlah satu level atau multi level berbahan semen.

Dan untuk dinding, sebelum menata hiasan dinding seperti lukisan dan foto, Anda dapat menggunakan wallpaper, tirai atau stiker dekoratif. Untuk warna, Anda dapat menggunakan warna putih, abu-abu hingga coklat. Dapatkan juga hasil yang kontras dengan penggunaan dinding batu bata.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader