desain interior ruang keluarga

Interior Ruang Keluarga; Elemen dan Unsur Desain Ruang Keluarga Impian

Posted by HinaYana  •  Thursday, November 15 2018

Ruang keluarga adalah museum kita dan kebahagiaan kita. Sebuah ruang yang mesti dirancang menggunakan pendekatan sains yang mumpuni agar menyenangkan indera, membangkitkan kenangan indah, bergizi, dan juga memberi inspirasi.

Interiordesign.id – Seperti pernah diulas sebelumnya, soal pentingnya desain interior; merancang interior bukan semata soal bagaimana mempercantik ruang, desain interior lebih dari sekadar hal tersebut. Desain interior adalah soal bagaimana memadukan berbagai elemen dan juga unsur dalam desain. Di mana setiap unsur dan elemen harus memiliki keselarasan dan juga keseimbangan.

Unsur dan elemen desain memberi dampak signifikan dan bertanggung jawab terhadap hasil akhir. Apakah penggunaannya dapat memberi kenyamanan dan keamanan kepada penghuninya?

Sesuai tujuannya, memperbaiki fungsi, memperkaya nilai estetika dan meningkatkan aspek psikologis, desain interior pastilah berdiri di atas pemikiran sains. Disiplin ilmu atau keilmuan dalam desain interior sudah seharusnya dapat menjadi semacam pengetahuan umum setiap pemilik bangunan, baik rumah, kantor, kafe, atau dengan kata lain, residensial maupun gedung-gedung atau bangunan-bangunan komersial.

Desain Interior Ruang Tamu Industrial yang Atraktif & Artistik

4 Desain Ruang Keluarga Minimalis; Ruang yang Sangat Penting Bagi Seluruh Anggota Keluarga

Desain Interior Rumah

Rumah, bagaimanapun juga, merupakan sebuah “museum of comfort”. Mengutip apartment theraphy, semua elemen dekoratif dan perabotan yang kita gunakan bisa memiliki dampak terhadap fisik maupun mental.

Hal tersebut membuktikan bahwa keselarasan dan keseimbangan berbagai unsur dan elemen desain, memiliki pengaruh langsung terhadap penghuni ruang. Terbukti juga secara ilmiah dalam studi keilmuan psikologi warna misalnya, bagaimana pilihan warna sebuah ruangan bisa sangat memengaruhi mood, menstimulasi pemikiran, merangsang emosi, hingga memengaruhi kehidupan seks.

desain interior ruang keluarga

psikologi warna; pilihan warna terbaik untuk interior. ~ via pinterest

Psikologi warna hadir karena suatu alasan. Warna bekerja pada tingkat yang sedemikian rupa sehingga kita mungkin bahkan tidak menyadari kekuatannya yang begitu halus.

Gaya Desain Minimalis, Kreasikan Ruang Keluarga plus Ruang Dapur yang Cantik & Fungsional

Unsur lain juga bisa memengaruhi emosi. Langit-langit rendah akan memberi perasaan yang berbeda daripada langit-langit yang lebih tinggi. Sebuah ruangan dengan banyak cahaya alami akan menghasilkan suasana hati yang berbeda dari pada tanpa jendela. Perhatikan rancangan arsitektural, serta berbagai cara yang ingin dirasakan di dalam ruangan, dan lihat apakah bisa memiliki keselarasan atau setidaknya saling melengkapi.

desain interior ruang keluarga

ruang keluarga dengan langit-langit yang tinggai dan terang cahaya alami. ~ via Architectural Digest

10 Desain Modern Ruang Keluarga Berukuran Kecil yang Menginspirasi

Terlalu sering, dunia dipenuhi dengan kegelisahan yang tak henti-hentinya. Menciptakan kebingungan dan memproduksi kegelisahan. Dus, desain interior rumah, persisnya desain interor ruang keluarga harus dapat dipastikan sebagai sebuah area terbaik dan dapat memberi perlindungan. Interior ruang keluarga haruslah dirancang agar hangat, nyaman dan juga menyenangkan.

Gaya Desain Interior Modern Gothik; Tampilan Interior yang Sangat Kaya dan Elegan

Interior Ruang Keluarga

Pemilihan warna bisa memberi pengaruh besar dan mampu mencipta semacam faktor “wow” pada sebuah ruang. Warna memiliki semacam kekuatan magis mengubah sebuah ruang menjadi semakin menarik secara visual. Pun begitu bermain dengan banyak pola, mencampur model dan jenis perabotan, meletakkan dan memajang barang-barang aneh di dinding, bisa merupakan hal yang sangat penting saat mengkreasi sebuah ruang keluarga dengan tampilan yang estetik dan orisinil.

desain interior ruang keluarga

perpaduan sempurna berbagai elemen kunci desain ruang keluarga. ~ via houzz

Hal yang mesti benar-benar kita ingat adalah, penting sekali untuk dapat mempertimbangkan semua unsur dan elemen-elemen desain interior secara bersamaan. Masing-masing elemen dan unsur desain tersebut bisa menjadi kunci kesuksesan. Mereka adalah paket total, dan ini adalah interaksi multifaset yang benar-benar dapat menciptakan “nuansa” yang diidam-idamkan.

Desain Interior Minimalis; 4 Desain Ruang dengan Keseimbangan Simetris yang Sempurna

Seringkali memang sangat sulit untuk menggambarkan bagaimana seharusnya merancang sebuah ruang idaman, tetapi akan jauh lebih mudah dipahami saat kita benar-benar mempertimbangkan setiap komponennya.

desain interior ruang keluarga

desain interior ruang keluarga

desain interior ruang keluarga

desain interior ruang keluarga rumah Ibu Elly Sukabumi. ~ via interiordesign.id/portfolio

Beberapa unsur jelas memainkan peran yang tidak kecil. Disadari atau tidak, kita harus mampu memikirkan bahwa yang coba kita rancang adalah sebuah ruang hidup idaman. Interor ruang keluarga yang sempurna adalah yang memberi kenyamanan dan juga keamanan.

Ruang keluarga adalah museum kita dan kebahagiaan kita. Ruang tersebut mesti dirancang menggunakan pendekatan sains agar menyenangkan indera, membangkitkan kenangan indah, bergizi, dan juga memberi inspirasi.

Tidak pernah ada tempat senyaman rumah. Tidak ada area senyaman ruang keluarga, tempat berinteraksi dan berkumpul bersama seluruh anggota keluarga tercinta.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader