fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

11 Cara Menciptakan Ruang Tamu yang Minimalis dan Mewah

interior rumah gaya klasik modern

Ruang tamu minimalis mewah adalah sebuah ruangan yang menjadi gambaran awal dari keseluruhan hunian yang kita miliki, karena ia merupakan tempat pertama yang dikunjungi oleh setiap orang yang hadir. Gaya minimalis dan sisi mewah rupanya dapat dibaurkan di dalam ruangan ini.

Estimated reading time: 8 minutes

Kita semua tentu setuju bahwa ruang tamu adalah area pertama yang akan dimasuki oleh semua orang yang berkunjung ke kediaman kita. Oleh karena itu, ruang tamu memainkan peran yang cukup penting dalam menentukan citra hunian yang kita punya. Untuk membuat “gambaran kecil” dari keseluruhan rumah kita ini terlihat baik, kita perlu menata ruang tamu rumah kita dengan tidak sembarangan.

Ada banyak pilihan gaya desain interior ruang tamu yang bisa diterapkan di rumah Anda. Gaya desain interior dengan penggemar terbanyak masih jatuh pada minimalis. Meski minimalis selalu identik dengan kesan “sederhana”, sentuhan mewah tetap bisa dihadirkan pada ruangan yang memiliki gaya satu ini. Jadi, Anda mendambakan ruang tamu yang minimalis serta mewah? Tentu bisa terwujud.

Membaurkan Sisi Minimalis dan Mewah pada Ruang Tamu

interior ruang tamu modern klasik yang mewah dan minimalis

Mengusung nilai “less is more“, desain interior minimalis memang selalu identik dengan kesederhanaan. Segala sesuatu yang sederhana dinilai memiliki sesuatu yang lebih bagi gagasan interior minimalis. Hal ini agak bertolak belakang dengan konsep mewah yang selalu berkaitan dengan segala sesuatu yang cenderung “berlebih”.

Segala sesuatu yang bersifat “mewah” sering disangkutpautkan dengan gagasan desain interior bergaya klasik. Ini karena desain interior klasik kaya akan ornamen serta elemen dekoratif yang elegan. Namun, bukan berarti sifat mewah yang identik dengan gaya klasik ini tidak bisa dibaurkan dengan gaya minimalis.

Cara Menciptakan Ruang Tamu yang Mewah dan Minimalis

Tata letak isi ruangan serta pemilihan furniture yang tepat dapat mendukung keberhasilan pembauran dua gaya interior ini. Oleh karena itu, keinginan Anda untuk memiliki ruang tamu minimalis yang mewah dapat terwujud dengan melakukan beberapa hal. Berikut adalah cara-cara terbaik untuk menciptakan area ruang tamu yang Anda inginkan tersebut.

#1 Pasang Chandelier Minimalis

interior rumah dan ruang tamu gaya klasik modern mewah minimalis

Kesan mewah dapat hadir melalui keberadaan chandelier di ruang tamu Anda. Kehadiran lampu dapat mempengaruhi tampilan ruangan. Karena kesan yang ingin Anda kedepankan bukan hanya mewah, tetapi juga minimalis, maka usahakan memilih chandelier dengan gaya minimalis.

Anda bisa memilih chanderlier dengan bentuk-bentuk sederhana, geometris, dan bahan yang terlihat ringan. Selain itu, gunakan pencahayaan yang bersifat warm white agar ruang tamu minimalis Anda terlihat mewah.

#2 Gunakan Karpet untuk Ruang Tamu yang Minimalis serta Mewah

Interior ruang tamu modern minimalis mewah

Karpet adalah dekorasi lantai yang cocok untuk menciptakan kesan mewah pada ruang tamu. Gunakan karpet polos dengan material velvet agar suasana mewah lebih terasa di ruang tamu. Pastikan karpet yang Anda pilih memiliki perpaduan yang pas dengan warna dinding dan furniture dalam ruangan.

#3 Hadirkan Sofa Kulit atau Velvet

interior ruang tamu klasik modern minimalis dan mewah

Tidak perlu terlalu besar, sesuaikan saja dengan area ruang tamu minimalis Anda. Yang terpenting dari kehadiran sofa ini adalah bahannya yang terbuat dari kulit atau velvet. Selain itu, pilih warna-warna gelap atau putih untuk sofa Anda. Sofa yang berwarna gelap memiliki kelebihan yaitu tidak mudah kotor. Adanya sofa berbahan kulit atau velvet ini amat mendukung sisi mewah yang ingin ditonjolkan pada ruang tamu minimalis Anda.

#4 Terapkan Ornamen pada Dinding untuk Kesan Mewah pada Ruang Tamu Minimalis

Untuk dinding ruang tamu minimalis Anda, gunakan hanya satu warna dan lengkapi ia dengan ornamen-ornamen geometris seperti persegi panjang. Ornamen ini dapat menghilangkan kesan flat pada dinding. Apabila ruang tamu Anda memiliki area yang terbatas, tempelkan kaca pada dinding agar ruangan terlihat lebih luas dan megah.

#5 Pakai Meja Marmer? Mengapa Tidak?

Meja cantik pun perlu hadir untuk melengkapi ruang tamu Anda. Anda dapat memilih meja dengan ukuran tidak terlalu besar. Sebagai gambaran perpaduan minimalis dan sisi mewah, Anda bisa memilih meja dengan permukaan marmer dan rangka stainless steel. Alhasil, tidak hanya tetap terlihat minimalis, ruang tamu Anda pun akan terasa lebih mewah.

#6 Tempatkan Gorden dengan Cukup Tinggi pada Ruang Tamu Minimalis dan Mewah

Menunjukkan sisi mewah pada ruangan bukan berarti Anda harus memiliki plafon yang tinggi dan jendela yang lebar. Anda bisa menunjukkan sisi mewah pada ruang tamu minimalis Anda dengan menempatkan gorden di lokasi yang cukup tinggi. Hal ini dapat memberikan tipu daya visual sehingga ruang tamu Anda terlihat lebih tinggi dari sebelumnya.

#7 Eliminasi Barang-Barang yang Kurang Penting

Keberadaan barang-barang atau elemen dekorasi yang tidak terlalu esensial membuat ruang tamu Anda akan terlihat berantakan. Kurangi berbagai elemen non esensial pada ruang tamu agar ruang tamu Anda terlihat lapang. Jangan pasang terlalu banyak koleksi Anda yang sifatnya hanya “dekorasi”. Apabila koleksi pajangan Anda cukup banyak dan Anda benar-benar ingin memamerkannya, lakukan secara bergiliran.

#8 Ganti Kap Lampu Anda

Apabila Anda memiliki standing lamp, Anda bisa menghadirkan suasana baru dalam ruang tamu dengan mengganti kap lampu Anda. Pilih kap lampu dengan bentuk geometris untuk mendukung nilai minimalis yang ingin Anda tunjukkan. Selain itu, sesuaikan juga warna kap lampu yang Anda pilih dengan nuansa warna pada ruang tamu Anda.

#9 Padukan Tekstur-Tekstur yang Ada pada Ruang Tamu

Hanya memanfaatkan satu atau dua tekstur yang sama pada seluruh bagian ruang tamu seperti sofa, bantal, gorden, dll, hanya akan membuat ruangan ini terlihat datar. Oleh karena itu, untuk menyuguhkan penampilan ruang tamu mewah dan minimalis yang dinamis, kombinasikan lebih banyak tekstur pada ruangan ini. Bantal dekoratif dengan berbagai ukuran berbeda pun dapat Anda manfaatkan untuk tampilan yang lebih dimensional.

#10 Pamerkan Karya Seni yang Berukuran Besar

Eliminasi elemen dekoratif yang tak perlu bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh memiliki dekorasi di ruang tamu minimalis Anda. Untuk mempercantik ruang tamu Anda, Anda bisa memajang karya seni berupa lukisan atau foto di dinding. Pilih karya seni berukuran besar untuk menguatkan kesan mewah pada ruang tamu.

Portfolio: Desain Ruang Keluarga Gaya Modern-Industrial – Surabaya, Jawa Timur

#11 Miliki Bunga Segar dalam Ruangan

Terakhir, untuk menambah kesegaran dalam ruangan, Anda perlu menghadirkan bunga segar pada ruang tamu Anda. Untuk menjaga bunga tetap segar, Anda bisa merawatnya dengan baik atau menggantinya secara berkala. Namun, Anda bisa menjadikan tanaman indoor sebagai alternatif. Keberadaan tanaman indoor ini sedikitnya bisa menyaring udara kotor pada ruang tamu Anda.

Itulah kesebelas cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan ruang tamu yang tidak hanya minimalis, tetapi juga mewah. Anda tidak harus mengeluarkan budget yang terlalu banyak, karena hal yang harus Anda lakukan hanya memilah-milah beberapa furniture penting serta pengaturan ulang tata letak ruangan. Dekor ulang ruang tamu dan ruang keluarga di rumah Anda sekarang dan miliki suasana baru dalam hunian.

Portfolio: Desain Ruang Keluarga – Cakung, Jakarta Timur

Jadikan Interior Ruang Keluarga Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id