5 Desain Ruang Tamu Gaya Neoklasik yang Mewah dan Modern

Posted by Dhila Fadhilah Khairunisa  •  Thursday, February 13 2020

Desain ruang tamu neoklasik adalah gaya desain yang sangat kaya akan detail. Transformasi gaya klasik dengan sentuhan gaya modern-kontemporer.

Interiordesign.id – Elegan, mewah dan romantis, gaya desain interior Neoklasik menanamkan setiap ruangan dengan formalitas gaya khas Eropa. Gaya desain interior yang pertama kali muncul di Inggris dan Perancis pada abad ke-18 ini, mengacu pada seni dan arsitektur klasik Yunani dan Romawi dengan menampilkan kolom, swag, festoon, relief klasik dan juga perabotan mewah.

Skema desain ini mampu menghadirkan kemewahan dan keanggunan pada ruangan apapun. Namun Anda harus menghindari over-decorating alias dekorasi yang berlebihan dengan berbagai elemen desain dan dekorasi karena ruangan Anda dapat dengan cepat beralih dari sesuatu dengan suasana mewah yang elegan ke ruangan yang sangat mencolok. Alih-alih mendapatkan tampilan neoklasik, Anda mungkin malah terbawa ke desain klasik.

Warna dalam gaya desain neoklasik umumnya ringan, krim, abu-abu, biru, kuning dan hijau. Hitam luster, merah, emas dan perak digunakan terutama sebagai warna tambalan. Wallpaper dengan motif bunga juga biasa dikombinasikan dengan lukisan pada bagian dinding dan langit-langit, untuk menciptakan tampilan yang epik.

Pun begitu furnitur dalam gaya desain neoklasik. Perabotan terlihat sederhana tapi simetris. Furnitur kayu gelap dengan ornamen indah, lantai batu dan marmer, karpet Persia. Kain mewah tapi tidak mencolok, menampilkan suasana dan nuansa ruang yang sulit didapatkan dari gaya desain lainnya.

Hiasan vas dan guci juga biasanya merupakan aksesoris dekoratif dalam desain neoklasik. Mereka dirancang dengan warna solid dan dihiasi dengan desain putih dalam mengulangi pola, seperti karangan bunga atau swag.

Desain ruang tamu neoklasik

Ruang tamu menjadi tempat favorit setiap orang di rumah karena memberikan kehangatan dan kegembiraan. Desain ruang tamu neoklasik harus diakui sebagai mahakarya para desainer yang sangat revolusioner. Gaya neoklasik pada ruang tamu dapat memberikan sensasi kemewahan yang biasa didapat dari gaya klasik, namun tentunya tanpa penggunaan ornamen yang mungkin berlebihan dan terlihat sangat mencolok.

Desain ruang tamu neoklasik adalah gaya desain yang sangat kaya akan detail. Namun juga menyingkirkan beberapa bagian yang mungkin dianggap berlebihan dan tidak perlu. Akhir-akhir ini bahkan banyak modifikasi gaya neoklasik ini dan mencampurkannya dengan gaya modern, kontemporer atau bahkan minimalis. Menjadikan gaya desain neoklasik-eklektik yang indah dan fungsional.

Dalam desain ruang tamu neoklasik, Anda akan menemukan perabotan yang mungkin sama seperti khas gaya klasik. Perabotan kualitas tinggi hasil bentukan, sepuhan, lekukan dan ukiran yang sempurna yang terlihat sangat mewah. Namun, jangan harap Anda akan menemukan lemari-lemari besar mewah pada ruang tamu gaya neoklasik. Keberadaan kolom ikonik, relief, dan ukiran serta lekukan pada langit-langit masih bisa ditemukan pada beberapa layer atau bagian, namun neoklasik berhasil keluar dengan tampilan yang lebih sederhana dan simpel.

Berikut adalah 5 desain ruang tamu gaya neoklasik yang mewah dan moden, yang akan memberi Anda inspirasi dan referensi bagaimana seharusnya penataan ruang tamu agar terlihat mewah, elegan, sekaligus simpel.

Desain ruang tamu neoklasik

~ via design-studio-ideas.ru

Desain ruang tamu neoklasik

Desain ruang tamu neoklasik

Desain ruang tamu neoklasik yang mewah dan elegan. ~ via Flex Mag

Desain ruang tamu neoklasik

~ via pinterest

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

designer interiordesign.id

By Dhila Fadhilah Khairunisa

Desainer interior ITENAS lulusan tahun 2012.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...