ruang tamu kecil minimalis

Ruang Tamu Mungil yang Nyaman dan Rapi, Bagaimana Mewujudkannya?

Posted by Ami Nurbaiti  •  Friday, December 20 2019

Berapapun ukuran ruang tamu di rumah Anda, ia bisa dirancang semaksimal mungkin agar nyaman, rapi serta menarik secara visual.

Interiordesign.id – Ruang tamu dengan ukuran kecil bukan berarti bahwa ruangan tersebut tidak bisa didesain agar nyaman, rapi dan menarik secara visual. Ukuran tidak pernah menjadi masalah. Berapapun ukuran ruang tamu di rumah Anda, ia bisa dirancang semaksimal mungkin agar nyaman untuk semua orang.

Banyak sekali ide dan trik dekorasi ruang tamu kecil yang bisa menjadikannya terlihat lebih luas. Bagi desainer-desainer profesional hal tersebut merupakan hal mudah untuk dilakukan. Seperti mendekorasi ruang kecil dengan menggunakan cermin, gorden, aspek pencahayaan, hingga pilihan warna.

Tetapi, perlu diingat, konsep atau gaya dekorasi tertentu tidak akan pernah berhasil untuk ruangan berukuran kecil. Konsep tradisional dan klasik misalnya. Pilihan gaya tersebut bukanlah solusi terbaik untuk ruang tamu kecil. Konsep tradisional apalagi klasik bisa terlalu berat dan banyak menggunakan elemen desain yang cukup “berat” sehingga akan membebani kapasitas ruang yang terbatas.

Intinya, ruangan apapun di dalam rumah -tidak terkecuali ruang tamu-, sebesar apapun ukurannya, ia harus bisa memenuhi kebutuhan untuk relaksasi dan juga hiburan. Sehingga mendekorasinya, mendandaninya agar nyaman dan fungsional, adalah sebuah keharusan.

Berikut beberapa cara favorit para desainer-desainer ruang tamu terbaik saat merancang ruang tamu kecil agar tetap bisa nyaman, rapi dan menarik secara visual.

Desain partisi kaca

partisi kaca untuk ruang tamu minimalis

Desainer seringkali menempatkan kaca atau cermin secara strategis di ruang yang dirasa tidak cukup luas untuk memanipulasi ruangan kecil agar terlihat lebih besar. Memasang kaca besar menjadi titik fokus dekorasi.

Trik terbaik memasang cermin besar di ruang kecil adalah dengan menempatkannya persis di belakang sumber cahaya seperti lilin atau lampu gantung. Hal ini untuk memantulkan cahaya dan menambahkan suasana yang bagus ke dalam ruangan. Tetapi, jika dirasa memungkinkan, posisikanlah cermin di seberang jendela sehingga ia bisa mencerminkan pandangan dan melahirkan ilusi jendela lain.

Partisi berbahan kaca juga dapat menjadikan ruangan terlihat lebih terang. Jadi, meski adanya sekat, ia tidak akan menghalangi salah satu ruangan dari cahaya yang berasal dari ruangan lainnya. Selain itu, kesan luas bisa tercipta dengan adanya efek bening dari partisi berbahan kaca tersebut.

Cara Terbaik Memasang Cermin di Rumah

Desain plafon cantik yang memanjakan mata

plafon ruang tamu

Jika ruang tamu memiliki langit-langit atau plafon yang cukup tinggi, dekorasilah dengan cara yang dapat menarik pandangan mata ke atas plafon. Teknik ini akan membuat ruangan terasa  lebih besar dari yang sebenarnya karena mengundang pandangan mata untuk menjelajahi seluruh ruangan.

Trik lain untuk menjadikan ruangan berukuran kecil terasa lebih besar adalah dengan menjaga agar kontras antara warna dinding dan langit-langit tidak terlalu jauh. Menurut Jennifer Ott, pemilik Jennifer Ott Interior Design, pilihan warna pada langit-langit mampu memberikan efek tertentu. Dia mengatakan: “jika Anda ingin secara visual meningkatkan tinggi langit-langit, tetaplah menggunakan warna bernuansa dingin pada langit-langit tersebut.” Katanya seperti dikutip dari Houzz.com.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Pilihan warna netral

pilihan warna cat interior rumah

Salah satu ide ruang kecil yang paling populer adalah penggunaan warna-warna netral pada bagian dinding, lantai, langit-langit dan pelapis furnitur. Palet berwarna putih atau beiges akan memperluas ruang dengan menonjolkan warna dinding. Warna lembut juga cenderung menerangi ruangan dengan memantulkan cahaya. Selain memperbesar area, palet netral memberikan kecanggihan instan dan menciptakan lingkungan yang menenangkan.

Leatrice Eisman seorang konsultan warna dan penulis buku More Alive With Colour, memberikan penjelasan mengenai warn-warna netral yang sangat baik digunakan untuk ruangan tempat bersantai. Warna ini bisa memberikan efek keamanan, kebersihan, keteraturan, serta konservatif.

Warna Cat Rumah Minimalis, Tidak Hanya Putih dan Netral Saja

Furnitur dengan penampilan yang ringan

meja kopi ruang tamu minimalis

Ketika berbelanja untuk kebutuhan dekorasi ruang tamu pertimbangkanlah berat visualnya. Konsep ini mengacu pada bobot yang dirasakan dari suatu objek berdasarkan ukuran, warna dan desain.

Pilih potongan yang memiliki tampilan yang ringan, karena yang lebih berat akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Pilihl furnitur yang berwarna lebih pucat daripada yang gelap, dan pergunakan kursi dengan desain potongan kaki sambil hindari yang berbentuk kotak.

Menggunakan meja yang memiliki kaca akan mengambil sedikit ruang visual daripada meja dengan tema kayu. Setiap furnitur yang tidak menghalangi pandangan mampu menjadikan area tampak lebih terbuka.

8 Desain Furnitur Minimalis untuk Rumah Kecil Minimalis

Sesuaikan ukuran furnitur

ruang tamu minimalis ala Jepang

Ini adalah trik dekorasi terakhir yang perlu dicatat. Saat memilih perabotan untuk ruang tamu kecil, pastikan ia tidak akan mengalahkan atau tampak lebih mendominasi ruangan. Sofa dengan lengan tipis dan punggung yang berstruktur lebih tebal dan empuk lebih baik daripada sofa dengan lengan besar dan sandaran multi-bantalan.

Jika ruang sempit, membiarkan ruangan tanpa sofa dan menggantinya dengan kursi empuk atau memilih untuk menempatkan empat kursi di sekitar meja kopi bisa melahirkan kesan ruang yang tampak lebih rapi dan teratur.

4 Model Sofa Terbaik untuk Ruang Tamu Berukuran Mungil

Itulah beberapa trik dan teknik dekorasi ruang tamu berukuran kecil agar bisa nyaman, rapi dan tetap menarik secara visual. Ingat! Tidak pernah ada ruang yang kekecilan, yang ada hanyalah kesalahan dekorasi dengan menempatkan perabotan yang tidak memerhatikan ukuran.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

She enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

... ... ...