Interior ruangan dengan dekorasi rumput sintetis

Rumput Sintetis; 5 Aplikasi Dekorasi Rumah yang Sejuk dan Asri

Posted by Ami Nurbaiti  •  Wednesday, May 29 2019

Interiordesign.id – Memiliki hunian yang asri dan sejuk selalu menjadi impian setiap orang. Biasanya, dengan menerapkan beberapa elemen desain seperti tumbuhan hijau atau bunga di taman sangatlah cocok untuk konsep rumah yang natural.

Jika anda tidak memiliki halaman, bukan berarti tidak bisa menghadirkan sebuah taman yang menarik di rumah. Dengan hadirnya berbagai produk, seperti rumput sintetis, kini mendesain taman pada hunian bisa menjadi jauh lebih mudah.

Desain interior ruang keluarga dengan konsep modern natural dan ditambah dekorasi rumput sintetis

~ via gites.fr

Meski bukan rumput asli, rumput sintetis ternyata cukup berhasil untuk ciptakan suasana lebih asri dan menyegarkan ke dalam tempat tinggal. Dan, walaupun anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk membuat sebuah taman, anda tetap bisa menghadirkan dekorasi yang segar ini ke dalam rumah.

Tertarik untuk menggunakan rumput sintetis? Intip berbagai kreasi rumput sintetis di dalam rumah berikut ini.

  1. Nuansa Sejuk di Ruang Keluarga

Rumput sintetis sendiri biasanya dijual dalam bentuk lembaran atau gulungan.

Nah, sebelum akhirnya anda memutuskan untuk membeli rumput sintetis, tentu anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang kisaran harganya.

Rata-rata harga yang ditawarkan sebuah toko mulai dari Rp 94.000 hingga Rp 489.000. Variasi harga ini tentu saja bergantung pada ukuran, tingkat ketebalan, dan kualitasnya.

desain interior ruang keluarga dengan gaya modern natural dan dekorasi rumput sintetis

~ via pinterest

Selain itu, dekorasi yang dapat diaplikasikan pada interior rumah adalah yang menyerupai rumput sintetis taman. Rumput sintetis ini lebih mengutamakan segi keindahan, dengan warna lebih cerah, serta tampilan yang dekoratif.

Bacaan terkait: Interior Ruang Keluarga; Elemen dan Unsur Desain Ruang Keluarga Impian

  1. Hamparan Karpet Hijau Kamar Anak 

Karpet rumput sintetis pun bisa menjadi dekorasi menarik untuk kamar buah hati anda. Anda bisa menjadikannya sebagai karpet lantai atau pelapis dinding.

Kini, anda tak perlu lagi khawatir anak terkena bahaya saat bermain di luar, karena kamar anak dengan lantai rumput sintetis, menjadikan mereka bisa bermain layaknya di alam bebas.

Bagi anda para orang tua penting juga untuk mengetahui bahwa rumput sintetis banyak yang mengandung karsinogen. Rumput dengan komposisi seperi ini umumnya banyak digunakan untuk lapangan futsal yang sangat potensial memicu kanker bagi seseorang. Sehingga, hindarilah jenis rumput sintetis jenis ini sebagai elemen dekoratif di dalam rumah.

Berikut ciri rumput sintetis yang harus dihindari:

  • Terbuat dari bahan daur ulang seperti plastik bekas dan potongan karet dari ban bekas.
  • Di pasaran harganya lebih murah.
  • Bila disentuh teksturnya keras, kaku, kasar, mudah hancur, warna mudah pudar, berbau tidak sedap, dan sulit dibersihkan.
Desain kamar anak dengan dekorasi rumput sintetis dan konsep modern minimalis

~ via Buzz Grass

Jangan lupa juga untuk mengombinasikan karpet dengan warna cat yang cerah seperti kuning, atau orange. Maka kamar akan terlihat lebih playful dan sejuk, serta tetap aman tentunya.

  1. Taman di Ruang Laundry

Keterbatasan lahan kerap menjadi alasan anda mengurungkan niat untuk membuat taman. Namun, dengan adanya rumput sintetis, bahkan ruang cuci pakaian atau laundry di sudut hunian bisa disulap menjadi sebuah taman kecil yang asri.

Salah satu tips untuk memilih rumput sintetis yang baik dan tahan lama adalah dengan memastikan rumput sintetis itu tidak mudah tercabut, dan perhatikanlah bagian belakangnya. Biasanya, rumput sintetis yang bagus dilengkapi anyaman pada bagian belakangnya.

Dekorasi ruang laundry dengan rumput sintetis dan konsep desain yang natural

~ via pinterest

Untuk memaksimalkan kesan asri pada ruang binatu, sempurnakan kehadiran rumput sintetis dengan menerapkan dinding batu alam serta sedikit tambahan tanaman gantung. Lebih baik lagi jika memilih rumput sintetis yang dibekali flame retardant coating untuk ketahanan terhadap air.

Artikel lainnya: Desain Ruang Binatu Minimalis; Manfaatkan Area Tersisa Jadi Ruang Cuci Fungsional

  1. Balkon Apartemen yang Asri

Jika anda tinggal di apartemen, tentu akan sulit untuk menghadirkan sebuah taman. Tetapi, anda bisa menyiasatinya dengan membuat sebuah taman kecil, misal diarea balkon.

Menutup seluruh lantai balkon dengan rumput dan menempatkan beberapa tanaman hias di sana, serta bantal-bantal kecil di sudutnya, akan mempercantik balkon apartemen anda.

Dekorasi balkon apartemen dengan rumput sintetis dan bantal cushion kecil

~ via viendoraglass.com

Pemasangan rumput sintetis dekorasi tidak membutuhkan tenaga profesional, sehingga siapapun bisa melakukannya. Ini karena dalam proses aplikasinya tidak memerlukan peralatan khusus. Hanya saja, perlu sedikit ketelitian untuk memastikannya agar tampak rapi dan indah.

Perlu diingat, pemasangan rumput sintetis dekorasi membutuhkan bidang yang datar dan padat.

Bacaan selanjutnya: Desain Balkon dengan Tanaman, Ciptakan Kesejukan dan Kesegaran di Rumah dan Apartemen Kecil

  1. Tanaman Artifisial untuk Wallpaper Dinding 

Bukan hanya di lantai, salah satu cara pengaplikasian rumput sintetis di dalam interior adalah dengan mengahdirkannya di taman dengan posisi vertikal. Ia sangat cocok sebagai backdrop atau statement wall.

Ilusi taman vertikal ini mampu menyegarkan mata bagi para penghuni yang melewati area tersebut.

Interior ruang tamu dengan konsep modern natural dan dekorasi rumput sintetis

~ via ForeverLawn

Tipsnya: Aplikasikan dinding dengan rumput sintetis hanya jika ruangan tersebut mendapat pencahayaan alami agar tanaman artifisial ini makin terlihat seperti tanaman asli dan ruangan tidak terasa sumpek.

Nah, itulah beberapa kreasi dekorasi rumah dengan rumput sintetis sebagai elemen dekoratifnya.

Penting untuk diingat, poin utama untuk ciptakan suasana asri pada ruangan dengan rumput sintetis sebagai elemen penunjangnya, anda mesti memastikan bahwa tema dekorasi secara keseluruhan, serta penggunaan furniture atau perabotannya, memiliki keselarasan dan keseimbangan secara visual.

Selamat berkreasi.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

She enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram