fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Jenis Rumput Hias Terbaik untuk Taman Rumah

Posted by Syifa Arbati Nur Alami Wednesday, April 21 2021
jenis rumput hias untuk taman

Memilih jenis rumput hias yang tidak sesuai dengan desain taman, bisa menjadikan taman terlihat kurang cantik dan kurang rapi.

Estimated reading time: 6 minutes

Interiordesign.id – Bagi sebagian besar orang, memiliki taman di rumah adalah hal yang menyenangkan. Selain bisa memercantik dan ‘menghijaukan’ rumah, ini menjadi salah satu cara menyalurkan hobi berkebun. Anda bisa menanam berbagai macam tanaman, pohon, dan juga bunga; lengkap dengan berbagai macam rumput hias di taman rumah.

Taman rumah memiliki manfaat biologis serta psikologis bagi kehidupan. Secara biologis, taman rumah berfungsi sebagai sumber oksigen. Di siang hari tanaman berfotosintesis sehingga dapat menghasilkan oksigen. Dus, dengan adanya taman di area rumah, jelas kita akan mendapatkan ekstra oksigen.

Di samping itu, taman juga bisa memperbaiki sirkulasi udara serta membantu menetralisir kondisi iklim sehingga suasana sekitar rumah menjadi lebih sejuk, dingin, dan teduh.

Taman rumah juga disebut dapat memberikan aura positif pada hunian. Riset mengatakan bahwa melihat tanaman hijau atau bunga dapat menghilangkan rasa bosan serta memberikan perasaan senang.

Nah, apabila masih ada sisa lahan di rumah, kenapa tidak manfaatkan untuk membangun sebuah taman. Namun, selain lahan, ada satu lagi hal krusial untuk dapat memiliki taman, yaitu rumput.

Secara teknis, rumput berfungsi untuk menutupi area kosong pada taman. Rumput sering dijadikan pilihan karena terlihat lebih cantik daripada menutupi area kosong dengan semen atau paving block. Terutama jenis rumpit hias.

Jenis Rumput Hias untuk Taman Rumah

Ada banyak jenis rumput hias untuk taman yang dijual di pasaran. Akan tetapi, memilih rumput untuk taman rumah ini tidak bisa dilakukan secara sembarang. Memilih jenis rumput hias yang tidak sesuai dengan desain taman, bisa menjadikan taman terlihat kurang cantik dan kurang rapi.

Nah, berikut adalah 7 jenis rumput hias terbaik untuk taman rumah.

1. Rumput Gajah

Bernama latin Pennisetum purpureum, rumput hias ini memiliki ukuran cukup besar. Karena nutrisinya yang tinggi, ini adalah salah satu jenis rumput yang kerap digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi, ayam, kambing, dan lainnya. Meski begitu, rumput gajah cocok untuk digunakan di taman rumah.

Tekstur rumput gajah memang kasar, tetapi justru ini bisa menjadi kelebihan, karena rumput ini akan kuat dari pijakan kaki manusia serta tahan lama.

Kelebihan lainnya adalah harganya yang murah, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan budget terlalu besar. Yang penting untuk diingat adalah, rumput hias gajah tumbuh sangat cepat, rajin-rajinlah memotongnya agar taman rumah tetap rapi.

rumput gajah untuk taman rumah
~ via tukangrumputtaman

2. Rumput Gajah Mini

Sesuai namanya, rumput hias gajah mini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan rumput gajah biasa. Tekstur rumput jenis ini pun lebih halus.

rumput gajah
~ via rumputkita

Rumput gajah mini juga masih dapat tumbuh meski hanya dengan pencahayaan matahari sebesar 50%, sehingga sangat cocok untuk taman rumah yang tidak memiliki akses terhadap cahaya matahari yang terlalu besar.

Untuk merawatnya, cukup memangkas satu kali dalam sebulan. Dengan daya tahan yang kuat, harga terjangkau, dan perawatan yang mudah, tidak heran rumput hias jenis ini menjadi salah satu yang difavoritkan.

3. Rumput Gajah Mini Varigata

Dibandingkan dengan kedua pendahulunya, rumput gajah mini varigata memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Dari segi tekstur dan ukuran, rumput hias ini mirip dengan rumput gajah mini. Yang membedakan adalah coraknya.

Apabila kedua rumput gajah sebelumnya tidak bercorak dan hanya memiliki satu warna (hijau), rumput gajah mini varigata memiliki corak putih yang tidak beraturan pada setiap helainya.

Dari segi perawatan, rumput hias jenis ini sama dengan rumput gajah mini. Namun, di antara semua jenis rumput gajah yang ada, rumput gajah mini varigata memiliki harga paling mahal. Harga tinggi ini diakibatkan oleh coraknya yang cukup beragam.

4. Rumput Jepang

Menjadi salah satu jenis rumput hias terfavorit. Memiliki bentuk yang kurus dan dapat tumbuh secara rapat, menjadikan rumput hias jepang terkesan rapi.

Harga rumput jepang juga tidak terlalu mahal dan perawatannya terbilang mudah. Pertumbuhannya pun relatif lambat, jadi tidak perlu sering-sering memangkasnya.

rumput jepang

Agar rumput Jepang dapat tumbuh dengan maksimal, diperlukan pemupukan urea minimal dua kali dalam sebulan, penyiraman secara rutin (dua kali sehari apabila memungkinkan), dan pencahayaan yang cukup.

Poin terakhir sangat penting, kepadatan rumput hias ini dapat menghambat sinar matahari masuk hingga ke bagian bawah, sehingga dapat membuat bagian bawah rumput sedikit menguning.

5. Rumput Peking

halaman taman rumah

Jenis rumput hias yang sempat menjadi primadona sebelum tahun 2000. Secara karakteristik terlihat mirip dengan rumput Jepang, padahal sebenarnya sangat berbeda. Helaian daun rumput peking lebih jarang dan memiliki permukaan yang jauh lebih halus dari rumput Jepang.

Kelebihan utama rumput Peking adalah daya tahannya yang kuat. Rumput hias ini dapat bertahan di segala cuaca, bahkan di cuaca dingin sekalipun. Selain itu, hasil akhir rumput peking terkesan rapi dan mewah.

Dengan segala kelebihannya tersebut, jangan kaget apabila harga rumput hias ini jauh lebih mahal dari jenis rumput lainnya.

6. Rumput Swiss

Rumput Swiss terkenal sebagai jenis rumput hias yang paling halus dengan tampilan yang paling indah. Harganya juga terbilang cukup mahal.

Jika ingin menggunakan rumput jenis ini untuktaman rumah, sebaiknya siapkan waktu lebih untuk merawatnya.

rumput swiss untuk taman rumah
~ via rumputsintetis

Agar bisa tumbuh maksimal, rumput Swiss memerlukan setidaknya 80% paparan sinar matahari. itulah sebab, rumput hias ini tidak cocok di iklim yang lembab karena akan cepat membusuk.

Untuk menjaga kualitasnya, pemangkasan harus dilakukan minimal satu bulan sekali dan pemupukan juga perlu dilakukan secara rutin.

Pupuk yang digunakan pun sebaiknya pupuk urea, sebab pupuk kandang dapat memicu rumput liar untuk tumbuh dan dapat membuat rumput Swiss mati.

7. Rumput Golf

Sesuai namanya, ini adalah jenis rumput yang biasa digunakan pada lapangan golf. Namun, rumput hias jenis ini juga ternyata bisa digunakan untuk taman rumah.

Dengan helaian yang pendek dan tumbuh secara vertikal, rumput golf akan menghasilkan tampilan yang cantik serta memberikan kesan luas pada taman. Teksturnya bergerumul dan lembut.

Dari semua jenis rumput hias yang sudah disebutkan, rumput golf merupakan rumput yang perawatannya paling rumit.

Rumput golf memerlukan asupan sinar matahari sebesar 100% dan pemangkasan minimal harus dilakukan dua kali dalam satu minggu. Rumput ini pun sebaiknya tidak sering terkena pijakan kaki.

lapangan golf
~ via alibaba

Karena hal-hal di atas, hanya sedikit orang yang menggunakan rumput golf di taman rumahnya. Apalagi mengingat harganya yang terbilang mahal. Akan tetapi, apabila tetap ingin menggunakannya, sebaiknya konsultasikan dengan ahli terlebih dahulu.

Bagaimana? Sudah menemukan jenis rumput hias terbaik untuk taman rumah?

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room
Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id