fbpx
Hello, Guest

Cara Membuat Vas Bunga Gantung Dari Botol Bekas, Mudah Ditiru

Interiordesign.id – Vas bunga gantung adalah wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh bunga atau tanaman hias yang dipasang dengan sistem penggantungan sehingga bisa digantung di langit-langit, dinding, atau tempat lainnya yang diinginkan. Ini merupakan salah satu bentuk kreatif untuk menampilkan tanaman atau bunga dalam ruangan dengan cara yang unik.

Vas bunga gantung biasanya terbuat dari berbagai bahan seperti keramik, kaca, logam, atau plastik yang didesain khusus dengan mekanisme atau bagian tertentu yang memungkinkan untuk digantung. Mereka hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan gaya, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih dekoratif dan artistik.

Penggunaan vas bunga gantung bisa menjadi alternatif menarik bagi mereka yang memiliki ruang terbatas di lantai atau ingin memberikan sentuhan visual yang menarik dengan menempatkan tanaman atau bunga di tempat yang tidak biasa.

Sumber:Pinterest

Selain terbuat dari dari material konvensional, vas bunga gantung juga dapat dibuat bahan-bahan bekas seperti botol plastik.

Vas bunga gantung dari botol bekas merupakan ide kreatif yang ramah lingkungan dan dapat memberikan sentuhan personal pada dekorasi ruangan. Ini adalah solusi inovatif untuk memberdayakan kembali bahan yang umumnya dianggap sebagai sampah menjadi sesuatu yang berguna dan estetis.

Cara Membuat Vas Bunga Gantung Dari Botol Bekas, Mudah Ditiru

Membuat vas bunga gantung dari botol bekas adalah cara yang baik untuk mendaur ulang dan menciptakan dekorasi yang unik. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menciptakan vas bunga yang indah untuk menambahkan sentuhan hijau dan keindahan di rumah Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Bahan dan Alat

Sumber:Pinterest

Untuk membuat vas bunga gantung dari botol bekas, Anda akan membutuhkan beberapa alat dan bahan yang sederhana. Berikut adalah daftar yang dibutuhkan:

  • Botol plastik bekas (misalnya, botol air mineral atau botol minuman lainnya)
  • Gunting atau pisau
  • Cat atau stiker dekoratif (opsional)
  • Tali atau benang yang kuat
  • Tanaman hias atau bunga potong

Langkah-langkah Pembuatan Vas Bunga Gantung 

Membuat vas bunga gantung dari botol bekas di rumah adalah proyek kreatif yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

1. Bersihkan Botol

Sumber:Pinterest

Membersihkan botol plastik sebelum dijadikan vas bunga gantung sangat penting untuk memastikan kesegaran bunga dan menjaga kebersihan. 

Gunakan air hangat dan sabun cuci piring untuk mencuci bagian dalam dan luar botol. Gosok bagian dalam dan luar botol dengan spon atau sikat lunak untuk membersihkan residu makanan atau minuman yang mungkin menempel.

Bilas botol secara menyeluruh dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran lainnya.

Gunakan lap bersih atau biarkan botol mengering secara alami di tempat yang terbuka agar tidak ada kelembaban yang tertinggal.

Pastikan tidak ada kotoran, bau, atau residu lain yang tersisa di dalam botol sebelum digunakan untuk menempatkan bunga atau tanaman.

Membersihkan botol dengan baik sebelum digunakan sebagai vas bunga gantung membantu memastikan bahwa bunga atau tanaman yang Anda letakkan di dalamnya akan tetap segar dan bersih. Pastikan untuk menggunakan botol yang benar-benar bersih dan steril sebelum digunakan untuk keperluan dekoratif.

2. Potong Botol

Sumber:Pinterest

Potong botol plastik sebelum membuat vas bunga gantung adalah langkah pertama dalam proyek tersebut. 

Gunakan gunting tajam, pisau, atau cutter yang memiliki ujung yang tajam dan stabil. Pastikan alat potong yang Anda gunakan aman dan bisa memotong dengan rapi.

Tentukan tinggi potongan pada botol yang akan menjadi bagian bawah vas. Gunakan penggaris atau tanda pensil untuk membuat garis panduan yang akan Anda potong.

Pastikan untuk selalu berhati-hati saat memotong botol plastik, gunakan alat potong yang tepat, dan pastikan untuk tidak melukai diri sendiri. Setelah botol dipotong, Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah selanjutnya dalam membuat vas bunga gantung dari botol bekas yang telah disiapkan.

3. Hias Botol (Opsional)

Sumber:Pinterest

Menghias botol plastik sebelum diubah menjadi vas bunga gantung bisa menjadi langkah kreatif yang akan menambah estetika dari hasil akhir. Berikut adalah beberapa ide untuk menghias vas bunga gantung dari botol bekas sebelumnya:

  • Cat Spray atau Cat Biasa: Gunakan cat semprot untuk memberikan warna keseluruhan pada botol atau gunakan kuas untuk melukisnya secara manual. Anda bisa membuat pola sederhana, garis-garis, atau bentuk abstrak.
  • Decoupage: Gunakan teknik decoupage dengan lem dan potongan kertas, kain, atau cetakan untuk menciptakan tampilan yang unik.
  • Pewarna: Jika botol terbuat dari plastik transparan, Anda bisa mencoba mewarnainya dengan pewarna atau tinta khusus untuk plastik.
  • Stiker Dekoratif: Gunakan stiker yang tersedia di toko-toko kerajinan atau buat sendiri dengan mencetak desain yang diinginkan pada kertas stiker.
  • Gelang, Manik-manik, atau Tali: Tempelkan gelang, manik-manik, atau tali pada botol untuk menambahkan tekstur atau detail dekoratif.
  • Potongan Kain atau Renda: Tempelkan potongan kain atau renda pada botol menggunakan lem yang kuat untuk menciptakan tampilan yang lebih indah dan tekstur yang menarik.
  • Stencil: Gunakan stensil untuk menciptakan pola atau gambar yang diinginkan pada botol.
  • Tape Dekoratif (Washi Tape): Gunakan washi tape dengan berbagai warna dan pola untuk memberikan sentuhan dekoratif yang sederhana namun menarik pada botol.
  • Penggayaan dengan Tambahan Material: Cobalah menambahkan tambahan material seperti potongan kertas, kain, atau bentuk-bentuk lain untuk memberikan dimensi pada botol.

Pilihan dekorasi tergantung pada gaya dan preferensi pribadi Anda. Pastikan untuk membiarkan botol kering sepenuhnya setelah dihias sebelum digunakan untuk proyek vas bunga gantung. Dengan sentuhan kreatif Anda, botol bekas dapat diubah menjadi dekorasi yang menarik dan ramah lingkungan.

4. Buat Lubang untuk Tali

Sumber:Pinterest

Menambahkan lubang untuk tali di botol plastik sebelum membuat vas bunga gantung adalah langkah penting dalam proses pembuatan.

Putar botol dan tentukan lokasi tempat Anda ingin membuat lubang. Biasanya, dua lubang ditempatkan di sisi botol, sejajar satu sama lain.

Gunakan pena atau spidol untuk menandai titik-titik tempat Anda akan membuat lubang. Pastikan titik-titik ini sejajar satu sama lain.

Letakkan botol di atas papan kayu atau permukaan yang aman untuk memotong. Ini akan melindungi permukaan di bawahnya dan memberikan stabilitas saat Anda membuat lubang.

Gunakan pengeboran dengan ukuran yang sesuai atau alat tajam untuk membuat lubang di titik-titik yang telah Anda tandai. Pastikan untuk berhati-hati dan menjaga stabilitas botol selama proses ini.

Dengan menambahkan lubang ini, Anda memungkinkan penggunaan tali atau benang untuk menggantung botol plastik sebagai vas bunga gantung. Pastikan bahwa lubang tersebut dibuat dengan presisi dan keselamatan sebagai prioritas utama.

5. Pasang Tali atau Benang

Sumber:Pinterest

Pastikan untuk memasang tali atau benang sebelum memulai proses pengolahan menjadi vas bunga gantung dari botol bekas.

Masukkan ujung tali atau benang melalui lubang yang telah dibuat. Pastikan panjang tali cukup untuk digunakan sebagai penggantung vas bunga gantung nantinya.

Untuk mengamankan tali atau benang pada botol, ikat simpul di bagian dalam botol sehingga tali atau benang tidak terlepas.

Tarik tali atau benang dengan lembut untuk memastikan bahwa pengikatan pada botol kuat dan stabil. Ini penting untuk memastikan vas bunga gantung nantinya aman saat digunakan.

Jika memungkinkan, uji beban dengan menambahkan berat ringan untuk memastikan bahwa tali atau benang mampu menahan beban yang diinginkan.

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, Anda dapat melanjutkan untuk membuat vas bunga gantung dari botol bekas sesuai dengan langkah-langkah yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan penggantung sudah terpasang dengan baik sehingga nantinya vas bunga dapat digunakan dengan aman dan stabil.

6. Isi dengan Bunga atau Tanaman

Sumber:Pinterest

Setelah Anda menyiapkan vas bunga gantung dari botol bekas dan memasang tali atau benang, langkah selanjutnya adalah mengisi vas dengan bunga atau tanaman hias. 

Jika Anda menggunakan bunga potong, potong batangnya dengan sudut miring sebelum memasukkannya ke dalam air. Untuk tanaman hias, pastikan tanahnya cukup lembab tetapi tidak terlalu basah.

Masukkan air ke dalam bagian bawah botol plastik sebagai wadah untuk bunga. Pastikan airnya cukup untuk menjaga kelembaban bunga.

Jika Anda ingin menanam tanaman hias, masukkan tanah ke dalam bagian bawah botol plastik. Pastikan tanah terkompres dengan baik agar tanaman dapat ditanam dengan stabil.

Masukkan batang bunga ke dalam air yang ada di bagian bawah botol. Pastikan batangnya menyentuh air untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

Jika Anda menanam tanaman hias, letakkan tanaman tersebut ke dalam tanah di bagian bawah botol. Tekan tanah secara lembut untuk memastikan tanaman tersebut berada dalam posisi yang stabil.

Setelah mengisi vas dengan bunga atau tanaman, letakkan vas di tempat yang mendapatkan cahaya yang cukup sesuai kebutuhan tanaman.

Pastikan untuk merawat dan menyiram bunga atau tanaman sesuai kebutuhan mereka untuk menjaga keindahan dan kesehatan.

Penutup

Dalam pembahasan diatas telah dipaparkan langkah-langkah cara membuat vas bunga gantung dari botol bekas dengan mudah.

Vas bunga dari bahan bekas merupakan ide kreatif yang ramah lingkungan dan dapat memberikan sentuhan personal pada dekorasi ruangan dengan memberdayakan kembali bahan yang umumnya dianggap sebagai sampah menjadi sesuatu yang berguna dan estetis.

Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menciptakan vas bunga yang indah untuk menambahkan sentuhan hijau dan keindahan di rumah Anda.

Jika mengikuti tahapan dengan benar, Anda dapat menciptakan vas bunga gantung dari botol bekas. Ini bukan hanya cara yang ramah lingkungan untuk menggunakan kembali bahan bekas, tetapi juga memberikan sentuhan dekoratif yang unik pada ruangan Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
ruang tamu minimalis type 36
Thursday, April 15 2021
Posted by Syifa Arbati Nur Alami

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id