fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

15 Inspirasi Wallpaper Dinding Kamar yang Unik dan Menarik

Posted by Dhila F Khairunisa Friday, July 9 2021

Wallpaper dinding kamar berikut ini memiliki beragam inspirasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan suasana kamar yang ingin Anda ciptakan.

Estimated reading time: 9 minutes

Tidak ada yang dapat memberi warna pada kamar tidur sebaik wallpaper. Sayangnya, tidak semua orang beranggapan bahwa wallpaper adalah elemen dekorasi kamar terbaik. Ini dikarenakan asumsi yang beredar bahwa wallpaper memiliki harga yang mahal serta pemasangannya harus dilakukan oleh mereka yang ahli. Rupanya hal itu hanyalah asumsi belaka.

Di masa sekarang, wallpaper hadir dengan berbagai gaya dalam rentang biaya yang cukup beragam. Ada yang memiliki harga tinggi, ada pula yang punya harga terjangkau. Selain itu, kini, beberapa wallpaper memiliki fitur yang memungkinkan pengguna memasangnya sendiri tanpa bantuan ahli. Contoh wallpaper yang bersifat do-it-yourself ini adalah wallpaper “kupas-tempel” yang cocok untuk kamar sewaan. Wallpaper ini mudah untuk dipasang dan dilepas.

Anda tengah memerlukan inspirasi segar untuk wallpaper dinding kamar Anda? Berikut beberapa ide dekorasi wallpaper favorit yang cocok untuk kamar Anda.

#1 Wallpaper yang Menambahkan Kedalaman Visual

wallpaper dinding kamar karya LABL Studio
by LABL Studio via the Spruce

Saat Anda tinggal di ruangan yang sangat kecil seperti apartemen atau kamar kos, Anda perlu memaksimalkan luas dari area tersebut. Solusi yang bisa Anda lakukan pada kamar mungil Anda adalah dengan menambahkan kedalaman visual ruangan tersebut melalui kehadiran wallpaper seperti ini. Wallpaper dari LABSstudio ini merupakan wallpaper kupas-tempel yang mudah untuk dipasang dan dilepas. Hiasan dinding ini bisa Anda tempel di salah satu sudut kamar sebagai aksen.

#2 Menghadirkan Mural Melalui Wallpaper

wallpaper dinding kamar karya eleven 11 design
by Eleven 11 Design via the Spruce

Kamar yang dekorasinya terinspirasi oleh gaya bohemian ini merupakan karya dari Eleven 11 Design di Dallas, Texas. Wallpaper tempel mural bergambar bunga ini memberi warna pada dinding kamar yang berwarna hitam. Memasangkan motif botani dengan warna gelap dapat menciptakan kesan rock ‘n’ roll pada ruangan.

#3 Pola Sisik Ikan sebagai Wallpaper Dinding Kamar? Mengapa Tidak?

wallpaper dinding kamar karya black lacquer design
by Black Lacquer Design via the Spruce

Ruang tidur satu ini merupakan karya dari Black Lacquer Design, sebuah firma interior di Los Angeles, California. Kamar menawan ini memiliki dekorasi wallpaper berpola sisik ikan dengan nuansa warna peach serta biru yang menawan.

#4 Kehadiran Wallpaper Bertekstur di Kamar

wallpaper dinding kamar karya laura umansky interior
by Laura Umansky Interior Design via the Spruce

Untuk menambahkan karakter pada kamar tidur, Anda bisa menghadirkan wallpaper bertekstur. Inspirasi kamar tidur dengan wallpaper bertekstur ini datang dari Laura Umansky Interior Design yang berasal dari Houston, Texas. Ruang tidur ini memiliki gaya minimalis dengan kehadiran wallpaper bertekstur di dalamnya. Warna yang digunakan di dalam kamar ini adalah abu-abu kebiruan yang dapat memberikan kesan menenangkan pada ruangan. Selain itu, wallpaper ini juga memiliki permukaan tekstur halus dan lembut.

#5 Menghidupkan Kesan Hollywood yang Glamor

by Homepolish Tiny Rich via the Spruce

Wallpaper daun pisang satu ini mencitrakan kemewahan ala Hollywood. Dekorasi dinding ini berada di salah satu apartemen di New York City. Interiornya didesain oleh Homepolish Tiny Rich. Penggunaan wallpaper ini bertujuan selain untuk membangun kesan mewah juga untuk menciptakan harmoni yang baik dalam kamar berukuran kecil ini.

#6 Wallpaper untuk Menutupi Dinding yang Berbentuk Tak Lazim

wallpaper dinding kamar karya cwb architects
by CWB Architects via the Spruce

Apabila Anda memiliki kamar tidur dengan bentuk dinding yang tidak lazim, Anda bisa menutupinya dengan memilih wallpaper bergaya satu ini. Interior kamar tidur yang merupakan karya dari CWB Architects asal New York ini ditempeli wallpaper dari Cole and Son. Pola wallpaper ini disebut sebagai “Woods” dan sebagian besar bertugas untuk melapisi dinding serta langit-langit yang miring.

#7 Cantiknya Wallpaper Kamar dengan Motif Shibori

wallpaper dinding kamar karya amber interiors
by Amber Interiors via the Spruce

Kamar tidur cantik satu ini merupakan karya dari Amber Interiors yang berbasis di Los Angeles, California. Area istirahat ini diperuntukan bagi anak-anak berusia praremaja. Meski begitu, wallpaper merah muda yang terinspirasi dari teknik tie dye Shibori ini tidak terlihat kekanak-kanakan. Justru dekorasi dinding satu ini memberikan latar belakang yang cantik untuk tempat tidur berkonsep warna-warni dengan karpet kain yang semarak. Shibori yang semula hanya terkenal di dunia fashion justru kini merambah ke dunia interior.

#8 Tampilkan Kesan Personal pada Wallpaper Kamar

wallpaper dinding kamar karya abaca interiors
by Abaca Interiors via the Spruce

Apabila Anda adalah seorang pribadi yang mencintai warna-warna, Anda bisa menambah kesan personal ini pada wallpaper kamar Anda. Hal ini dikarenakan kamar tidur adalah tempat yang sempurna untuk Anda mengekspresikan kecintaan Anda akan sesuatu. Meski begitu, hal ini tidaklah perlu berlebihan.

Kesan personal pada kamar ditampilkan oleh ruangan dengan interior karya Abaca Interiors asal New York satu ini. Penghuni merupakan penyuka warna-warni, sehingga wallpaper yang dipasang memiliki pola tersebut untuk memeriahkan kamar yang sebagian besar berwarna putih.

#9 Buat Langit-Langit Kamar Anda Lain dari Biasanya

by House of Jade Interiors via the Spruce

Kamar tidur anak-anak satu ini merupakan karya dari House of Jade Interiors, Utah. Mereka berhasil mendekorasi langit-langit kamar lain dari biasanya dengan menghadirkan wallpaper di sana. Pola wallpaper bernama Ocean Flight ini merupakan buatan Willow Lane Textiles. Terdapat beragam pola menggemaskan lainnya yang juga dijual oleh produsen wallpaper satu ini.

#10 Wallpaper dengan Motif Kayu yang Bisa Anda Coba

by Autumn Clemons via the Spruce

Sisi maskulin serta atmosfer pedesaan dihadirkan di dalam kamar ini tanpa menggunakan kayu asli. Kamar ini didekorasi oleh Autumn Clemons, desainer interior yang berbasis di Utah. Langit-langit kamar ini dilapisi oleh wallpaper berbahan vinyl yang diproduksi oleh Sure Strip, dengan pola kayu palsu.

#11 Pola Tak Biasa pada Wallpaper Kamar

by Aimee Wilder via the Spruce

Wallpaper kamar satu ini memiliki pola tak biasa berupa tupai bergaya retro karya Aimee Wilder, seorang desainer grafis. Hiasan dinding ini ada pada kamar tidur bergaya vintage karya James Wagman Architect. Pola yang ada pada wallpaper diselaraskan dengan furniture yang ada di ruangan ini.

#12 Kamar Bergaya Rustic dengan Wallpaper Zig-Zag

by Locati Architects via the Spruce

Anda yang menginginkan kamar bergaya rustic bisa melihat inspirasi desain yang disuguhkan langsung oleh Locati Architects asal Bozeman, Montana, berikut ini. Kamar ini menunjukkan perpaduan pola dan tekstur kayu dan terinspirasi dari hunian di pedesaan. Keindahan kamar ini didukung oleh kehadiran wallpaper bermotif zig-zag dengan warna coklat dan sawo matang.

#13 Menghadirkan Wallpaper Corak ke dalam Kamar

by Metropole Architects via the Spruce

Menghadirkan fitur kayu ke dalam kamar sebagai dekorasi memerlukan biaya lebih. Meski begitu, daya tahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Apabila Anda mengalami kendala biaya, wallpaper dengan tampilan kayu asli dapat menjadi solusi. Selain harganya lebih murah, wallpaper ini pun menampilan motif kayu yang terlihat seperti aslinya. Kamar tidur ini didesain oleh Metropole Architects.

#14 Ingin Kamar Bergaya Hippie? Wallpaper Kupu-Kupu Ini Jawabannya!

by French and French Interiors via the Spruce

Keindahan wallpaper dapat secara instan mengubah kamar yang “berantakan” menjadi surga yang “dipersonalisasi”. Contohnya adalah kamar tidur bergaya hippie yang dirancang oleh French and French Interiors satu ini. Wallpaper kupu-kupu yang dipasang ini selaras dengan tempat tidur serta aksesoris dekoratif yang berwarna-warni.

#15 Kamar yang Nyaman, Seolah Ada dalam Fase Kepompong

by Studio Bonbon via the Spruce

Kamar tidur anak dengan bentuk tak biasa ini merupakan karya dari Studio Bonbon asal Inggris. Area istirahat ini terlihat seperti “kepompong” yang nyaman untuk anak beristirahat. Meski areanya cenderung sempit, wallpaper karya Cole and Son dengan nama Woods & Stars ini berhasil memberikan kesan yang menenangkan.

Itulah kelima belas inspirasi wallpaper dinding kamar yang bisa Anda pilih. Masing-masing wallpaper memiliki keunikannya masing-masing. Pastikan wallpaper yang Anda pilih amat menggambarkan diri Anda atau sesuai dengan suasana kamar yang ingin Anda ciptakan. Selamat berkreasi!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id