fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

10 Desain Ventilasi Udara Demi Kesehatan dan Kenyamanan Rumah

Posted by Kumala Devanty Tuesday, February 7 2023
Ventilasi pada rumah

InteriorDesign.ID – Ventilasi adalah proses pengaturan aliran udara masuk dan keluar dari sebuah ruangan atau bangunan. Ventilasi udara bertujuan untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan agar tetap sehat dan nyaman untuk dihuni.

Ventilasi yang baik sangat penting untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan dan membantu menjaga kesehatan para penghuninya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara-cara menjaga ventilasi yang baik agar ruangan yang Anda huni menjadi lebih sehat dan nyaman.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga ventilasi yang baik, di antaranya:

  1. Membuka jendela atau pintu secara teratur untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruangan dan mengeluarkan udara yang kotor atau kurang segar.
  1. Menggunakan exhaust fan untuk mengeluarkan udara kotor atau kurang segar dari ruangan, biasanya terpasang di kamar mandi atau dapur.
  1. Menggunakan air cooler atau air conditioning untuk menjaga suhu udara dalam ruangan. Agar tetap sejuk dan nyaman, serta menyaring debu dan kotoran yang terdapat di dalam udara.
  1. Menggunakan penyaring udara untuk menyaring debu, kotoran, dan polusi udara. Agar udara yang masuk ke dalam ruangan lebih bersih dan sehat.

8 Desain Ventilasi Udara Demi Menjaga Kesehatan dan Kenyamanan

Berikut ini adalah 8 desain ventilasi udara yang dapat diterapkan untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan:

1. Ventilasi Natural

Sumber: pinterest

Ventilasi natural merupakan cara yang paling sederhana dan murah untuk menjaga ventilasi udara. Dengan membuka jendela atau pintu secara teratur untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruangan dan mengeluarkan udara yang kotor atau kurang segar.

2. Ventilasi Mekanik

Menggunakan alat-alat mekanik seperti exhaust fan atau air conditioning untuk membantu menjaga kualitas udara dalam ruangan.

3. Ventilasi Hybrid

Menggabungkan cara natural dan mekanik, dengan membuka jendela atau pintu secara teratur serta menggunakan alat-alat mekanik seperti exhaust fan atau air conditioning.

4. Ventilasi Cross-Ventilation

Menggunakan dua atau lebih jendela yang terletak di sisi yang berlawanan. Untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruangan dan mengeluarkan udara yang kotor atau kurang segar.

5. Ventilasi Stack Effect

Menggunakan jendela atau pintu yang terletak di bagian atas ruangan untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruangan dan mengeluarkan udara yang kotor atau kurang segar melalui jendela atau pintu yang terletak di bagian bawah ruangan.

6. Ventilasi Windcatcher

Menggunakan alat yang terletak di atap bangunan yang bertujuan untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruangan dan mengeluarkan udara yang kotor atau kurang segar melalui alat yang terletak di atap bangunan.

7. Ventilasi Geothermal

Menggunakan sistem yang terletak di bawah tanah untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruangan dan mengeluarkan udara yang kotor atau kurang segar melalui sistem yang terletak di bawah tanah.

8. Ventilasi Pasif

Menggunakan arsitektur bangunan yang dirancang khusus untuk menjaga ventilasi udara, seperti penggunaan atap yang terbuka atau pemasangan jendela yang besar di seluruh sisi bangunan.

9. Ventilasi Solar Chimney

Menggunakan sistem yang terletak di atap bangunan yang bertujuan untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruangan dengan menggunakan panas matahari.

10. Ventilasi Mekanik Kontrol 

Ventilasi ini menggunakan sebuah sistem dengan alat-alat mekanik seperti exhaust fan, air conditioning, atau penyaring udara untuk membantu menjaga kualitas udara dalam ruangan. Sistem ini biasanya terpasang pada sebuah bangunan atau ruangan yang memiliki kebutuhan ventilasi yang lebih tinggi, seperti ruangan kantor, rumah sakit, atau gedung perkantoran.

Sistem ventilasi mekanik kontrol dapat diatur secara otomatis menggunakan kontrol elektronik atau dapat juga diatur secara manual menggunakan switch atau remote control. Dengan menggunakan sistem ventilasi mekanik kontrol, kualitas udara dalam ruangan dapat dijaga secara lebih efektif dan nyaman.

Setiap desain ventilasi udara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah desain yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan yang akan Anda ventilasikan. 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id