fbpx
Hello, Guest

20 Desain Rumah Atap Limas Modern, Hommy, Dan Unik Trend 2023

rumah atap limas

InteriorDesign.id – Desain atap piramid identik dengan rumah persegi yang memiliki ruang luas di dalamnya. Sehingga ada mitos beranggapan bahwa atap piramid sulit menutupi rumah yang memiliki ruang banyak. Mitos tersebut salah, justru atap piramid bisa disesuaikan ke beberapa jenis desain.

Rumah mewah, mansion, villa, atau rumah sederhana tetap pantas jika menggunakan atap piramid. Pemasangan rangka atap dan material yang tepat malah bisa membuat ruang di tengah atap segitiga yang luas. 

Tipe atap limas bentuknya mengerucut ke atas yang umumnya memiliki 4 sisi, namun beberapa kasus ada yang memiliki 5-6 sisi. Jenis atap piramida terlihat seperti tiga dimensi, yang merupakan jenis atap pinggul dengan sisi segitiga yang bertemu di puncak yang mengerucut. Atap piramid mampu menahan dan melindungi bangunan dari angin kencang, karena memiliki lereng yang curam.

Baca Juga : Atap Limas: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Wajib Kamu Ketahui Tentang Material Atap Dan Mengenal Tentang Model Atap Rumah

Kekurangan dan Kelebihan Atap Piramida

  1. Tahan lama karena atap piramid mampu bertahan ditengah angin kencang dan mampu menahan arus hujan dengan kuat. 
  2. Menambah ruang loteng yang cukup luas, meski ukurannya tidak sama dengan lantai bawah.
  3. Dengan kemiringan yang curam, air hujan tidak mungkin mampet pada bagian atas rumah.
  4. Atap piramid memiliki empat sisi atap limas, mudah untuk menambahkan sistem talang.
  5. Atap piramida secara desain dan konstruksi lebih padat untuk dibangun dan, oleh karena itu harganya lebih mahal.
  6. Memerlukan pengait yang banyak karena bagian atap bertumpuk satu sama lain. Semakin banyak lapisan yang dimiliki atap, semakin besar kemungkinan kebocoran.
  7. Sudutnya cenderung ‘nanggung’ dan menyisakan area yang tidak bisa dipakai secara maksimal karena atap piramida memiliki kemiringan yang curam sehingga memotong ruang lantai atas. Ukurannya lebih sempit daripada yang ada di bawahnya.

Inspirasi Desain Rumah Atap Limas

Interior Design telah merangkum berbagai referensi atap limas dari Indonesia hingga ke inspirasi bangunan dari luar negri. Desain rumah atap limas tidak ada habisnya dan terus berkembang dari zaman ke zaman, menyesuaikan desain dan material, ukuran lahan, hingga desainnya yang modern. 

  1. Desain Rumah Atap Limas: Gazebo

Paviliun atau gazebo merupakan tempat persinggahan yang baik untuk barbeque atau sekedar bersantai dengan kerabat. Pemandangan taman yang indah serta suasana rumah yang sejuk menjadikan waktu bersantai begitu bermakna. 

Desain gazebo dengan atap limas juga tak kalah menarik. Dengan keunggulan yang tahan angin, atap limas gazebo akan awet dalam kurun waktu yang lama dan kokoh. 

Source: Pinterest Oak Carpentry Lancs UK

2. Rumah Villa dan Penginapan

Karakteristik atap gazebo yang kokoh memacu villa membangun rumah penginapan untuk membangun atap limas. Hasilnya, villa menjadi lebih hommy karena tahan terpaan angin dan hujan. Siapapun yang ada di dalamnya akan merasa lebih tenang. Atap limas cocok untuk villa tropis tepi pantai seperti iklim di Indonesia.

3. Desain Rumah Atap Limas: Minimalis Modern

Desain rumah atap limas terkesan megah dan ‘berat’ pada bagian atas, seolah tak bisa diterapkan pada rumah yang tidak terlalu luas. Sebenarnya di dunia konstruksi apapun ada siasatnya, termasuk menerapkan atap limas pada rumah yang tidak terlalu besar.

Tentukan derajat kemiringan atap limas dan sesuaikan dengan ukuran bangunan, maka atap limas bisa menutupi bagian rumah Anda dengan sempurna. Meski tak terlihat menonjol namun bisa melindungi rumah dari panas, hujan dan angin kencang. Desainnya tetap modern dan menjadikan hunian semakin hommy.

Source: Pinterest My Move

4. Rumah Mewah dan Mansion

Hunian mewah dan mansion memang memiliki keuntungan untuk merencanakan pembangunan. Lahannya yang luas, membuat arsitek dan pemilik rumah bebas bereksplorasi untuk menentukan jenis atap rumah. 

Desain rumah atap limas yang diaplikasikan pada mansion akan seirama dengan kemegahan bangunan utama. Tak perlu perawatan yang merepotkan, atap piramid akan terus kokoh dalam waktu yang lama melindungi rumah Anda. 

Simpulan

Inspirasi desain rumah atap limas membuktikan bahwa segala jenis rumah baik modern atau klasik, dengan material atap kayu, asbes, atau tile sekalipun mampu diaplikasikan dengan baik. Ruang atap piramid yang luas bisa Anda manfaatkan dengan maksimal meski ukurannya bisa berbeda dengan lantai yang ada dibawahnya.

Baca Juga : Desain Paviliun, Hunian Mungil yang Fungsional dan Menyenangkan

Membangun atap limas yang rumit membutuhkan keahlian karena sambungan dan lapisannya harus dibuat teliti agar tahan lama dan bisa digunakan secara sustainable. Tentukan desain atap rumah Anda hari ini dan konsultasikan desain atap limas yang tepat agar segala lapisannya teraplikasikan dengan baik. Hubungi interiordesign.id sekarang.

Baca selanjutnya

Thursday, September 7 2023
Posted by Nikho Asruri

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id