fbpx
Hello, Guest

6 Alasan Mengapa Harus Memilih Alas Lantai Kayu

Posted by Dhila F Khairunisa Thursday, April 6 2023

Interiordesign.id – Alas lantai kayu adalah bahan yang diletakkan di atas lantai beton atau permukaan datar lainnya sebelum dipasang lantai kayu. 

Fungsi dari alas lantai kayu adalah untuk mengurangi kelembaban dan memperkuat dasar lantai sebelum dipasang lantai kayu.

Alas lantai kayu biasanya terbuat dari bahan berpori seperti masonite atau OSB (Oriented Strand Board). Bahan-bahan ini memungkinkan sirkulasi udara di bawah lantai kayu dan membantu mengurangi kelembaban yang dapat merusak lantai kayu.

Selain itu, alas lantai kayu juga membantu meratakan permukaan lantai sehingga lantai kayu dapat dipasang dengan rata dan stabil. 

Alas lantai kayu harus dipasang dengan rapi dan rapat sehingga tidak ada ruang kosong di antara alas lantai dan lantai kayu.

Dengan menggunakan alas lantai kayu yang tepat, lantai kayu akan terlihat lebih cantik dan tahan lama karena terlindungi dari kelembaban dan deformasi.

Alas lantai kayu menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin memberikan sentuhan estetika pada rumah mereka. 

Berikut adalah 6 alasan mengapa memilih alas lantai kayu.

6 Alasan Harus Memilih Alas Lantai Kayu

#1 Tampilan estetis 

alas lantai kayu
Pinterest

Tampilan estetis adalah salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih alas lantai kayu. Kayu memberikan sentuhan alami dan hangat pada rumah Anda, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. 

Selain itu, kayu memiliki pola dan warna yang bervariasi, yang dapat disesuaikan dengan gaya dekorasi rumah Anda.

Salah satu keuntungan dari alas lantai kayu adalah kemampuannya untuk menghadirkan tampilan yang klasik, elegan, dan alami pada rumah Anda. 

Kayu memberikan kesan yang berbeda dengan jenis lantai lainnya, seperti keramik atau marmer yang terkesan dingin dan formal. Dengan memilih kayu, Anda dapat menciptakan tampilan yang unik dan personal pada rumah Anda.

#2 Tahan lama 

alas lantai kayu

Alas lantai kayu dikenal sebagai jenis lantai yang tahan lama dan dapat bertahan selama bertahun-tahun jika dirawat dengan baik. 

Kayu keras seperti oak, maple, dan cherry merupakan jenis kayu yang sangat tahan lama dan tahan terhadap goresan dan kerusakan.

Selain itu, kayu juga memiliki kekuatan dan daya tahan yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis aktivitas di dalam rumah Anda. 

alas lantai kayu

Misalnya, Anda dapat memilih kayu yang lebih kuat dan tahan terhadap goresan jika rumah Anda seringkali memiliki pengunjung atau aktivitas yang padat. 

Atau Anda bisa memilih jenis kayu yang lebih halus jika rumah Anda lebih jarang digunakan.

Kebanyakan produsen alas lantai kayu juga menawarkan garansi pada produk mereka, yang menunjukkan kepercayaan mereka pada kualitas dan daya tahan produk. 

Garansi tersebut dapat mencakup perbaikan atau penggantian bahan jika terjadi kerusakan atau cacat pada produk.

#3 Mudah dibersihkan 

alas lantai kayu

Alas lantai kayu juga mudah dibersihkan, yang merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang memilih jenis lantai ini untuk rumah mereka. 

Kayu biasanya tidak menyerap debu dan kotoran dengan mudah, sehingga menjadikannya mudah dibersihkan dengan sapu atau vakum.

Jika terdapat noda atau kotoran yang menempel pada lantai kayu, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air. 

Namun, pastikan untuk mengeringkan kayu setelah membersihkannya agar tidak menyebabkan kerusakan atau pengembangan pada kayu.

alas lantai kayu

Penting juga untuk menghindari penggunaan produk pembersih yang keras atau beracun pada lantai kayu. 

Penggunaan produk yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada kayu, mengurangi umur pakai, atau bahkan membahayakan kesehatan Anda dan keluarga Anda.

#4 Bebas alergi 

alas lantai kayu

Alas lantai kayu juga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi orang yang memiliki alergi. Sebagai bahan alami, kayu memiliki keuntungan karena tidak menumpuk debu dan alergen yang dapat memicu alergi.

Jenis lantai lain seperti karpet, dapat menjadi tempat berkembangnya jamur, bakteri dan debu. Hal ini dapat memicu reaksi alergi pada orang yang sensitif atau memiliki riwayat alergi.

Namun, perlu diingat bahwa kebersihan tetap merupakan faktor penting dalam mengurangi risiko alergi pada rumah. 

Meskipun alas lantai kayu sendiri bebas alergi, jika rumah tidak dijaga kebersihannya, debu dan alergen lain masih dapat menumpuk pada lantai dan menyebabkan reaksi alergi.

#5 Memiliki kehangatan 

alas lantai kayu

Salah satu alasan lain mengapa banyak orang memilih alas lantai kayu adalah karena kayu memberikan kehangatan alami pada rumah. 

Kayu adalah bahan yang mampu menyimpan dan menghantarkan panas, sehingga memberikan rasa hangat pada ruangan.

Dibandingkan dengan jenis lantai lain seperti keramik atau marmer, alas lantai kayu lebih nyaman di bawah kaki karena tidak terlalu dingin saat cuaca dingin. 

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk daerah yang memiliki iklim dingin atau di mana Anda ingin menciptakan suasana hangat di dalam rumah.

Keuntungan lain dari kehangatan yang ditawarkan oleh alas lantai kayu adalah efisiensi energi. 

Saat suhu di dalam rumah lebih hangat, maka penggunaan pemanas dapat dikurangi, sehingga menghemat energi dan mengurangi biaya tagihan listrik.

#6 Fleksibel 

Kelebihan lain dari alas lantai kayu adalah fleksibilitasnya dalam desain interior. Kayu adalah bahan yang dapat dikombinasikan dengan berbagai desain dan gaya, mulai dari gaya tradisional hingga modern. 

Dengan berbagai warna, tekstur, dan pola kayu yang tersedia, Anda dapat memilih desain dan warna yang sesuai dengan selera dan gaya dekorasi rumah Anda.

Selain itu, alas lantai kayu juga mudah dipasang dan diubah. 

Jika Anda ingin mengganti atau mengubah tampilan lantai di masa depan, Anda dapat dengan mudah mengganti atau menambahkan lapisan kayu baru atau memodifikasi desain yang sudah ada. 

Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lantai lain yang sulit diubah atau diganti.

Selain itu, alas lantai kayu juga dapat diaplikasikan pada berbagai ruangan di dalam rumah, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, hingga dapur. 

Jenis kayu yang berbeda dapat digunakan untuk setiap ruangan, menambah variasi dan keunikan di dalam rumah.

Penutup

Itulah 7 alasan mengapa memilih alas lantai kayu. Selain tampilan estetis yang indah, alas lantai kayu juga tahan lama, mudah dibersihkan, dan menambah nilai properti rumah Anda. 

Dengan fleksibilitas dan kehangatan yang dimilikinya, kayu merupakan pilihan yang bagus untuk dijadikan alas lantai di rumah Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id