fbpx
Hello, Guest

Cara Memasang dan Merawat Stiker Lantai Keramik Yang Benar

Posted by Iqbal Mujahid Thursday, April 6 2023

Interiordesign.id – Stiker lantai keramik adalah produk yang sedang populer belakangan ini karena dapat memberikan tampilan yang baru dan segar pada lantai rumah atau kantor Anda tanpa harus melakukan renovasi atau penggantian lantai yang mahal dan rumit. 

Produk ini terbuat dari bahan vinyl berkualitas tinggi yang dicetak dengan gambar keramik atau batu alam yang menyerupai aslinya. 

Desain dan warna stiker lantai keramik juga sangat bervariasi sehingga Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan gaya dan tema ruangan Anda.

Salah satu keuntungan dari stiker lantai keramik adalah pemasangannya yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu membersihkan lantai dengan baik dan memastikan bahwa permukaannya kering dan bebas dari debu atau kotoran sebelum memasang stiker. 

Setelah itu, Anda bisa langsung menempelkan stiker ke lantai dengan rapi dan tanpa perlu menggunakan alat atau peralatan khusus. 

Selain itu, jika suatu saat Anda ingin mengganti atau menghapus stiker, Anda juga bisa melakukannya dengan mudah tanpa merusak lantai asli.

Cara Memasang Stiker Lantai Keramik

Memasang stiker lantai keramik bisa menjadi alternatif untuk menghias rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun, perlu diperhatikan bahwa memasang stiker lantai keramik juga memerlukan beberapa keterampilan dan persiapan yang tepat. Berikut adalah cara memasang stiker lantai keramik:

#1 Persiapkan permukaan lantai 

Pinterest

Pastikan permukaan lantai yang akan ditempel dengan stiker sudah bersih dan rata. 

Usahakan tidak ada debu, kotoran, atau bekas lem yang menempel di permukaan lantai. Jika ada noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, gunakan produk pembersih yang sesuai.

#2 Ukur dan rencanakan pemasangan 

Pinterest

Sebelum memasang stiker lantai keramik, ukur terlebih dahulu ukuran lantai yang akan ditempel. Buatlah sketsa atau rencana pemasangan agar stiker dapat dipasang dengan rapi dan seimbang.

#3 Potong stiker sesuai ukuran 

Pinterest

Setelah mengetahui ukuran lantai yang akan ditempel, potong stiker sesuai ukuran yang dibutuhkan. Gunakan gunting atau cutter yang tajam agar hasil potongannya rapi dan sesuai dengan ukuran.

#4 Bersihkan stiker 

Pinterest

Sebelum menempelkan stiker pada lantai, bersihkan stiker dengan kain lembut dan cairan pembersih agar permukaannya bersih dan lembab.

#5 Tempel stiker pada lantai 

Stiker Lantai Keramik
Pinterest

Mulailah menempelkan stiker pada bagian tengah lantai dan tekan perlahan ke sisi lantai. Pastikan stiker ditempel secara merata dan tidak terjadi gelembung udara di bawahnya.

#6 ratakan dan potong sisi sticker 

Stiker Lantai Keramik
Pinterest

Setelah menempelkan stiker di tengah lantai, ratakan stiker dengan cara menekannya dari tengah ke sisi lantai. Jika ada sisi stiker yang masih terlalu panjang, gunakan cutter atau gunting untuk memotongnya agar sesuai dengan ukuran lantai.

#7 Peratakan keseluruhan

Stiker Lantai Keramik
Pinterest

Pastikan seluruh stiker telah ditempel dengan rapi dan tidak ada gelembung udara di bawahnya. Tekan stiker secara merata agar menempel dengan baik pada lantai.

Cara Merawat Stiker Lantai Keramik

Stiker lantai keramik adalah pilihan yang bagus untuk memperindah lantai Anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk menambahkan lantai keramik asli. 

Namun, untuk mempertahankan tampilan yang baru dan awet, perawatan yang tepat diperlukan. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat stiker lantai keramik.

#1 Bersihkan secara teratur 

Membersihkan stiker lantai keramik secara teratur adalah kunci untuk menjaga tampilannya tetap segar. 

Gunakan sapu atau vakum untuk membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk. Setelah itu, lap dengan kain lembab untuk membersihkan permukaan.

#2 Hindari air berlebihan 

Stiker Lantai Keramik

Terlalu banyak air dapat merusak stiker lantai keramik. Pastikan Anda hanya menggunakan sedikit air saat membersihkan permukaannya dan segera keringkan setelah selesai. Jangan biarkan air menggenang di atas permukaan stiker lantai keramik.

#3 Lindungi dari sinar matahari 

langsung Paparan sinar matahari langsung dapat memudar dan merusak stiker lantai keramik. Letakkan alas atau gorden pada jendela untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung.

#4 Jaga agar tidak terkena goresan 

Stiker Lantai Keramik

Stiker lantai keramik dapat tergores oleh benda tajam seperti kursi atau meja. 

Pastikan Anda menggunakan alas kursi dan meja yang empuk atau karet di bawahnya untuk melindungi stiker lantai keramik dari goresan.

Dengan merawat stiker lantai keramik dengan benar, Anda dapat mempertahankan tampilannya yang baru dan memperpanjang umur pakainya. Jangan lupa untuk membersihkan secara teratur, hindari penggunaan pembersih yang keras, hindari air berlebihan, lindungi dari sinar matahari langsung, dan jaga agar tidak terkena goresan.

Kekurangan Stiker Lantai Keramik

Stiker lantai keramik telah menjadi alternatif populer bagi mereka yang ingin mengubah tampilan lantai mereka tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk memasang keramik baru. 

Namun, seperti halnya produk lainnya, stiker lantai keramik memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Pertama-tama, stiker lantai keramik tidak sekuat keramik asli. Mereka mungkin mudah terkelupas atau rusak akibat penggunaan yang intensif, terutama di area yang sering dilewati atau terkena air. 

Karena itu, stiker lantai keramik lebih cocok digunakan di area yang kurang sering digunakan atau tidak terkena air, seperti kamar tidur atau ruang tamu.

Kedua, stiker lantai keramik dapat menjadi licin dan tidak aman untuk digunakan di area yang sering basah, seperti kamar mandi atau dapur. 

Meskipun ada beberapa stiker yang dirancang khusus untuk area basah, namun stiker tersebut seringkali lebih mahal dan sulit ditemukan.

Ketiga, stiker lantai keramik sulit untuk dipasang dengan rapi. Mereka seringkali memiliki pola atau desain yang rumit, sehingga sulit untuk dipasang secara tepat dan rapi. 

Selain itu, jika ada debu atau kotoran yang menempel pada lantai sebelum dipasang, stiker tersebut mungkin tidak akan melekat dengan baik dan mudah terkelupas.

Keempat, meskipun stiker lantai keramik lebih murah daripada memasang keramik asli, mereka masih memerlukan biaya yang tidak kecil. 

Anda perlu membeli cukup banyak stiker untuk menutupi seluruh lantai ruangan, dan biaya penggantian stiker yang rusak atau terkelupas juga bisa bertambah.

Terakhir, stiker lantai keramik tidak bisa bertahan selamanya. Mereka mungkin perlu diganti setiap beberapa tahun, terutama jika digunakan secara intensif atau terkena air secara teratur.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa penggunaan stiker lantai keramik memiliki banyak keuntungan, terutama dalam hal estetika dan keamanan. 

Dengan stiker lantai keramik, kita dapat mengubah penampilan lantai yang membosankan menjadi lebih menarik dan dapat memperindah ruangan.

Namun, sebelum menggunakan stiker lantai keramik, penting untuk memilih stiker yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan ruangan. 

Jangan lupa untuk membersihkan dan mempersiapkan permukaan lantai sebelum memasang stiker, dan pastikan untuk mengikuti instruksi pemasangan dengan benar agar stiker dapat menempel dengan kuat dan awet.

Dalam penggunaannya, kita juga harus merawat stiker lantai keramik dengan baik agar tetap terlihat bagus dan tidak mudah rusak. 

Dalam hal ini, perlu diingat bahwa stiker lantai keramik bukan pengganti keramik atau ubin, dan sebaiknya tidak digunakan di area yang sering terkena air atau bahan kimia yang keras.

Secara keseluruhan, penggunaan stiker lantai keramik dapat menjadi alternatif yang lebih ekonomis dan mudah dalam mengubah penampilan lantai dan memberikan keamanan tambahan bagi pengguna ruangan. 

Namun, perlu diingat untuk memilih dan merawat stiker dengan baik, serta tidak menggantikan fungsi utama dari keramik atau ubin lantai.

Namun, jika Anda masih bingung dalam pemasangan stiker lantai keramik pada ruangan di rumah. Anda dapat berkonsultasi pada interiordesign.id untuk mengatasi masalah interior rumah Anda. tunggu apa lagi, segera hubungi kami disini! 

Baca selanjutnya

Rekomendasi Model Keramik Lantai
Wednesday, December 21 2022
Posted by Audrey Alodia
lantai keramik inspirasi
Wednesday, December 21 2022
Posted by Fauzi Rahman

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Desain Ruang Utama dengan Lantai Marmer
Friday, November 25 2022
Posted by Emier Abdul Fiqih

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id