fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

6 Tips Membuat Desain Interior Rumah Berdasarkan Kepribadian Anda

Posted by Michaela Christine Monday, May 24 2021
area ruang tengah modern klasik

Kepribadian yang Anda miliki dapat tercitrakan dengan baik pada desain interior yang diterapkan di rumah Anda. Hal ini amat berguna untuk menciptakan keterikatan tak kasat mata antara Anda dengan kediaman Anda.

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 mengharuskan kita untuk lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah. Akibatnya, banyak di antara kita yang merasa bosan dengan keadaan dan suasana dalam hunian. Oleh karena itu, renovasi atau dekorasi ulang ruangan dapat menjadi alternatif kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan suasana nyaman serta energi yang positif. Alhasil, rasa bosan pergi dan Anda bisa merasa lebih betah di dalam rumah.

Rumah bukanlah sekadar sebuah bangunan untuk dihuni. Ia juga merupakan tempat di mana kita bisa lebih mengenal dan menjadi diri sendiri. Desain interior rumah yang bersifat lebih personal dan disesuaikan dengan kepribadian pemiliknya bisa menciptakan ikatan tak terlihat antara si rumah dan sang pemilik. Hal ini pun bisa menjadi sesuatu yang memiliki keunikan tersendiri.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin melakukan desain atau dekorasi ulang rumah Anda sesuai dengan kepribadian yang Anda miliki.

#1 Mulai dengan Bertanya pada Diri Anda Sendiri untuk Mengenal Jauh Kepribadian Anda

kamar kost minimalis sesuai kepribadian

Saat Anda berniat untuk menyesuaikan desain rumah Anda dengan kepribadian yang Anda miliki, Anda harus memulainya dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana. Pertanyaan sederhana ini harus bisa Anda jawab sendiri. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaannya:

  • Apa yang paling Anda hargai dalam hidup Anda?
  • Apa yang membuat Anda merasa gembira, ceria, dan terinspirasi?
  • Hal, tempat, atau aktivitas apa yang membuat Anda merasa paling rileks dan nyaman?

Setelah Anda menjawab semua pertanyaan di atas, Anda dapat beralih ke tahapan selanjutnya.

#2 Tentukan Gaya Desain yang Anda Inginkan

desain interior ruang tengah modern klasik sesuai kepribadian

Saat Anda melakukan dekorasi ulang rumah, pastikan Anda menerapkan penggantian gaya desain. Masing-masing gagasan desain interior memiliki ekspresi yang berbeda-beda. Oleh karenanya, Anda harus memilih desain interior yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Apabila Anda adalah seseorang dengan kepribadian yang cukup tertutup, praktis, dan perfeksionis, Anda bisa memilih gaya desain minimalis. Hal ini dikarenakan desain interior minimalis sangat menjaga efektivitas penggunaan perabot dan memiliki kesan simple.

Sedangkan jika Anda adalah seseorang yang cukup terbuka, mencintai lingkungan, dan memiliki jiwa sosial tinggi, Anda bisa mencoba menerapkan desain yang bergaya skandinavia. Hal ini dikarenakan gaya skandinavia menampilkan kehangatan dalam desainnya.

Untuk Anda yang punya kepribadian tegas, jujur, dan apa adanya, gaya industrial dapat dipilih untuk diterapkan di rumah. Kesan unfinished dan maskulin dari desain interior ini amat mencerminkan karakter yang Anda miliki tersebut. Sedangkan Anda yang kreatif bisa menerapkan interior bergaya eklektik agar kreativitas Anda dapat terakomodir.

Karena tentu kepribadian yang Anda miliki tidak hanya ada satu, Anda bisa membaurkan lebih dari satu gaya desain interior dalam sebuah ruangan. Perpaduan dua gaya atau lebih dalam hunian adalah sesuatu yang sangat memungkinkan.

#3 Ciptakan Ruang yang Amat Menggambarkan Kepribadian Anda

desain ruang tengah modern sesuai kepribadian

Saat ini, banyak orang memiliki kebiasaan dan hobi yang baru. Oleh karena itu, dalam rumah, diperlukan adanya ruang tentu yang difokuskan untuk membantu penghuni lebih merasakan dirinya secara utuh.

Contohnya, seseorang dengan kepribadian tertutup akan lebih membutuhkan ruang personal yang lebih besar. Maka ruangan yang lebih tertutup dan tenang dapat dihadirkan di dalam rumah, contohnya di dalam ruang kerja atau ruang belajar. Suasana tertutup dan tenang pada ruangan dapat diciptakan dengan memanfaatkan pembatas ruangan yang didukung oleh papan akustik.

Sebaliknya, jika Anda adalah seseorang yang cenderung terbuka, tentu Anda akan lebih memilih ruang belajar atau bekerja yang lebih terbuka dengan tingkat interaksi yang tinggi. Anda dapat menggunakan meja panjang sebagai fasilitas belajar atau bekerja untuk lebih dari satu orang. Selain itu, terapkan juga paduan warna cerah serta area kerja yang lebih bervariasi. Variasi ini dapat ditunjukkan dengan kehadiran bean bag atau daybed yang menghadap ke area luar rumah.

#4 Perhatikan Tingkat Kebutuhan serta Nilai Fungsi Furniture yang Ditambahkan

ruang tengah minimalis modern

Saat Anda akan mengganti atau menambah perabot, pastikan Anda telah memahami tingkat kebutuhan serta nilai fungsinya. Gunakan perabotan yang bersifat customizable untuk dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan kepribadian Anda.

Apabila Anda adalah seseorang yang terbuka, dinamis, dan aktif, pilih perabot yang memiliki lebih banyak detail. Sering kali perabot ini bersifat lebih ekspresif, punya warna yang kuat, terlihat lebih kreatif, serta menggabungkan berbagai macam gaya.

Sedangkan jika Anda adalah seseorang yang cenderung tertutup, stabil, dan tergorganisir, pilih perabot dengan gaya yang lebih simple. Biasanya, furniture sederhana ini punya waarna yang kuat serta bentuk geometris yang mencitrakan kesan tegas.

#5 Pilih Warna yang Menjadi Identitas Kepribadian Anda

desain kamar anak perempuan industrial

Anda perlu memahami bahwa setiap warna memiliki makna, efek, serta penggambaran karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah warna yang sesuai dengan kepribadian Anda sebagai pengguna. Sesuaikan juga dengan sifat serta tujuan penggunaan ruangan tersebut.

Contohnya, pada kamar anak, Anda disarankan untuk menggunakan variasi warna terang yang mungkin menjadi warna favorit anak. Sedangkan pada ruang bersama, kebanyakan orang yang berkepribadian tertutup cenderung untuk memilih warna monkrom yang dingin. Warna ini pun dipadukan dengan bentuk geometris dan tegas.

Lain lagi dengan seseorang yang memiliki kepribadian terbuka. Biasanya, orang ini akan memilih perpaduan warna hangat atau cerah pada ruangan. Hal ini dikarenakan warna cerah terkesan lebih mengundang, cerita, serta ekspresif. Penggunaan warna yang cukup kontras juga bukan merupakan hal yang mustahil. Contohnya adalah biru dan oranye, merah dan hijau, kuning dan ungu, dll. Paduan bentuk yang lebih organik dan dinamis pun hadir di ruangan ini.

#6 Tambahkan Dekorasi yang Lebih Personal dan Sesuai dengan Kepribadian Anda

kamar industrial

Dekorasi rupanya memainkan peran penting dalam hal penciptaan karakter serta penguat cerminan diri pada desain interior rumah. Setiap anggota keluarga tentu punya hobi, koleksi, minat, serta karakter masing-masing. Oleh karena itu, salah satu cara sederhana untuk menghadirkan personalisasi dalam rumah adalah dengan memasukkan berbagai detail yang memiliki makna khusus bagi para penghuninya.

Contohnya, anggota keluarga yang bersifat lebih terorganisir dan terbuka dapat memajang foto yang memiliki memori tersendiri dan menyusunnya di lemari display. Begitu juga dengan anggota keluarga lain yang suka mengoleksi barang tertentu, dapat menjadikan koleksinya sebagai identitas diri melalui dekorasi ruang.

Contoh lainnya datang dari tahapan pemilihan warna. Anda yang memiliki kepribadian yang cenderung misterius dapat memilih dekorasi kamar dengan tema warna hitam. Sedangkan untuk Anda dengan kepribadian ceria, mudah bergaul, fleksibel, serta punya rasa empati, bisa memanfaatkan bantal sofa warna-warni sebagai dekorasi kamar yang cocok dengan karakter Anda. Anda yang berkepribadian lebih detail dapat menambahkan dekorasi bergaya klasik untuk memberikan kesan mewah.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan renovasi serta merancang ulang desain rumah Anda. Jadikan rumah Anda sebagi tempat yang membuat Anda mengenal diri Anda lebih dalam. Hal ini akan menjadikan hunian Anda gambaran sempurna dari kepribadian yang Anda miliki.


MICHAELA CHRISTINE
Mahasiswi Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra, Surabaya. An art enthusiast! Have a great passion on interior design and product design, love to bringing a unique and vibrant perspective, and aesthetic to design.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id