fbpx
Hello, Guest

7 Ide Desain Atap Rumah Datar Serta Kelebihan dan Kekurangannya

7 Ide Desain Atap Rumah Datar Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Interiordesign.idDesain atap rumah datar menjadi pilihan populer di kalangan banyak pemilik rumah. Selain memberikan tampilan modern, atap datar juga memberikan keleluasaan untuk eksperimen desain yang kreatif. 

Atap rumah datar merupakan suatu konsep arsitektur yang menonjolkan bentuk atap yang datar dan horizontal, berbeda dari atap dengan kemiringan pada umumnya. 

Desain ini seringkali diaplikasikan pada bangunan dengan gaya modern atau kontemporer.

Selain itu, Atap datar memungkinkan pemanfaatan ruang secara lebih efisien di bagian atas bangunan. Area ini dapat dijadikan taman atap, teras, atau bahkan sebagai tempat untuk panel surya.

Bentuk datar memungkinkan penempatan jendela atau elemen transparan yang lebih luas, memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan.

Tidak sampai di situ, atap datar dapat mendukung penerapan teknologi energi terbarukan, seperti panel surya, karena permukaan datarnya memudahkan penempatan dan penangkapan energi matahari.

 

Melalui penjelasan diatas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan atap rumah datar? Namun, sebelum Anda memutuskan desain rumah datar untuk rumah impian Anda, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangannya. 

Berikut adalah 7 ide desain atap rumah datar beserta pertimbangan kelebihan dan kekurangannya:

 

7 Ide Desain Atap Rumah Datar Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Berikut adalah 7 desain atap datar yang bisa jadi referensi untuk arsitektur rumah Anda.

  1. Atap dengan Taman Atap

Pinterest

 

Desain atap rumah datar dengan taman atap menjadi salah satu ide desain yang semakin populer di kalangan pemilik rumah modern. Konsep ini menggabungkan fungsi atap sebagai pelindung bangunan dengan elemen estetika dan ekologi dari taman yang ditanam di atasnya. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang atap datar dengan taman atap:

Konsep Taman Atap:

Atap datar dengan taman atap melibatkan penanaman berbagai jenis vegetasi dan tanaman di atas permukaan atap rumah. Taman atap ini dapat berupa padang rumput, tanaman hias, bahkan kebun mini yang terdiri dari berbagai jenis bunga dan tanaman perdu.

Kelebihan Atap Datar dengan Taman:

  • Estetika yang Menawan: Taman atap menambahkan unsur estetika yang menawan pada bangunan. Rumah menjadi lebih hijau dan menyatu dengan alam.

  • Peningkatan Kesejukan: Tanaman yang tumbuh di atap dapat memberikan efek penyejuk udara, membantu mengurangi panas yang diserap oleh atap bangunan.

  • Manfaat Ekologis: Taman atap berkontribusi pada penyerapan karbon dioksida dan produksi oksigen, memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar.

  • Isolasi Termal: Vegetasi di atap dapat berperan sebagai lapisan tambahan isolasi termal, membantu mengatur suhu di dalam rumah.

Sistem Drainase yang Efektif:

  • Perencanaan Drainase: Untuk mencegah genangan air, perlu perencanaan sistem drainase yang efektif. Ini melibatkan penggunaan lapisan anti-bocor dan saluran pembuangan yang baik.

Perawatan Rutin:

  • Pemeliharaan Vegetasi: Tanaman di taman atap memerlukan perawatan rutin seperti penyiraman, pemangkasan, dan pemupukan.

  • Pemeriksaan Sistem Drainase: Sistem drainase perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan tidak ada sumbatan atau masalah lainnya.

Pertimbangan Struktural:

  • Penguatan Struktur: Pada umumnya, atap datar dengan taman atap memerlukan perencanaan struktural yang memadai untuk menopang beban tambahan dari tanaman dan tanah.

Investasi yang Bernilai Jangka Panjang:

  • Nilai Properti: Taman atap dapat meningkatkan nilai properti karena memberikan keunikan dan nilai ekologi pada bangunan.

  • Efisiensi Energi: Dengan memberikan lapisan tambahan pada atap, taman atap dapat membantu meningkatkan efisiensi energi bangunan.

Atap datar dengan taman atap adalah pilihan desain yang tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga memberikan manfaat ekologis dan energi. Sebelum menerapkan konsep ini, pastikan untuk bekerja sama dengan profesional dalam bidang desain arsitektur dan pertanian untuk memastikan keberhasilan implementasinya.

 

  1. Atap Datar dengan Teras Atap

Pinterest

Atap datar dengan teras atap adalah desain yang memadukan keindahan ruang outdoor dengan fungsi perlindungan atap. Konsep desain atap rumah datar ini semakin diminati karena memberikan kemungkinan untuk memiliki area terbuka yang nyaman di atap rumah. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai atap datar dengan teras atap:

Fungsi Teras Atap:

Teras atap adalah area outdoor yang dibangun di atas atap rumah. Fungsinya bervariasi, mulai dari tempat bersantai, berkumpul bersama keluarga, hingga tempat untuk mengadakan kegiatan sosial kecil.

Kelebihan Atap Datar dengan Teras:

  • Ruangan Ekstra: Membuat penggunaan optimal dari ruang yang biasanya tidak terpakai, sehingga rumah memiliki area ekstra untuk aktivitas outdoor.

  • Pemandangan Luar Biasa: Menyediakan pemandangan yang indah dari ketinggian, tergantung pada lokasi rumah Anda.

  • Desain Modern: Memberikan sentuhan modern dan gaya arsitektur yang inovatif pada rumah.

Desain Teras yang Kreatif:

  • Penyekatan Angin: Desain teras dapat mencakup elemen penyekatan angin, seperti dinding transparan atau pagar, untuk menjaga kenyamanan saat berada di luar ruangan.

  • Pencahayaan: Pemilihan pencahayaan yang tepat akan memberikan atmosfer yang hangat dan nyaman pada malam hari.

Pemilihan Material yang Tahan Cuaca:

  • Material Lantai: Pilih material lantai yang tahan terhadap cuaca ekstrem dan memiliki daya tahan yang baik terhadap sinar UV.

  • Pagar dan Penutup: Material yang tahan karat dan tahan cuaca seperti baja atau aluminium umumnya lebih cocok untuk pagar dan penutup teras.

 

Pemeliharaan Teratur:

  • Pembersihan Teratur: Teras atap memerlukan pemeliharaan teratur, termasuk pembersihan dari daun, debu, dan kotoran lainnya.

  • Pengecatan: Jika teras menggunakan material yang memerlukan pengecatan, pastikan untuk melakukan pemeliharaan cat secara berkala.

Keamanan dan Privasi:

  • Pertimbangkan Privasi: Desain teras harus memperhitungkan tingkat privasi yang diinginkan. Pemilihan tanaman atau elemen penyekat dapat membantu menciptakan privasi.

  • Tangga Aman: Jika terdapat tangga menuju teras, pastikan konstruksinya aman dan sesuai dengan regulasi keamanan.

Atap datar dengan teras atap adalah pilihan desain yang memungkinkan Anda merasakan keuntungan ruang terbuka sambil tetap dilindungi dari elemen cuaca. Sebelum menerapkan desain ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional arsitektur untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan teras atap Anda.

  1. Atap Datar dengan Kaca Transparan

Pinterest

Desain atap rumah datar dengan kaca transparan adalah konsep desain yang memadukan keindahan estetika modern dengan pencahayaan alami yang optimal di dalam rumah. Penggunaan kaca transparan pada atap memberikan kesan terbuka dan memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai atap datar dengan kaca transparan:

Fungsi Kaca Transparan:

Kaca transparan pada atap datar berfungsi sebagai elemen arsitektur yang memungkinkan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Ini menciptakan atmosfer yang terang, alami, dan terhubung dengan lingkungan sekitar.

Kelebihan Atap Datar dengan Kaca Transparan:

  • Pencahayaan Alami: Memberikan pencahayaan alami yang optimal di dalam ruangan, mengurangi ketergantungan pada sumber cahaya buatan.

  • Tampilan Estetis Modern: Menambahkan elemen modern dan mewah pada desain rumah.

  • Perasaan Luas: Memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terbuka.

Jenis Kaca yang Digunakan:

  • Low-E Glass: Kaca ini dapat mengontrol radiasi panas dan menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap nyaman.

  • Kaca Laminated: Memberikan keamanan ekstra karena pecahnya kaca akan tetap terjaga oleh lapisan laminasi.

Perhatian terhadap Suhu dalam Ruangan:

  • Pertimbangkan Kondisi Iklim: Dalam iklim panas, pertimbangkan penerapan teknologi canggih yang dapat membantu mengatur suhu di dalam ruangan.

  • Pilihan Penghalang Panas: Gunakan penghalang panas atau blinds untuk mengontrol masuknya sinar matahari langsung pada saat yang diperlukan.

Desain Struktural yang Kokoh:

  • Struktur yang Mendukung: Desain struktural harus mampu menopang beban kaca dan menjaga keamanan konstruksi.

  • Ventilasi: Pertimbangkan ventilasi tambahan untuk mencegah penumpukan panas di bawah kaca transparan.

Privasi dan Pengaturan Cahaya:

  • Pengaturan Privasi: Pertimbangkan pengaturan privasi seperti kaca berpola atau teknologi yang dapat mengubah kejernihan kaca.

  • Sistem Pengaturan Cahaya: Gunakan sistem otomatis atau blinds yang dapat diatur untuk mengontrol intensitas cahaya yang masuk.

Pemeliharaan dan Pembersihan:

  • Perawatan Rutin: Kaca transparan memerlukan perawatan rutin untuk menjaga kebersihan dan kejernihannya.

  • Pemantauan Tanda Penuaan: Pemantauan secara berkala untuk memastikan kaca tetap dalam kondisi baik tanpa kerusakan atau retak.

Investasi pada Isolasi Termal:

  • Isolasi yang Efisien: Memastikan bahwa atap datar dengan kaca transparan dilengkapi dengan isolasi termal yang baik untuk mengurangi transfer panas.

Atap datar dengan kaca transparan menciptakan ruang yang terang, modern, dan terhubung dengan elemen alam di sekitarnya. Sebelum menerapkan desain ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli arsitektur dan kontraktor untuk memastikan keselamatan, efisiensi energi, dan keindahan desainnya.

 

  1. Atap Datar dengan Material Ramah Lingkungan

Pinterest

Atap datar dengan material ramah lingkungan menjadi pilihan desain yang semakin diapresiasi di era keberlanjutan saat ini. 

Konsep ini mengintegrasikan bahan-bahan yang memiliki dampak lingkungan lebih rendah, seringkali melibatkan penggunaan material daur ulang atau yang dapat didaur ulang. 

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai desain atap rumah datar dengan material ramah lingkungan:

Pilihan Material Ramah Lingkungan:

Penggunaan material seperti kayu daur ulang, baja daur ulang, atau bahan-bahan lain yang dapat didaur ulang adalah ciri khas dari atap datar dengan pendekatan ramah lingkungan.

Kelebihan Atap Datar dengan Material Ramah Lingkungan:

  • Pengurangan Dampak Lingkungan: Mengurangi jejak karbon dan dampak negatif terhadap lingkungan, membantu menjaga keberlanjutan lingkungan.

  • Pemanfaatan Material Sisa: Memanfaatkan material daur ulang atau sisa produksi untuk mengurangi limbah dan merangsang ekonomi daur ulang.

  • Tampilan yang Bersahabat dengan Alam: Memberikan kesan alami dan bersahabat dengan alam, cocok untuk rumah yang berfokus pada keberlanjutan.

Material yang Biasa Digunakan:

  • Kayu Daur Ulang: Penggunaan kayu bekas atau kayu daur ulang membantu mengurangi penebangan pohon baru.

  • Baja Daur Ulang: Baja yang didaur ulang dari limbah industri mengurangi kebutuhan akan produksi baja baru.

  • Material Atap Ramah Lingkungan: Memilih material atap seperti metal atau genteng ramah lingkungan yang dapat didaur ulang.

Pemilihan Material Berdasarkan Lokasi dan Iklim:

  • Adaptasi terhadap Iklim: Memilih material yang dapat beradaptasi dengan iklim lokal untuk mengurangi konsumsi energi pada proses produksi dan transportasi.

  • Tahan Lama dan Mudah Daur Ulang: Memilih material yang tahan lama dan dapat didaur ulang dengan mudah setelah masa pakainya habis.

Sertifikasi dan Akreditasi:

  • Mencari Label Lingkungan: Memilih material yang memiliki sertifikasi lingkungan seperti Sertifikasi Kayu FSC untuk memastikan bahwa bahan baku berasal dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan.

  • Akreditasi Ramah Lingkungan: Menggunakan material yang telah diakreditasi oleh lembaga-lembaga terkait dengan fokus pada keberlanjutan.

 

Pemeliharaan yang Ramah Lingkungan:

  • Pemeliharaan Minimalis: Desain atap datar yang memerlukan pemeliharaan minimal dapat membantu mengurangi penggunaan sumber daya.

Atap datar dengan material ramah lingkungan tidak hanya memberikan dampak positif terhadap lingkungan, tetapi juga menciptakan rumah yang lebih berkelanjutan dan sejalan dengan nilai-nilai keberlanjutan. Sebelum menerapkan konsep ini, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional untuk memastikan pemilihan material dan desain yang tepat.

  1. Atap Datar dengan Desain Minimalis

Pinterest

Desain atap rumah datar dengan desain minimalis adalah pilihan estetika yang sangat diminati karena memberikan tampilan yang bersih, sederhana, dan modern pada sebuah rumah. Konsep ini menonjolkan prinsip “kurang lebih” dengan fokus pada fungsi dan bentuk yang simpel. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai atap datar dengan desain minimalis:

Kesederhanaan Bentuk:

Desain minimalis pada atap datar menekankan kesederhanaan bentuk tanpa ornamen yang berlebihan. Garis-garis lurus dan bentuk geometris sederhana mendominasi desain ini.

Kelebihan Atap Datar dengan Desain Minimalis:

  • Tampilan Bersih dan Teratur: Desain minimalis memberikan tampilan bersih dan teratur, menciptakan ruang yang tenang dan nyaman.

  • Penekanan Fungsi: Fokus pada fungsi dan kepraktisan, menjadikan setiap elemen memiliki tujuan yang jelas.

  • Estetika Modern: Menciptakan estetika modern yang sesuai dengan tren arsitektur kontemporer.

Penggunaan Warna Netral:

  • Warna Monokromatik: Pilihan warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam mendominasi desain minimalis, menciptakan nuansa yang tenang dan elegan.

  • Kontras Tertentu: Pemilihan satu atau dua warna kontras dapat digunakan untuk menonjolkan detail tertentu.

Material Berkualitas dan Tahan Lama:

  • Material Modern: Penggunaan material modern seperti baja, beton, dan kaca memberikan kesan futuristik dan tahan lama.

  • Pemeliharaan Minimal: Memilih material yang memerlukan pemeliharaan minimal agar sesuai dengan prinsip desain minimalis.

Jendela Besar dan Pencahayaan Alami:

  • Jendela Luas: Desain atap datar minimalis seringkali mencakup jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami.

  • Transparansi: Menggunakan kaca atau bahan transparan untuk membiarkan cahaya masuk dan menciptakan keterbukaan visual.

Fokus pada Fungsionalitas:

  • Furniture Multi-Fungsi: Pemilihan furnitur yang memiliki fungsi ganda atau multifungsi untuk mengoptimalkan ruang.

  • Penyimpanan Tersembunyi: Desain minimalis sering memanfaatkan penyimpanan tersembunyi untuk menjaga tampilan tetap rapi.

Desain Eksterior dan Interior yang Konsisten:

  • Kesesuaian Desain: Desain atap datar minimalis biasanya diintegrasikan dengan desain interior, menciptakan konsistensi estetika dari dalam hingga luar rumah.

  • Pemilihan Material yang Seragam: Material yang digunakan pada atap dan elemen eksterior lainnya sebaiknya seragam untuk menciptakan kesan yang konsisten.

Atap datar dengan desain minimalis adalah pilihan yang cocok untuk mereka yang menghargai keindahan dalam kesederhanaan. Sebelum menerapkan desain ini, penting untuk memastikan keselarasan dengan gaya hidup dan preferensi pribadi Anda.

 

  1. Atap Datar dengan Desain Multi-level

Pinterest

Atap datar dengan desain multi-level adalah konsep yang menggabungkan dimensi dan karakteristik unik pada struktur atap. 

Desain atap rumah datar dengan multi-level menciptakan lapisan-lapisan atau tingkatan yang memberikan tampilan yang dinamis dan menarik pada rumah. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai atap datar dengan desain multi-level:

Tingkatan yang Berbeda:

Desain multi-level pada atap datar melibatkan pembentukan tingkatan atau lapisan yang memberikan dimensi tambahan pada struktur atap. Ini bisa berupa tangga, tingkatan atap, atau bahkan struktur yang menonjol ke arah vertikal.

Kelebihan Atap Datar dengan Desain Multi-level:

  • Dimensi yang Dinamis: Memberikan dimensi visual yang dinamis dan menarik pada eksterior rumah.

  • Karakteristik Unik: Menciptakan karakteristik yang unik dan membedakan rumah dari desain atap datar konvensional.

  • Penggunaan Ruang Lebih Efisien: Memungkinkan pemanfaatan ruang secara lebih efisien di lapisan-lapisan yang berbeda.

Pemilihan Material yang Beragam:

  • Kontrast Material: Penggunaan material yang berbeda pada setiap tingkatan dapat menciptakan kontrast dan menonjolkan setiap lapisan secara visual.

  • Kombinasi Bahan Modern dan Alami: Pemaduan antara material modern dan alami dapat menambah daya tarik estetika.

Integrasi dengan Desain Interior:

  • Penciptaan Ruang Khusus: Setiap tingkatan dapat diintegrasikan dengan desain interior, menciptakan ruang yang khusus dan berbeda fungsi.

  • Keselarasan Desain: Pastikan bahwa desain interior dan eksterior bersinergi dan menciptakan keselarasan yang menyatu.

Pertimbangan Struktural yang Matang:

  • Kekuatan Struktur: Desain multi-level memerlukan pertimbangan struktural yang matang untuk memastikan kekuatan dan kestabilan bangunan.

  • Konsultasi dengan Profesional: Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli struktural atau arsitek untuk merancang desain yang aman dan fungsional.

Pemanfaatan Pencahayaan Alami:

  • Pengaturan Pencahayaan: Desain multi-level dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah.

  • Penggunaan Jendela Besar: Penggunaan jendela besar di setiap tingkatan untuk membiarkan cahaya matahari masuk dengan optimal.

 

Atap datar dengan desain multi-level adalah pilihan yang memberikan kesan unik dan menarik pada rumah. Sebelum menerapkan desain ini, penting untuk mempertimbangkan faktor struktural dan konsultasi dengan profesional untuk memastikan keamanan dan keberlanjutan desain.

 

  1. Atap Datar dengan Teras Berbahan Kayu

Pinterest 

 

Atap datar dengan teras berbahan kayu adalah pilihan desain yang memadukan kehangatan alami kayu dengan keindahan ruang terbuka. Konsep ini menciptakan atmosfer yang nyaman dan bersahaja, menonjolkan keelokan serat kayu dan memberikan sentuhan alami pada eksterior rumah. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai atap datar dengan teras berbahan kayu:

Keindahan Alami Kayu:

  • Tampilan Hangat: Penggunaan kayu memberikan tampilan yang hangat dan alami pada atap dan teras.

  • Tekstur Unik: Serat dan tekstur kayu menambahkan unsur keunikan pada desain, menciptakan tampilan yang bersahaja.

Keterbukaan Ruang:

  • Ruang Outdoor yang Nyaman: Teras berbahan kayu menciptakan ruang outdoor yang nyaman dan dapat dijadikan tempat bersantai.

  • Keterbukaan Visual: Desain atap datar dengan teras kayu memungkinkan keterbukaan visual yang menyatu dengan lingkungan sekitar.

Kombinasi Material yang Harmonis:

  • Kombinasi dengan Bahan Lain: Kayu dapat dikombinasikan dengan material lain seperti baja atau kaca untuk menciptakan kontras dan harmoni.

  • Pertimbangkan Faktor Iklim: Pemilihan bahan harus mempertimbangkan faktor iklim untuk memastikan keberlanjutan dan daya tahan terhadap cuaca ekstrem.

Perawatan Kayu yang Tepat:

  • Perawatan Rutin: Kayu memerlukan perawatan rutin seperti lapisan pelindung atau pewarnaan untuk menjaga daya tahan terhadap cuaca.

  • Pemantauan Terhadap Hama: Pemantauan terhadap serangan hama seperti rayap penting untuk memastikan keawetan kayu.

Desain Teras yang Fungsional:

  • Furniture yang Cocok: Pemilihan furniture outdoor yang sesuai dengan konsep kayu dapat meningkatkan kenyamanan dan estetika.

  • Ruang Makan atau Ruang Santai: Desain teras dapat dipilih berdasarkan fungsinya, apakah sebagai ruang makan, santai, atau keduanya.

Integrasi dengan Lanskap:

  • Pengaturan Tanaman: Tanaman hijau atau pot tanaman dapat ditempatkan di sekitar teras untuk menciptakan integrasi yang alami dengan lanskap.

  • Pertimbangkan Faktor Tumbuh: Pastikan bahwa teras tidak menghambat pertumbuhan pohon atau tanaman di sekitarnya.

Faktor Keamanan:

  • Konstruksi yang Aman: Memastikan bahwa konstruksi teras dan atap yang menggunakan kayu telah mempertimbangkan faktor keamanan dan struktural.

  • Pertimbangan untuk Kode Bangunan: Pastikan desain mematuhi kode bangunan setempat untuk aspek keamanan.

Pemanfaatan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara:

  • Pencahayaan yang Hangat: Penggunaan pencahayaan yang hangat seperti lampu lentera atau sumber cahaya alami meningkatkan atmosfer malam hari.

  • Sirkulasi Udara yang Baik: Desain atap datar dengan teras kayu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sirkulasi udara alami.

Atap datar dengan teras berbahan kayu menghadirkan kesan alami dan kenyamanan yang bersahaja. Sebelum menerapkan desain ini, pastikan untuk merencanakan dengan cermat, termasuk perawatan dan pemilihan kayu yang sesuai dengan kebutuhan dan iklim setempat.

Penutup

Itulah beberapa desain atap rumah datar yang bisa dipilih untuk arsitektur hunian Anda.

Desain ini saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat karena tingkat fleksibel yang tinggi, sehingga bisa didesain sedemikian rupa.

Namun perlu diingat pemilihan desain atap rumah datar sangat bergantung pada kebutuhan, selera, dan anggaran. 

Sebelum memutuskan, pertimbangkan dengan matang kelebihan dan kekurangan masing-masing ide desain. Selamat merancang rumah impian Anda!

 

Baca selanjutnya

Rumah Atap Miring ke Depan
Wednesday, January 31 2024
Posted by Brenda Brilianita

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id