fbpx
Hello, Guest

14 Inspirasi Rumah Atap Miring ke Depan

Posted by Brenda Brilianita Wednesday, January 31 2024
Rumah Atap Miring ke Depan

InteriorDesign.ID – Atap miring ke depan adalah jenis atap yang terletak pada bagian depan rumah atau bangunan. Atap miring ini biasanya ditujukan untuk memberikan tampilan estetika yang menarik pada bangunan tersebut. Selain itu, atap miring ke depan juga bisa digunakan untuk mengalirkan air hujan agar tidak masuk ke dalam bangunan.

Untuk membuat atap miring ke depan, pertama-tama kita perlu menentukan desain atap yang akan digunakan. Setelah itu, kita perlu menentukan bahan yang akan digunakan untuk membuat atap tersebut. Biasanya, bahan yang sering dipakai untuk membuat atap miring ke depan adalah genteng, asbes, atau metal.

Kita perlu menentukan struktur atap yang akan digunakan. Struktur atap terdiri dari beberapa bagian, seperti kayu baja, balok, dan rangka atap. Setelah semua bagian tersebut terpasang dengan benar, kita bisa mulai menutup atap dengan bahan yang telah dipilih sebelumnya.

Untuk menutup atap miring ke depan, pertama-tama kita perlu menempatkan lapisan bahan dasar, kemudian menutupnya dengan lapisan bahan penutup. Setelah itu, kita bisa menambahkan aksesori atap seperti drainase, genteng, atau ornamen lainnya sesuai dengan keinginan.

Jika atap miring ke depan sudah selesai dibuat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar atap tersebut tetap kuat dan tahan lama. Pertama, pastikan atap tersebut terpasang dengan benar dan kuat. Selain itu, pastikan juga bahwa drainase atap terpasang dengan baik agar air hujan tidak mengalir ke dalam bangunan.

Baca Juga : 

20++ Inspirasi rumah atap datar 1 lantai kekinian

Mengenal Atap Fiber: Definisi, Jenis serta Kelebihan dan Kekurangannya

Inspirasi Desain Rumah Atap Miring ke Depan, Untuk Tampilan Estetik

1. Desain Rumah Atap Miring Ke Depan Dengan Atap Mansard

Sumber: Pinterest

Atap mansard adalah jenis atap yang memiliki dua sisi, yaitu sisi depan yang miring dan sisi belakang yang datar. Atap ini biasanya digunakan pada rumah bertingkat atau rumah minimalis.

2. Desain Rumah Atap Miring Ke Depan Dengan Atap Gambrel

Sumber: Pinterest

Desain atap gambrel adalah jenis atap yang memiliki bentuk seperti paralelogram dengan dua sisi yang miring ke depan dan dua sisi yang datar. Pada umumnya digunakan pada rumah dengan gaya kolonial atau arsitektur klasik.

3. Desain Rumah Atap Miring Ke Depan Dengan Atap Gable

Sumber: Pinterest

Atap jenis ini adalah atap yang memiliki bentuk seperti segitiga dengan dua sisi yang miring ke depan dan satu sisi yang datar. Rumah dengan gaya tradisional atau kontemporer bisa menggunakan jenis atap ini.

4. Desain Atap Hip

Sumber: Pinterest

Atap hip adalah jenis atap yang memiliki empat sisi yang miring ke depan dan tidak memiliki sisi yang datar. Atap ini biasanya digunakan pada rumah dengan gaya modern atau minimalis.

5. Desain dengan Atap Segitiga

Sumber: Pinterest

Bentuk atap segitiga merupakan jenis atap yang memiliki bentuk segitiga dengan satu sisi yang miring ke depan dan dua sisi yang datar.

6. Desain Atap Konveks

Sumber: Pinterest

Atap yang memiliki bentuk seperti kerucut dengan satu sisi yang miring ke depan dan satu sisi yang datar dikenal dengan atap Konveks. Biasanya digunakan pada rumah dengan gaya modern atau minimalis.

7. Desain dengan Atap Konkaf

Sumber: Pinterest

Atap konkaf jenis atap yang memiliki bentuk seperti kerucut dengan satu sisi yang miring ke depan dan satu sisi yang datar. Atap ini bisa menimbulkan kesan modern pada rumah Anda. 

8. Desain dengan Atap Piramida

Sumber: Pinterest

Atap piramida merupakan jenis atap yang memiliki bentuk seperti piramida dengan satu sisi yang miring ke depan dan tiga sisi yang datar. Untuk menciptakan kesan tradisional atau klasik Anda bisa memilih desain ini.

9. Desain dengan Gaya Klasik

Sumber: Pinterest

Desain rumah atap miring ke depan dengan gaya klasik memiliki ciri khas yang khas, yaitu menggunakan genteng atau asbes sebagai bahan penutup atap. Desain ini biasanya memiliki bentuk atap yang tinggi dan menjulang, serta menggunakan ornamen-ornamen klasik seperti kuda-kuda dan ikatan batu.

10. Desain dengan Gaya Modern

Sumber: Pinterest

Rumah atap miring ke depan dengan gaya modern memiliki ciri khas yang lebih sederhana dan minimalis. Desain ini biasanya menggunakan bahan penutup atap seperti metal atau fiberglass, serta memiliki bentuk atap yang lebih rendah dan datar.

11. Desain dengan Gaya Rustik

Sumber: Pinterest

Untuk rumah atap miring ke depan menggunakan gaya rustik memiliki ciri khas yang kental dengan nuansa alami. Desain ini biasanya menggunakan bahan penutup atap seperti kayu atau batu bata, serta memiliki bentuk atap yang lebih tinggi dan menjulang.

12. Desain dengan Gaya Tropis

Sumber: Pinterest

Atap miring ke depan dengan gaya tropis memiliki ciri khas yang terinspirasi dari nuansa pantai atau daerah tropis. Desain ini biasanya menggunakan bahan penutup atap seperti alang-alang atau reed, serta memiliki bentuk atap yang lebih rendah dan datar.

13. Desain dengan Gaya Farmhouse

Sumber: Pinterest

Atap miring ke depan dengan gaya farmhouse memiliki ciri khas yang kental dengan nuansa pedesaan. Desain ini biasanya memiliki bentuk atap yang lebih tinggi dan menjulang.

14. Desain dengan Gaya Minimalis

Sumber: Pinterest

Gaya minimalis memiliki ciri khas yang sederhana dan tidak berlebihan. Desain ini biasanya menggunakan bahan penutup atap seperti metal atau fiberglass, serta memiliki bentuk atap yang lebih rendah dan datar.

Itulah 14 desain rumah atap miring ke depan yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan atap miring ke depan, kita bisa memberikan tampilan yang lebih indah pada bangunan kita serta estetik. Pilihlah desain yang sesuai dengan konsep bangunan yang Anda inginkan, serta pastikan untuk memperhatikan aspek kekuatan dan keamanan atap agar terhindar dari kerusakan di kemudian hari.

Baca selanjutnya

rumah minimalis dua lantai
Tuesday, February 8 2022
Posted by Nikho Asruri

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id