fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Atap Rumah Minimalis dengan Berbagai Jenis dan Model

Posted by Rio Stefanus Monday, May 31 2021
jasa desain interior jakarta

Atap rumah minimalis sebenarnya tidak memiliki ciri khusus. Ia lebih banyak berbicara tentang bagaimana membaurkan “mahkota” rumah tersebut dengan desain interior kediaman yang bersifat fungsional.

Estimated reading time: 7 minutes

Bicara mengenai atap rumah minimalis berarti bicara tentang gagasan minimalis itu sendiri. Biasanya, gagasan satu ini diterapkan pada desain interior sebuah rumah yang ingin mengedepankan nilai-nilai fungsional. Gagasan minimalis rupanya tidak hanya dapat diaplikasikan sebagai gaya interior sebuah rumah, tetapi juga mulai mempengaruhi aspek lainnya seperti fasad, bahkan atap rumah.

Sebagai seorang pemilik hunian, Anda tentu ingin memiliki atap rumah yang sesuai dengan desain interior yang Anda terapkan. Oleh karenanya, tak heran jika Anda kerap mencari tahu atap rumah yang cocok untuk hunian minimalis Anda. Sebelum benar-benar memilih penutup bangunan yang sesuai, Anda harus mengenal gagasan minimalis terlebih dahulu secara lebih dalam.

Sedikit Tentang Minimalis

interior ruang tamu minimalis modern

Gagasan desain interior yang menonjol dengan nilai “less is more“-nya ini secara historis mengakar pada tiga hal, yaitu gerakan seni De Stijl, pelopor arsitektur modern Ludwig van der Rohe, serta desain tradisional Jepang. Ketiga akar ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu yang sedikit dan sederhana, justru bisa tampak lebih menonjol serta menawan.

Beberapa prinsip yang diterapkan pada sebuah rumah minimalis adalah sebagai berikut:

  • Areanya cukup luas, tetapi furniture yang digunakan diminimalisir dan mendetail
  • Bentuk, warna, serta tekstur adalah tiga elemen utama dari gagasan desain ini
  • Mengedepankan bentuk geometris dengan perabot ramping dan lapisan warna yang netral
  • Aksesori bersifat minimal, dll

Dari beberapa prinsip rumah minimalis di atas, dapat kita ketahui bahwa gagasan ini tidak banyak melibatkan perabotan serta elemen dekoratif. Perabot yang dimaksimalkan serta elemen bentuk, warna, dan tekstur yang diperhatikan dengan amat baik membuat gagasan ini tetap tampak cantik dalam kesederhanaan.

Tentang Atap Rumah Minimalis

fasad rumah minimalis

Atap rumah, dengan gaya apapun, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Mereka sama-sama merupakan penutup suatu bangunan yang berfungsi untuk melindungi apapun yang ada di dalamnya. Entah melindungi dari hujan, salju, debu, atau fenomena alam lainnya. Tak heran jika atap juga berperan sebagai mahkota dari sebuah bangunan, yang dapat menambah nilai estetika dari bangunan tersebut.

Ada berbagai pilihan atap yang bisa Anda gunakan untuk “memahkotai” hunian Anda. Berikut adalah beberapa variannya:

Jenis Atap Rumah Minimalis

Ada beragam jenis atap rumah yang bisa dipasang pada hunian minimalis Anda. Beberapa di antaranya adalah:

Atap Herpes Zoster Aspal

Bahan atap rumah yang satu ini rupanya umum digunakan di Amerika Serikat. Atap Herpes Zoster sangat populer karena harganya yang terjangkau dan pemasangannya yang mudah. Selain itu, atap ini pun diperkuat dengan fiberglass serta bahan organik. Meski begitu, penampilan herpes zoster tidak berubah.

Hadir dengan berbagai warna, atap herpes zoster aspal tersedia secara luas. Ia juga merupakan salah satu bahan atap dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, atap ini punya masa hidup yang lebih pendek dibandingkan dengan bahan atap lainnya. Ia tidak menyediakan isolasi yang ditawarkan bahan lain, serta kualitasnya cenderung variatif.

Genteng Tanah Liat dan Beton

Kehadiran atap berupa ubin tanah liat dan beton dapat menambah tekstur serta meningkatkan keanggunan atap. Atap tanah liat bermodel datar, bergaris, atau bergigi asli dinilai tahan lama. Namun, ia juga memiliki bobot yang berat dan harus dipasang oleh ahlinya. Meski bobotnya berat, atap beton serba guna memiliki harga yang lebih murah dibandingkan tanah liat asli.

Atap yang terbuat dari tanah liat dan ubin beton ini bersifat tahan lama, tidak mudah terbakar, dan hemat energi. Namun, harga atap ini cenderung mahal dengan bobot yang berat. Biasanya, ia pun membutuhkan framing tambahan.

Atap Logam

Kelebihan dari jenis atap ini adalah tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Ia tersedia dalam dua jenis, yaitu panel dan sirap. Atap ini terbuat dari alumunium, tembaga, stainless steel, dan seng.

Terdapat berbagai pilihan atap logam yang bisa Anda manfaatkan di Indonesia, seperti atap galvalum, atap zincalum, atap genteng seng, serta genteng seng berlapis pasir. Sebagai informasi tambahan, karakter atap logam adalah ramping, ringan, tahan lama, dan dapat didaur ulang.

Atap Batu Tulis

Atap bagi rumah minimalis ini menawarkan banyak keindahan. Ia pun memiliki penampilan elegan yang khas. Atap batu tulis punya warna hitam, hijau, abu-abu, merah, dan ungu.

Kelebihan dari atap batu tulis adalah sifatnya yang tahan lama, tahan api, serta bersifat berkelanjutan. Sustainability yang dimiliki oleh atap batu tulis membuatnya dapat didaur ulang. Namun, atap ini cenderung mahal, punya bobot yang berat, serta pemasangannya membutuhkan framing ekstra dengan tenaga profesional. Kualitas atap batu tulis pun variatif.

Atap Sintetis

Di masa sekarang, ada atap yang terbuat dari material sintetis seperti karet, plastik, solartuff, dan polimer. Atap ini dikembangkan untuk memberi warna pada rumah minimalis Anda. Produk-produk atap ini dirancang dengan kuat agar mudah dirawat. Bahkan beberapa di antaranya ada pula yang tahan api.

Kelebihan dari atap sintetis adalah ia tidak serapuh, seberat, dan semahal produk alami. Namun, sayangnya atap ini dapat menyerap air dengan kualitas yang variatif. Produk baru seperti atap sintetis juga tidak teruji waktu seperti bahan tradisional.

Model Atap Rumah Minimalis

Di Indonesia, rumah minimalis lazim memiliki atap dengan tiga jenis berikut ini, yaitu model atap pelana, miring, dan datar.

Atap Model Pelana

Jenis atap rumah minimalis ini dikenal sebagai atap melengkung atau atap berpuncak. Di Indonesia, model atap rumah pelana termasuk ke dalam model yang paling populer di Indonesia.

Rumah dengan Atap Miring

Kelebihan dari penggunaan atap ini adalah aliran air hujan yang datang jadi lebih cepat mengalir. Hal ini dapat meminimalisir kebocoran secara maksimal.

Atap Datar pada Rumah Minimalis

Di Indonesia, model atap rumah ini umum dipakai dengan beton. Penggunaan material beton di negara beriklim tropis seperti Indonesia dapat meminimalisir kebocoran akibat hujan yang lebat.

Setelah mengenal gagasan desain minimalis secara lebih dalam, dapat disimpulkan bahwa rumah Anda ini dapat disesuaikan dengan beragam jenis dan model atap. Jenis serta model atap untuk rumah minimalis Anda dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terdapat beragam jenis atap dengan materialnya masing-masing serta kelebihan yang sudah Anda pula. Lalu, ada tiga model atap untuk rumah minimalis yang biasa dipakai di Indonesia, yaitu atap pelana, miring, dan datar. Kesemua model atap ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Sekarang, pilihan jenis dan model atap terbaik untuk rumah minimalis Anda ada di tangan Anda. Pastikan atap yang Anda pilih benar-benar dapat melindungi isi rumah Anda, dengan sifat yang kuat, daya tahan yang lama, serta tampilan yang estetis.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id