fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

­7 Tips Desain Interior Restoran di Era ‘New Normal’

Posted by Anastasia Michella Tuesday, March 23 2021
interior restoran

Restoran dengan desain interior yang baik dan mendukung penerapan aturan new normal tidak hanya akan menonjol dari sisi estetika, tetapi juga bisa jadi pilihan nomor 1 para pelanggan dari segi keamanan dan kenyamanan.

Interiordesign.id – Kedatangan pandemi benar-benar mengubah hidup banyak orang. Penerapan physical distancing tidak hanya berhasil memberi kita jarak dengan orang-orang yang kita cintai. Kebijakan satu ini juga menghasilkan sekat yang menghalangi kita dengan berbagai aktivitas di luar rumah yang biasa kita lakukan.

Pola hidup semua orang sudah tak lagi sama. Banyak kegiatan strategis mau tidak mau berpindah ke bawah atap rumah masing-masing. Berbagai kebiasaan baru pun diterapkan demi menjaga kesehatan dan keamanan diri. Dimulai dari mencuci tangan, hingga sterilisasi berbagai tempat menggunakan disinfektan.

Kediaman yang kini mulai terasa seperti kandang yang mengungkung, membuat banyak orang merindukan berbagai aktivitas di luar rumah. Pusat perbelanjaan, cafe, dan restoran adalah beberapa dari banyaknya tempat yang rindu untuk kita kunjungi.

interior design restoran

Namun seiring dengan melonggarnya aturan pembatasan sosial, aktivitas manusia mulai kembali pada tempatnya, meski keterbatasan tetap ada di sana.

Sebagai seorang pemilik tempat kegiatan publik seperti restoran, Anda tentu bisa merasakan bisnis kuliner mulai terasa lagi geliatnya saat ini. Akan tetapi, mau tidak mau, Anda harus menerapkan aturan pembatasan jarak fisik pada tempat yang Anda miliki. Hal ini bisa Anda wujudkan dengan memiliki desain interior ruangan yang mendukung aturan ini.

Desain interior yang tepat tidak hanya bisa mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki restoran yang “ramah jarak”, tetapi juga bisa membuat tempat Anda terlihat lebih estetik. Seperti apa sajakah kira-kira desain restoran yang tepat selama masa kenormalan baru?

Pastikan Restoran Punya Bukaan Jendela Besar

design interior restoran

Karena sirkulasi udara adalah hal yang harus diperhatikan selama masa new normal, pastikan restoran Anda memiliki bukaan jendela yang besar. Terlebih jika restoran Anda dikunjungi oleh banyak orang. Sirkulasi udara yang kurang baik bisa jadi salah satu penyebab masifnya penyebaran Covid-19 di ruang tertutup.

Selain itu, bukaan jendela yang besar tidak hanya mendukung sirkulasi udara yang baik. Ia pun menjadi jalan bagi sinar matahari atau cahaya alami masuk ke dalam ruangan, yang bermanfaat untuk membunuh virus dan meningkatkan imunitas tubuh.

Namun peletakkan dan jumlah jendela yang dipasang harus diatur dengan baik. Pencahayaan yang terlalu terang bisa menyilaukan mata dan membuat ruangan terasa panas.

Pasang Tanaman Indoor di Restoran

interior restoran

Tumbuhan hijau yang dikenal dapat menyaring polusi amat cocok untuk dipasang di dalam ruang restoran Anda. Selain itu, kehadiran tumbuhan ini pun dapat menambah nilai estetika dan dekorasi tempat Anda. Adanya tanaman juga dapat mengurangi debu dalam ruangan, seperti pada bagian karpet dan gorden.

Pastikan Anda memilih tanaman yang cenderung mudah dirawat dengan peletakannya yang juga tepat. Hal ini adalah sesuatu yang penting, karena tanaman tertentu tidak bisa sembarangan Anda tempatkan. Perhatikan juga apakah tanaman indoor yang Anda punya memerlukan perawatan khusus atau tidak.

Manfaatkan Sensor di Restoran

via Pinterest

Penggunaan teknologi di masa sekarang adalah hal yang sangat lumrah. Teknologi yang paling dibutuhkan di masa kenormalan baru adalah sensor. Sensor ini dapat disematkan di berbagai tempat yang sebelumnya banyak disentuh oleh banyak orang, seperti pintu, hand sanitizer, keran cuci tangan, dll. Pemasangan sensor ini dapat meminimalisir kontak penyebaran virus di tempat-tempat tersebut.

Gunakan Bahan Anti Mikroba

via Pinterest

Bahan anti mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri ini dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan ini ada pada tembaga, kuningan, dan perunggu, yang bisa diaplikasikan langsung pada benda yang sering disentuh di restoran seperti handle pintu, gagang laci, pegangan tangga, dll.

Tunjang Penjagaan Jarak & Pembatasan Kontak Fisik di Restoran

via Pinterest

Mengurangi kontak fisik dan menjaga jarak adalah hal esensial yang harus dilakukan selama masa kenormalan baru. Hal ini dapat terwujud dengan menghadirkan tiang pembatas di area antrian. Selain itu, Anda pun bisa mengatur posisi antar tempat duduk agar memiliki jarak yang ideal satu sama lain.

Selain itu, untuk membatasi kontak fisik, Anda bisa menerapkan teknologi terkini dalam hal pemilihan menu dan transaksi keuangan. Anda bisa menyediakan kode QR untuk pelanggan agar bisa memilih makanan yang ingin dipesan sekaligus melakukan pembayaran. Kehadiran Kode QR ini amat mendukung pembatasan kontak fisik di restoran.

Beri Sekat Antar Meja

desain restoran

Jarak antar meja yang Anda ciptakan tidak cukup untuk mendukung physical distancing di restoran Anda. Anda pun perlu memasang sekat pada meja pelanggan, agar pengurangan penyebaran virus dapat berjalan dengan maksimal. Sekat ini dapat dibuat dari bahan akrilik atau bahan lainnya. Selain itu, sekat ini juga dapat dipasang di area kasir, di mana terdapat interaksi antara pelanggan dan petugas kasir.

Gunakan Warna Cerah

jasa desain interior restoran

Warna cerah yang Anda pilih dapat diaplikasikan pada dinding, lantai, atau furnitur restoran Anda. Penggunaan warna ini dapat membuat restoran terkesan bersih dan rapi, sehingga menarik hati pengunjung untuk membeli makanan di sana. Selain itu, warna cerah pada ruangan juga dapat menciptakan suasana tenang dan menambah kesan luas.

Itulah ketujuh tips yang dapat Anda terapkan saat mempersiapkan desain interior restoran Anda. Ruangan restoran yang menerapkan kaidah protokol kesehatan tidak hanya bisa memberikan kenyamanan bagi pelanggan, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen untuk terus datang ke tempat Anda.

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id