fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Cermin : Pengertian, Sejarah, Sifat Bayangan, Karakteristik, Rumus, dan Jenisnya

Posted by Dhila F Khairunisa Monday, December 5 2022
Pengertian Cermin

“Cermin merupakan sebuah permukaan licin yang menciptakan sebuah pantulan bayangan benda dengan sempurna”

Interiordesain.idSecara umum, cermin merupakan suatu benda yang dapat menghasilkan bayangan dengan sempurna. Cermin juga sering diartikan sebagai benda dengan permukaan datar yang berfungsi untuk memantulkan bayangan.

Menurut KBBI cermin diartikan sebagai kaca bening dengan salah satu bagian mukanya di cat menggunakan air raksa dan material lainnya. Fungsinya adalah supaya cermin mampu menampilkan bayangan benda yang berada di depannya.

Sejarah tentang cermin dibuat pertama kali dengan menggunakan kepingan batu mengkilap yang disebut obsidian, sebuah kaca volkanik yang terbentuk alami. Obsidian ditemukan di negara Anatolia yang sekarang adalah Turki, yang telah berumur sekitar 6000 Sebelum Masehi.

Berbeda dengan cermin dari negara-negara lain, seperti batu mengkilap dari negara Paman Sam berumur sekitar 2000 SM, cemin tembaga yang dibuat di Mesopotamia pada 4000 SM dan Mesir purba 3000 SM, dan di China dari perunggu dibuat 2000 SM.

Pada awal abad Renaisans, Eropa telah menyempurnakan metode pelapisan kaca dengan amalgam timah raksa. Untuk tanggal dan lokasi penemuannya masih belum diketahui secara jelas, namun di abad ke-16, Venesia yang terkenal dengan keahlian membuat kaca menjadi sebuah pusat produksi cermin dengan menggunakan teknik ini.

Baca Juga : Cara Terbaik Memasang Cermin di Rumah

Cermin, Elemen Dekorasi Rumah yang Memiliki Kekuatan Magis

Jenis-jenis Cermin

  • Cermin Datar
    Adalah cermin yang mempunyai permukaan datar seperti sebuah garis lurus, bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar memiliki dimensi ukuran panjang dan lebar hampir sama dengan dimensi benda. Jarak yang dibentuk antara benda dengan cermin sama antara cermin dengan bayangan.

    Sifat bayangan benda yang dihasilkan oleh cermin datar adalah maya, tegak, dan sama besar, contohnya ada pada cermin rias.
  • Cermin Cekung
    Merupakan cermin dengan permukaan lengkung rapi kedalam, mirip dengan permukaan bola. Pada bagian tengah cermin memiliki jarak jauh ke benda daripada bagian tepi cermin. Terdapat sebuah titik imajiner yang menjadi pusat kelengkungan cermin dengan jarak yang sama dengan setiap titik pada permukaan cermin. Cermin seperti ini digunakan untuk permukaan pemantul pada lampu kendaraan, lampu senter, dan lampu sorot lainnya.

    Bayangan yang dihasilkan oleh cermin ini tergantung pada letak benda pada cermin dengan ketentuan seperti :
  • Jumlah ruang tempat benda dan letak bayangan selalu sama
  • Jika ruang bayangan lebih dari ruang benda, maka sifat bayangan diperbesar
  • Jika Ruang bayangan lebih kecil dari ruang benda maka sifat bayangan diperkecil

    Cermin cekung lebih bersifat konvergen dan nilai fokusnya positif.

  • Cermin Cembung
    Cermin cembung adalah cermin dengan permukaan berbentuk lengkung rapi keluar. Pada bagian tengah cermin mempunyai jarak lebih dekat ke benda daripada bagian tepinya. Terdapat sebuah titik imajiner yang menjadi sebuah pusat lengkung pada cermin yang memiliki jarak yang sama dengan sebuah titik permukaan cermin. Bayangan yang dihasilkan oleh cemrmin cembung adalah maya, tegak dan diperkecil.
    Cermin ini biasa digunakan untuk pada kaca spion kendaraan, kaca pembantu pada persimpangan jalan untuk pencegahan terjadinya kecelakaan.

    Sifatnya divergen dan memiliki nilai negatif.

Perbedaan Cermin Cekung dan Cembung
Berdasarkan dari pengertiannya, ada sebuah perbedaan yang cukup menonjol dari cermin cekung dan cembung. Bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung akan membentuk suatu gambar nyata dengan kondisi terbalik. sedangkan untuk cermin cembung akan menghasilkan bayangan yang tegak.

Mitos yang beredar
Dikatan jika seseorang memecahkan cermin, maka akan mengakibatkan kesialan, hal ini disebabkan karena jiwa pada cermin mengalami pepecahan.

Selain itu juga cermin suka dikaitkan dengan roh, “katanya” cermin dapat menjebak jiwa seseorang yang sudah meninggal. Konon juga dikatakan jika seseorang akan meninggal dunia, pertanda cermin yang ada di dalam rumah yang menempel di tembok akan terjatuh dan pecah..

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id