Cermin, Dekorasi Ruang yang Memiliki Banyak Fungsi, Manfaat dan Pengaruh Psikologis

Posted by Nita Hidayati  •  Tuesday, August 15 2017

Dalam feng shui, cermin diyakini dapat membawa nilai positif bagi pemilik rumah. Dekorasi ruang yang memiliki banyak fungsi ini dipercaya akan membawa keberuntungan dan kekayaan.

Interiordesign.id – Cermin, salah satu elemen desain dan dekorasi ruang ini, memiliki banyak fungsi dan manfaat. Bahkan menurut beberapa ahli, cermin mampu pengaruhi psikologis penghuni rumah. Pada awalnya, cermin memang berfungsi sebagai refleksi suatu benda. Kini, seiring berkembangnya teknologi di bidang arsitektur, peranan cermin pun tak hanya sebatas media refleksi.

Tak hanya sebagai alat merias, fungsi cermin dapat dioptimalkan sebagai elemen dekoratif. Dengan penempatan, ukuran dan bingkai yang tepat dan sesuai dengan suasana ruang, cermin mampu menghadirkan kesan elegan. Rumah minimalis Anda akan semakin tambah cantik dengan kehadiran cermin sebagai elemen dekorasi.

“Cermin bisa membuat sebuah ruang menjadi lebih terang dan mendalam. Benda ini seperti jendela dekoratif yang dapat Anda pindahkan ke tempat yang diinginkan.” Ucap Andreea Avram Rusu,  seperti dikutip laman Home and Garden Television.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat instalasi cermin dalam ruangan yang bisa Anda coba.

Dekorasi Ruang Rustic, Hadirkan Suasana Hangat Dengan Tampilan Unik di Rumah Anda

Membuat Ruangan Terasa Lebih Luas & Dinamis

Sebagai salah satu elemen dekorasi ruang yang memiliki banyak fungsi, selain memberikan fungsi estetik, cermin juga mampu menghadirkan kesan luas dan lapang pada sebuah ruangan. Ruang yang tidak terlalu besar dan sempit dapat dibuat menjadi terasa luas dengan menghadirkan cermin. Selain memberikan kesan luas, cermin juga membuat ruangan terlihat lebih terang. Pantulannya yang bersifat reflektif mampu membuat cahaya menyebar ke seluruh sudut ruang.

Membuat Semakin Betah di Rumah

Dekorasi ruang yang memiliki banyak fungsi

Woman sitting on bed and looking in mirror via belelu

Ternyata, cermin juga dapat membuat orang betah berlama-lama berada di dalam ruangan. Kegiatan di dalam kamar tidur dengan sebuah cermin cermin besar akan membuat penghuninya semakin merasa betah. Begitu pula dengan kehadiran cermin di ruangan lainnya, penempatan dan instalasi sebuah cermin berukuran proporsional di beberapa ruangan akan membuat Anda merasa lebih betah dan nyaman saat berada dalam ruangan tersebut.

Elemen Feng Shui

Dekorasi ruang yang memiliki banyak fungsi

via pinterest

Dalam feng shui, cermin diyakini dapat membawa nilai positif bagi pemilik rumah. Peletakkan cermin di dekat meja makan misalnya, dipercaya akan membawa keberuntungan dan kekayaan. Disarankan juga untuk meletakkan cermin pada dinding yang memperoleh cahaya langsung. Hal ini dianggap akan memberikan energi positif bagi penghuninya. Cermin atau kaca mewakili elemen air dalam feng shui.

Elemen Dekorasi Ruang Tamu

Dekorasi ruang yang memiliki banyak fungsi

via pinterest

Cermin yang diletakkan di pintu masuk ruang tamu di sebelah kanan atau kiri dinding akan memberikan pencahayaan yang sangat baik.  Pencahayaan ini sangat pas saat menyambut tamu yang berkunjung. Selain itu, peletakkan cermin di ruang tamu juga memiliki manfaat sebagai pantulan cahaya alami yang diantarkan ke ruang tersebut.

Elemen Dekorasi Kamar Mandi

Cermin bukan saja menjadi elemen dekorasi ruang yang memiliki banyak fungsi, namun juga pengaruh yang sangat besar. Kehadiran cermin di kamar mandi memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Cermin besar yang menutupi salah satu dinding secara keseluruhan mampu menjadikan kamar mandi minimalis berukuran kecil menjadi semakin terlihat luas, juga tampak sangat modern bahkan mewah. Jangan lupakan untuk menyesesuaikan ukuran, model dan desain cermin yang Anda gunakan dengan desain perabot/toiletware yang ada, seperti wastafel, shower dan lainnya.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader