desain kamar mandi kecil

Inspirasi Desain Kamar Mandi Kecil Berukuran Kurang dari 3×3 Meter Persegi

Posted by HinaYana  •  Friday, May 24 2019

Hanya dengan mengganti warna, menambahkan sedikit aksesori, dan elemen-elemen dekoratif kecil, bisa memberikan perbedaan yang cukup signifikan untuk kamar mandi kecil di rumah Anda.

Interiordesign.id – Sangat sulit untuk menentukan bagaimana seharusnya konsep interior kamar mandi berukuran kecil. Minimnya informasi mengenai inspirasi desain dan tips terbaik dalam penataan ruangan mungil, menyebabkan hal tersebut. Rasanya, memang sedikit sekali keleluasaan dan fleksibilitas desain saat merancang sebuah ruang yang memiliki ukuran mungil seperti kamar mandi.

Wastafel, toilet, dan shower adalah instalasi peralatan utama pada kamar mandi. Instalasi ketiga peralatan tersebut hukumnya wajib. Namun, dengan ketiga peralatan standar seperti itu saja, kamar mandi kecil sudah bakalan terasa semakin sempit. Sehingga, apa jadinya jika kita juga berkeinginan mendekorasinya agar tidak hanya fokus pada fungsinya saja, tetapi juga bagaimana ia dapat memiliki penampilan terbaik.

Baca juga: Cara Mendekorasi Kamar Mandi agar Makin Tampak Lebih Segar

Sedikitnya space untuk aksesori dan elemen-elemen dekoratif yang biasa digunakan untuk mempercantik ruang, pemilik kamar mandi berukuran kecil cenderung memilih dan menggunakan warna-warna netral dan konsep desain minimalis.

Persoalannya kemudian, apakah hanya gaya minimalis saja yang “fit” untuk kamar mandi berukuran kecil?

Jawabannya tentu saja tidak.

Gaya atau style interior apapun sebenarnya sah-sah saja asal dapat memenuhi standar fungsi ruang dan tidak mengabaikan estetika, serta aspek psikologis.

Pilihan gaya desain tidak selalu mensyaratkan ukuran ruangan yang ideal. Dalam hal ini ukuran tidak akan jadi masalah, yang terpenting adalah kreativitas, imajinasi, serta tentu saja pengetahuan dasar soal desain dan dekorasi interior.

Desain Interior Kamar Mandi

Kamar mandi memang seringkali hanya mendapat sentuhan desain dan dekorasi seperlunya saja. Konstruksi interior yang telah ada sebelumnya sepertinya tidak memberikan banyak opsi dan keleluasaan untuk mengubahnya. Itulah kenapa mendekorasi kamar mandi menjadi pekerjaan yang tidak gampang.

Interior kamar mandi yang impresif bisa memberi banyak sekali keuntungan.

Mengingat hanya sebagian kecil waktu dihabiskan di ruangan ini, atau waktu-waktu penggunaan rutin saja, bukan berati anda tidak perlu memikirkan bagaimana menampilkan konsep interiornya. Interior kamar mandi yang impresif bisa memberi banyak sekali keuntungan.

Bacaan terkait: Prinsip Dasar Desain Kamar Mandi yang Sehat & Menyegarkan

Seringkali memang, sebuah ruangan membutuhkan renovasi total dan besar-besaran, seperti mengganti ubin; perubahan zonasi atau pembagian ruang; hingga penggantian perabotan atau furniture baru; untuk dapat menampilkan suasana baru. Tetapi, untuk mendapatkan penampilan terbaik tidak selalu mensyaratkan hal-hal tersebut. Hanya dengan sedikit pembaruan saja, seperti mengganti warna cat misalnya-, suasana dan atmosfer interior yang nyaman juga sudah bisa didapatkan.

Mengganti warna, menambahkan sedikit aksesori, dan elemen-elemen dekoratif kecil, bisa membuat perbedaan yang cukup signifikan. Ia dapat dengan mudah melahirkan suasana dan nuansa ruang yang sama sekali baru.

Dekorasi interior memang tidak bisa dilakukan secara sembarang. Beberapa kesalahan kecil saat mendekorasi, bisa berakibat sangat fatal. Apalagi pada ruangan kecil seperti kamar mandi.

Selain untuk memaksimalkan fungsi, mendekorasi kamar mandi agar dapat memenuhi standar estetika, tetap membutuhkan seorang professional yang benar-benar mengerti seperti apa seharusnya gagasan desain interior kamar mandi yang baik.

Contoh Desain Kamar Mandi Kecil

Interior kamar mandi kecil, yang memiliki ukuran tidak lebih dari 3×3 meter, perubahan-perubahan kecil atau minor pada skema desain saja sebenarnya sudah cukup untuk melahirkan suasana yang baru.

Kamar mandi kecil dengan suasana yang relaxing tentu akan memberi kenyamanan. Kamar mandi, -meski berukuran kecil-, dapat memberikan ketenangan meski hanya sedikit waktu yang kita habiskan berada di dalamnya.

Untuk itulah, desain kamar mandi kecil harus dilakukan dengan sempurna, agar dapat melahirkan penampilan dan fungsi ruang yang juga sempurna.

Nah, di bawah ini, adalaj inspirasi dan contoh desain kamar mandi kecil yang memiliki penampilan terbaik.

desain kamar mandi kecil

Kamar mandi kontemporer 1,2m x 1,8m. ~ via digitalArch

desain kamar mandi kecil

Tradisional kamar mandi 1.8×1.8 meter. ~ via miamihousebuilder

desain kamar mandi kecil

Kamar mandi tradisional, 2.44×1.83 meter. ~ via Austininterior

desain kamar mandi kecil

Interior kamar mandi modern, 1.5×2.4 meter. ~ via formadesign

Kamar mandi kontemporer, 2,4m x 2,4m, bath: 1,5m x 0,75m. ~ via houzz

Bacaan terkaitTren Desain Kamar Mandi Terbaik dan Terfavorit di Tahun Ini

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram