Dekorasi Dapur Ubin; Cara Terbaik Menampilkan Ruang Dapur yang Klasik dan Unik

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Monday, November 27 2017

Dekorasi dapur ubin adalah satu cara mudah untuk mengklaim tampilan ruang dapur yang atraktif, klasik dan unik.

Interiordesign.id – Selain bersih dan rapi, dapur yang memiliki tampilan yang cantik pasti akan memberi semangat. Sama halnya dengan pilihan gaya desain interior untuk ruang lainnya di dalam rumah, dekorasi dapur tidak hanya akan membuatnya memiliki tampilan yang cantik, namun juga nyaman.

Desain Dapur Tradisional; Membawa Tradisi Unik ke Ruang Memasak

Terdapat banyak cara untuk mendekorasi salah satu ruangan favorit Anda ini, salah satunya adalah dengan penggunaan ubin dekoratif. Anda dapat merancang interior dapur dengan penggunaan ubin dekoratif ini agar tampak semakin unik serta menarik.

Ubin klasik, tegel kunci, tehel bandung, atau sebut saja ubin dekoratif, akan memberi tampilan vintage yang unik dan cantik pada ruang dapur.

Tidak hanya sebagai elemen dekoratif lantai, ubin juga dapat digunakan pada bagian dinding atau bahkan anak tangga. Perawatannya pun terbilang cukup mudah juga murah jika dibandingkan dengan material lainnya. Ubin keramik lebih mudah dibersihkan, Anda hanya perlu sering-sering mencuci atau membersihkannya.

Desain Dapur Vintage; Inspirasi Tampilan Dapur Jadul Era 1920an

Namun, untuk memastikan dapur berfungsi dengan baik, Anda juga perlu memerhatikan tata letak. Layout ruang dapur, pilihan gaya desain, hingga berbagai kitchen appliance yang digunakan, akan memengaruhi pilihan elemen dekoratif untuk ruang dapur.

Berikut ini beberapa tip dekorasi ruang dapur menggunakan ubin dekoratif, agar ruangan memasak dan menyiapkan makanan ini makin terlihat atraktif juga inviting.

Dekorasi Dapur Ubin pada Lantai

dekorasi dapur ubin

via pinterest

Untuk area dapur yang sudah didominasi warna putih, Anda bisa membuat dapur menjadi terlihat monokrom dengan penggunaan ubin klasik berwarna hitam. Terdapat banyak pilihan jenis “tegel kunci” atau ubin dekoratif yang memiliki warna hitam dan putih dan dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Ubin pada Bagian Dinding

dekorasi dapur ubin

via archinspire.pro

Ubin klasik yang dipasang pada bidang di antara meja, kabinet, serta furnitur berwarna putih akan menciptakan tampilan yang sangat menarik. Anda bisa memilih beragam jenis tegel kunci atau ubin klasik yang disukai sebagai dekorasi dinding ruang dapur.

Mengenal Dekorasi Lantai Tegel, Motif Ubin Masa Lalu untuk Tren Desain Masa Kini

Selain ubin putih, sebenarnya Anda dapat mengeksplorasi beragam motif lainnya. Motif ubin segitiga sangat cocok sebagai backplash, karena memiliki bentuk segitiga yang unik dan mengesankan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan motif ubin tegel yang unik dan jadul untuk membuat dapur Anda terlihat klasik dan sedikit vintage.

Furnitur

dekorasi dapur ubin

from pinterest

Jika tidak ingin membuat ruang dapur tampak terlalu ramai dengan penggunaan ubin dekoratif yang digunakan, Anda bisa menghadirkannya di bagian furnitur. Penggunaan ubin pada furnitur dapat menghilangkan kesan monoton dan memerlihatkan penampilan yang lebih unik.

Pilihlah furnitur yang memanjang untuk menciptakan keindahan tampilan pada area dapur. Anda bisa menggunakan ubin dekoratif ini pada kitchen island ataupun pada peninsula.

Anda dapat mencoba ubin dekoratif di dapur minimalis modern dengan dominasi warna terang dan netral. Kombinasi ini akan menghasilkan suasana modern yang chic sekaligus klasik.

Kesalahan Desain dan Dekorasi Dapur

Ubin pada Anak Tangga

dekorasi dapur ubin

by pinterest

Tangga yang terdapat di area dapur juga dapat Anda dekorasi menggunakan jenis ubin dekoratif ini. Gunakan pilihan motif unik untuk menghiasi bagian anak tangga. Melahirkan suasana ruang yang atraktif juga unik.

5 Desain Dapur Gaya Mediterania yang Memesona

Dapur dengan ubin dan keramik memang rentan terkena minyak dan noda bumbu, oleh sebab itu Anda harus rutin membersihkannya. Jika bagian ubin terkena minyak atau noda lainnya, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kertas koran terlebih dahulu. Setelah itu, taburkan sedikit garam pada tumpahan minyak dan noda tersebut, lalu diamkan selama beberapa saat. Terakhir, gunakan kembali kertas koran tadi untuk membersihkannya, baru kemudian lap dengan kain yang sudah diberi cairan sabun.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...