fbpx

Hunian Minimalis dan Modern untuk Keluarga

Posted by Levina Athalia Purnama 4 weeks ago

Estimated reading time: 9 minutes

Hunian Minimalis & Modern – Adalah sesuatu yang wajar apabila sebuah keluarga menginginkan hunian terbaik untuk ditinggali. Rumah tersebut idealnya dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat serta berkumpul.

Oleh karenanya, hunian keluarga yang dapat membuat penghuninya merasa betah adalah sesuatu yang sangat penting. Banyak cara dapat dilakukan untuk menghadirkan suasana nyaman di rumah. Beberapa usaha yang dapat ditempuh adalah dengan menyediakan area hijau seperti taman, merancang desain interior yang cocok, membuat ventilasi yang baik dalam hunian, serta menggunakan material yang ramah lingkungan.

Hunian yang Dinilai Ideal

hunian minimalis

Banyak orang berpikir bahwa kenyamanan hanya dapat hadir dalam hunian yang punya area luas. Namun rupanya luas rumah bukanlah faktor utama yang mendukung kenyamanan sebuah hunian.

Menurut Aulia dan Hanson, hal pertama yang harus kita perhatikan dalam sebuah hunian adalah apakah tempat tinggal tesebut dapat memenuhi kebutuhan penghuninya.

Kebutuhan tersebut antara lain adalah susunan ruangan (kamar tidur, kamar mandi, area dapur, ruang keluarga, dll) yang memiliki luas area yang sesuai. Kemudian ruang-ruang yang ada pun perlu mencapai standar kualitasnya yang ditentukan oleh penghawaan dan pencahayaan alami. Kedua hal ini sangat penting untuk membentuk rumah yang sehat dan hemat energi.

Selanjutnya hal yang perlu kita perhatikan saat hendak membangun rumah adalag konsep serta komposisinya. Komposisi sebuah ruangan dapat dinyatakan seimbang apabila menerapkan tema yang senada dan selaras dengan ruangan lainnya. Lalu konsep berperan sangat penting karena keberadaannya bisa membuat rumah tampil rapi dan bersih.

Jiwa Seni yang Dibutuhkan saat Menyiapkan Sebuah Hunian

dapur hunian minimalis

Sebagai tambahan, jiwa seni rupanya diperlukan dalam diri kita agar dapat melakukan penataan ruangan dengan sangat baik. Hal ini bisa membantu kita membuat ruangan memiliki tema yang proporsional dan harmonis.

Di samping itu, desain interior memiliki berbagai macam gaya yang bisa kita pilih sendiri sesuai dengan selera dan kreativitas kita. Beberapa di antara gaya desain interior itu sendiri adalah Minimalis, Skandinavian, Modern, Kontemporer, Vintage, Shabby Chic, Pop Art, Bohemian, Industrial, Rustic, dll.

Di antara banyaknya gaya desain interior yang tersedia, pilihan desain interior terbaik untuk hunian keluarga jatuh pada gaya minimalis-modern. Mengapa? Karena pembauran kedua konsep ini menciptakan tatanan yang sederhana dan efisien.

Konsep Minimalis dan Modern dalam Hunian Keluarga

kamar mandi hunian minimalis

Konsep hunian satu ini bersifat konsisten dan tercermin pada eksterior dan interiornya. Eksterior hunian minimalis dan modern menampilkan struktur bangunan dan dinding yang leluasa secara visual. Material yang banyak digunakan adalah kombinasi dari beberapa bahan menarik yang bersifat fungsional.

Bahan-bahan tersebut antara lain adalah kayu, kaca, serta concrete yang bisa memberikan tekstur dan gaya hunian minimalis yang berbeda. Warna yang sering digunakan pada hunian minimalis dan modern adalah abu-abu, putih, dan krem.

Pemilihan perabotan merupakan poin penting saat merancang hunian minimalis. Furniture ini harus bisa memberikan kesan sederhana lewat warna-warna netral yang dimilikinya. Selain itu, furniture pun perlu dapat membaur dengan dinding ruangan.

Hunian Minimalis dan Modern dengan Banyak Kelebihan

ruang tamu minimalis modern

Hunian berikut ini merupakan sebuah rumah dengan cluster Acasia Mezzanine (S). Ia memiliki beberapa kelebihan seperti bangunannya yang menghadap ke Timur dan berada di tikungan (hook). Keberadaan bangunan di tikungan atau ujung jalan membuatnya memiliki area taman yang lebih luas.

Selain itu, bangunan yang menghadap ke Timur juga membuat penghuni dapat melihat matahari terbit di teras rumah. Kelebihan lain bangunan yang menghadap ke Timur adalah cahaya pagi hari masuk lebih banyak ke dalam rumah, terhindar dari terik matahari di siang hari, cat rumah bagian depan cenderung awet karena jarang terkena panas, serta bebas dieksplorasi dari segi arsitektur tanpa harus mempertimbangkan cara mengurangi panas di siang hari.

Rumah ini pun memiliki sirkulasi udara alami yang sangat baik. Ini dikarenakan adanya pintu-pintu besar di bagian depan, belakang, dan samping kanan rumah. Desainnya pun sangat menarik, karena dapat menciptakan suasana nyaman dan hangat bagi keluarga meski memiliki area yang tidak terlalu luas.

Tour Hunian Keluarga Minimalis dengan Segudang Kenyamanan

Area ruang tamu hunian ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Desain interior berkonsep minimalis dan modern dapat ditemukan di sini. Pengunaan material kaca, kayu sebagai partisi, dan pencahayaan berwarna semu kuning membuat ruangan ini sangat nyaman. Sebuah levelling dibuat antara ruang tamu dan ruang makan untuk memisahkan kedua area ini.

Lalu pada bagian kiri, terdapat kamar tidur utama yang di dalamnya terbagi ke dalam tiga area, yakni area tidur, area ganti pakaian (walk in closet), dan kamar mandi utama. Lantai yang digunakan di ruangan ini adalah granit berwarna krem, sehingga ia senada dengan warna dinding yang bernuansa krem kekuning-kuningan. Sedangkan area kamar mandi memiliki dinding yang dipasangi granit bermotif marble.

Kemudian area dapur dan ruang makan memiliki lokasi berdekatan di lantai dasar. Hal ini memudahkan sirkulasi yang terjadi di dapur dan ruang makan. Dapur didesain dengan nyaman dan memiliki kitchen island yang berfungsi secara efisien. Untuk penghawaan, akses yang mengarah ke area gang samping rumah dibuat, sehingga bagian dalam rumah tidak pengap dan bau.

Selanjutnya area ruang makan dibatasi dengan kaca dan pintu geser yang mengarah ke kolam ikan. Ada pula lampung gantung yang memberikan kesan mewah dan bisa menerangi seisi rumah hingga ke lantai dua.

Ruang keluarga yang ada di lantai dua berfokus pada elemen kayu yang digunakan untuk membuat cabinet. Focal point yang digunakan adalah motif marmer. Area ini memiliki ukuran yang tidak luas, tetapi terkesan nyaman dan homey. Di lantai ini pun terdapat jembatan yang memberikan akses ke kamar tidur anak dari ruang keluarga. Jembatan tersebut punya fungsi void atau sirkulasi bagi bangunan lantai satu agar memiliki hawa dan terkesan terbuka.

Hunian Bukan Sekadar Bangunan

Penggambaran hunian ini menunjukkan bahwa mendirikan rumah tidak hanya sekadar mendirikan sebuah bangunan semata. Kita harus memikirkan penataan tiap ruang yang ada di dalamnya. Hal ini dilakukan agar hunian yang sesuai dengan impian dapat tercipta.

Tujuan memiliki hunian impian dapat diwujudkan dengan cara menerapkan desain interior yang pas. Prinsip yang diterapkan dalam desain interior dilakukan untuk menghasilkan ruangan yang fungsional juga estetis. Hal ini pada akhirnya akan membuat penghuni bahkan tamu merasa betah dan nyaman di dalamnya.

Ayo persiapkan hunian impian keluarga yang nyaman dan memenuhi nilai estetika dengan menerapkan desain interior bergaya minimalis dan modern!


LEVINA ATHALIA PURNAMA

Mahasiswi Program Studi Desain Interior
Universitas Kristen Petra, Surabaya


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×