Desain Kamar Mandi Bawah Tangga; Manfaatkan Area Kecil Bawah Tangga untuk Kamar Mandi Kecil Fungsional

Posted by Nita Hidayati  •  Friday, December 29 2017

Kamar mandi bawah tangga memiliki keunikan dalam bentuk dan ukuran. Ia juga mampu memberi nilai tambah dan fungsionalitas serta estetika rumah kecil.

Interiordesign.id – Saat ini, rumah berukuran kecil seperti menjadi tren di pasar perumahan, peminatnya semakin banyak. Rumah-rumah tipe ini menjadi incaran banyak orang. Rumah kecil diklaim merupakan solusi untuk memiliki hunian di kota besar; solusi bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas untuk dapat memiliki hunian yang cukup nyaman.

Desain Rumah Kecil; Rahasia Hunian Mungil yang Nyaman, Sehat & Bikin Betah

Untuk memaksimalkan potensi setiap area di rumah kecil, Anda dapat membangunnya menjadi dua hingga tiga tingkat. Dengan begini, kebutuhan akan space dapat terpenuhi. Area yang biasanya tidak terpakai di bagian bawah tangga pun dapat Anda manfaatkan menjadi sebuah kamar mandi kecil dengan penampilan yang unik dan fungsional.

Pada umumnya, kamar mandi di bawah tangga memiliki posisi yang tidak sejajar dikarenakan terdapat bagian yang tinggi dan rendah. Oleh sebab itu diperlukan cara dan teknik khusus merancang kamar mandi jenis ini agar terasa nyaman.

Bagian tidak sejajar ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda dapat merancangnya sedemikian rupa agar tetap memiliki keunikan, atau dengan kata lain nilai estetika yang mumpuni. Pada bagian yang tidak sejajar tersebut, Anda dapat meletakkan rak penyimpanan peralatan dan kebutuhan mandi.

Desain Rumah Tipe 60; Hunian Nyaman dan Ideal untuk Keluarga

Tertarik menyulap area bawah tangga menjadi kamar mandi kecil yang unik dan artistik? Berikut adalah beberapa cara dan hal yang harus Anda pikirkan serta perhatikan lebih dulu agar ruangan kecil ini bisa tampil maksimal.

Perhatikan Ukuran

Langkah pertama yang harus dilakukan saat merancang kamar mandi bawah tangga adalah dengan mengetahui secara pasti ukuran area yang akan digunakan. Seperti ukuran ketinggian langit-langit, agar orang yang berada di kamar mandi dapat berdiri tegak di dalamnya. Ketinggian ideal sebuah ruang adalah sekitar 2,2 meter.

desain kamar mandi bawah tangga

via alvinodesign

Anda juga harus memerhatikan bagian atap kamar mandi. Karena anak tangga yang menjadi atapnya, maka bagian langit-langitnya menjadi tidak sejajar. Anda dapat mengukur bagian atap tak sejajar tersebut untuk meletakkan rak atau lemari kustom di bagian dindingnya. Sehingga bagian tersebut bisa lebih fungsional sebagai ruang penyimpanan atau storage.

Desain Storage Bawah Tangga; Menyulap Area Tersembunyi Jadi Tempat Penyimpanan Fungsional

Sirkulasi

Area bawah tangga memiliki ukuran ruang yang terbilang mungil, karena itu Anda harus memerhatikan sirkulasi udara agar tidak terasa pengap. Rancanglah akses udara masuk dan keluar di dalam kamar mandi bawah tangga agar tidak lembab dan terasa sesak.

desain kamar mandi bawah tangga

from pinterest

Anda bisa membuat bukaan berupa lubang angin berkisi agar udara dapat tetap masuk dan keluar dengan lancar. Kisi-kisi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan fungsi sebuah jendela. Rancangan ini juga hemat anggaran.

Desain Kamar Mandi Industrial; Hadirkan Kesan Industri yang Artsy & Berbeda dari yang Pernah Ada

Pencahayaan

Pencahayaan juga harus menjadi perhatian saat merancang kamar mandi bawah tangga. Anda dapat mendesain bukaan agar cahaya alami dapat memasuki ruangan kamar mandi. Cahaya matahari yang masuk bisa menjadikan ruangan jauh dari lembab dan jamur.

desain kamar mandi bawah tangga

by pinterest

Pastikan juga instalasi pencahayaan dari lampu yang tersebar merata ke seluruh ruangan. Aturlah agar tidak terlalu terang. Ukuran kamar mandi mungil cukup menggunakan lampu yang biasa saja.

Desain Kamar Mandi Sesuai Zodiak; Cara Tampilkan Suasana Kamar Mandi Sesuai Kepribadian

Jangan lupakan lagi satu hal yang tak kalah penting lainnya; selalu menjaga kebersihan kamar mandi agar nyaman dan sehat ya!

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader