fbpx
Hello, Guest

Desain Plafon Triplek Kamar Tidur yang Eye Catching dan Nyaman

Posted by Angela Nathalia Monday, April 17 2023

InteriorDesignPlafon triplek kamar tidur sangat cocok bagi masyarakat Indonesia. Bahannya yang terbuat dari olahan kayu yang sangat cocok ditempatkan di rumah area pantai maupun pegunungan.

Harga yang murah serta fungsi yang menguntungkan bagi penghuni, membuat bahan ini menjadi pilihan utama untuk melapisi langit-langit kamar tidur.

Plafon kamar tidur dengan triplek mampu meredam suara, sehingga penghuni rumah bisa tidur dengan nyenyak tanpa terganggu suara bising. Kestabilan suhu udara dalam ruang juga bisa terjadi karena plafon triplek tahan terhadap panas dan kelembaban udara saat hujan. 

Langit-langit ruangan juga salah satu elemen yang penting agar desain ruangan terlihat maksimal dan indah. Memilih triplek sebagai bahan dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

  • Mudah saat pemasangan.
  • Fleksibel mudah menyesuaikan bentuk atap ruangan
  • Kedap suara.
  • Kekurangan triplek adalah daya tahannya 10-25 tahun.

Baca Juga :

Jika melihat dari kekurangannya, bukan berarti triplek tak pantas menjadi bagian dari plafon rumah Anda. Justru plafon triplek kamar tidur sangat cocok untuk penghuni yang suka berganti desain, atau kamar tidur penginapan agar lebih mudah upgrade interior

Pada ulasan kali ini Interior Design akan menilik lebih jauh tentang plafon triplek kamar tidur yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk menata rumah.

Plafon Triplek Kamar Tidur

1. Plafon triplek kamar tidur: Kayu klasik

Kamar Tidur Kayu klasik

Contoh desain plafon triplek kamar tidur model klasik terinspirasi dari rumah kayu era 1800-an yang kini dimodifikasi dengan plafon triplek.

Tampilan plafon kayu klasik biasanya disusun berlapis dimana bagian pertama menggunakan triplek polos dan mengaplikasikan triplek bermotif kayu pada bagian luar. Pemasangannya hampir sama seperti lantai vinyl namun harus dilakukan dengan tenaga profesional. 

Kamar tidur kayu minimalis

Anda bisa menyulap bagian loteng menjadi kamar baru. Memilih kayu lapis yang tepat membuat kesan hangat dan bersih tanpa kesan angker. Bagian langit-langit kayu justru memberi efek netral sehingga akan lebih mudah menempatkan furnitur gaya apapun.

Kamar tidur plafon triplek

Model kayu klasik seperti gambar diatas membuktikan bahwa plafon triplek bisa menyesuaikan tatanan interior, bahkan dengan warna yang bertabrakan sekalipun. Sentuhan lampu besi justru menambah keindahan ruangan. 

Kamar lampu kuning

Padu padan lampu kuning dengan langit-langit kayu memberi ketenangan pada penghuni kamar. Tidak terlalu banyak sinar yang masuk membuat mata lebih tenang saat tidur.

Menyiasati sinar yang masuk ke kamar memang penting untuk penghuni rumah, salah satunya dengan memilih plafon triplek bermotif kayu. Apalagi jika kasur yang bersebelahan dengan jendela besar, akan mudah menyilaukan mata. 

Kamar plafon triplek

Kamar anak akan terlihat lebih intim dengan sentuhan plafon triplek bermotif kayu, apalagi jika Anda membeli rumah tua yang tinggi. Jangan lupa memasang lis plafon agar tatanannya terlihat lebih rapi. 

2. Plafon triplek kamar tidur: Polos

Plafon triplek yang polos biasanya akan lebih mudah dicat dan ditambahkan elemen lain, misalnya mengganti lampu. Untuk orang yang sering menyalakan lampu galaxy pada malam hari, plafon triplek polos akan lebih mudah menyesuaikan pantulan cahaya dan menampilkan efek visual yang nyata. 

Mengaplikasikan plafon polos juga bisa meneruskan cahaya matahari masuk ke kamar, sehingga pada siang hari pancaran sinar dari jendela yang masuk akan menerangi seisi ruangan. Artinya plafon polos bisa menghemat listrik. 

Plafon polos sangat cocok diaplikasikan pada segala jenis rumah dan gaya bangunan. Tipe minimalis, modern, atau interior ala victorian bisa sangat disesuaikan dengan keinginan penghuni. 

Plafon polos

Plafon polos akan menambahkan kesan lapang pada kamar tidur, apalagi jika Anda memilih lemari yang tercover dengan cermin. Desain minimalis kamar terlihat anti sumpek yang juga disempurnakan dengan cahaya jendela. 

Plafon Victorian Style

Plafon polos justru tidak membuyarkan kamar dengan victorian style, ruangan justru terlihat lebih elegan dan bergaya. Plafon polos akan memudahkan teknisi saat instalasi lampu kristal, bahkan saat terjadi kerusakan akan lebih mudah untuk diperbaiki.

3. Victorian ornament

American old house atau rumah ala Victorian era akan terlihat jauh lebih maksimal apabila ada ornamen tambahan pada plafon triplek. Biasanya plafon triplek kamar tidur ala victorian ini ditambah pelapis agar ornamen terlihat indah dan khas.  

Victoria Ornamen

Hanya dengan menambah sentuhan garis dan ornamen khas, kamar Anda terlihat indah bak rumah kaum bangsawan Inggris. Pastikan ornamen plafon juga sesuai dengan motif wallpaper. 

Plafon cat emas

Menambahkan plafon dengan list yang dicat emas, menampilkan kesan mewah pada kamar Anda meski ruangannya tidak luas dan mengusung furniture sederhana.

4. plafon triplek kamar tidur: Rustic Wallpaper

Mengaplikasikan wallpaper dinding pada plafon sah-sah saja, malahan akan sangat eye catching. Melapisi plafon dengan wallpaper juga harus dengan lem khusus, karena tembok dan langit-langit terbuat dari bahan yang berbeda. Memilih nuansa rustic sangat tepat untuk yang berjiwa muda, dinamis, dan simpel. 

Rustic Wallpaper

Keunggulan plafon triplek dalam interior design ini adalah mudah untuk dilubangi untuk pemasangan lampu pada beberapa titik yang menyatu dengan langit-langit. Pun juga lampu bintang yang mengandalkan arus listrik dari langit-langit. 

Plafon triplek lampu

5. Kombinasi 

Ide desain plafon triplek dengan mengkombinasikan bahan lain tujuannya adalah untuk memberi sentuhan interior yang berbeda dari biasanya. Jika triplek saja tak cukup, mungkin dengan menambahkan elemen lain unsur estetis akan semakin terlihat. 

Kombinasi plafon triplek

Anda bisa mengkombinasikan PVC dan triplek agar terlihat glossy dan elegan. Biasanya kamar bergaya classy dan luxury menggunakan kedua bahan tersebut.

Kombinasi plavon pvc

Untuk memaksimalkan efek yang hangat dan natural, tidak sedikit resort mengaplikasikan kayu dan triplek sebagai material plafon. Tujuannya untuk menjaga privasi kamar tidur tamu, serta menciptakan suasana yang homey meski jauh dari rumah. 

Plafon dan triplek

Untuk yang berjiwa modern, mencampurkan dua elemen berbeda dalam satu kamar mungkin hal yang seru. Terbukti, kombinasi motif kayu plafon triplek dan wallpaper dengan tambahan lampu kuning, menciptakan kesan dinamis dan classy secara bersamaan. 

6. plafon triplek kamar tidur: Layer Plafon

Adanya layer plafon biasanya tergantung kebutuhan penghuni, bisa jadi karena pertimbangan arus listrik, kondisi bangunan, suhu ruangan, angin yang melintas di kamar, dll.

Terlepas dari berbagai faktor tersebut, layer plafon sebenarnya juga menciptakan tatanan desain yang unik dan bisa menjadi pilihan Anda untuk menata kamar tidur. 

Layer plafon

Plafon layer yang cekung ke atas memberi kesan luas terhadap kamar tidur. Angin dari kipas langit-langit juga akan lebih terarah ke bawah dan tidak bertabrakan dengan angin jendela. Plafon model ini sangat ideal untuk menyesuaikan udara yang ada di dalam kamar.

Plafon model layer ini menambah kesan ideal kamar tidur. Keanggunan kamar yang sudah terlihat jelas dari furniture dan lampu kristal, terlihat lebih manis dengan plafon bertingkat. 

7. Sentuhan Lampu

Rumah tahun 2000-an di Indonesia sudah mulai trend dengan plafon berlampu LED. Kesan elegan dan mewah semakin lengkap dengan adanya plafon kombinasi lampu. Selain sebagai penerangan yang maksimal, lampu yang diaplikasikan memanjang dengan plafon bisa menjadi aspek dekorasi yang menarik. Adapun manfaat lain dari mengaplikasikan lampu LED, yaitu:

  • Pencahayaan yang maksimal di setiap sudut
  • Variasi warna untuk interior
  • Hemat daya, tahan lama
  • Ramah lingkungan
Plafon dengan lampu

Sentuhan lampu LED di bagian tepi langit-langit menambahkan gaya dan cahaya yang elegan. Langit-langit terlihat lapang dan tidak hampa. 

Plafon cahaya elegan

Langit-langit dengan lampu LED lebih aman, karena mengurangi risiko lampu lepas dari penyangga dan kabelnya. Tidak sedikit LED masa kini yang menggunakan sensor tepuk atau suara manusia dan tidak menggunakan saklar. 

Plafon led

Lampu LED tidak mengeluarkan panas yang berlebihan, sehingga bisa berfungsi dengan baik pada listrik tegangan rendah. Keunggulannya, menginstal lampu LED bersama dengan plafon sangat fleksibel mengikuti bentuk ruangan. Bahkan Anda bisa membentuk pola LED sesuai keinginan. 

Baca selanjutnya

ilustrasi plafon triplek
Monday, November 21 2022
Posted by Alyssa Lorenza Soetedjo

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Monday, January 16 2023
Posted by Fadhil Rahman
Rekomendasi Model Plafon PVC Terbaik
Friday, November 18 2022
Posted by Christoper Wibisono
inspirasi plafon pvc
Sunday, December 18 2022
Posted by Gabriella Calysta Taslim

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id