fbpx

4 Gaya Desain ‘Kekinian’ Ini Ubah Kamar Tidur Tampak Lebih Aesthetic

Posted by Michelle Angelica Tuesday, December 8 2020
interior kamar tidur

Interior kamar tidur haruslah dirancang agar bisa mencerminkan karakter dan kepribadian pemiliknya.

Interiordesign.id – Kamar tidur adalah satu bagian rumah yang sangat penting. Ini bisa dirancang sebagai tempat untuk beristirahat, sekaligus juga sebagai tempat untuk bekerja. Tergantung keinginan dan kebutuhan setiap pemiliknya.

Dalam mendesain kamar tidur sendiri, ada banyak pilihan gaya desain yang bisa diterapkan. Mulai dari gaya minimalis, klasik, modern, kontemporer, industrial, ataupun gaya eklektik yang merupakan campuran dari berbagai gaya desain.

Mendekorasi kamar tidur tidaklah terlalu rumit, tetapi juga tidak mudah. Dengan kata lain, mendesain kamar tidur gampang-gampang susah. Namun, jika ada hal penting dalam desain kamar tidur adalah, jangan jadikan penampilan kamar tidur terlihat biasa-biasa saja. Kamar tidur haruslah didesain agar bisa mencerminkan karakter dan kepribadian pemiliknya.

Ada banyak cara untuk melakukannya!

Berikut adalah 4 rekomendasi gaya desain yang bisa jadikan suasana kamar tidur lebih nyaman, fungsional, serta estetik.

  1. Modern Minimalis

Gaya modern minimalis identik dengan segala sesuatu yang simpel, fungsional, dan tertata rapi.

Kamar tidur yang kebanyakan menggunakan gaya modern minimalis biasanya memiliki luasan ruangan yang terbatas dan tidak terlalu besar, sehingga perabotan yang terdapat di dalam ruangan ini juga terbatas.

Umumnya, gaya desain ini tidak menampilkan banyak warna, hanya menggunakan 1 sampai 2 warna saja. Selain itu, aksesori yang digunakan pun hanya aksesori tertentu yang memang dibutuhkan, seperti jam dinding, tanaman kecil sebagai aksen, dan juga beberapa elemen dekor yang tidak terlalu memakan ‘tempat.’

Penampilan ruangan dengan gaya interior modern minimalis ini memiliki ciri khas plafon yang dibiarkan polos tanpa adanya drop ceiling, tidak adanya ornamen-ornamen interior ataupun ukiran apapun, ruangan yang terbuka, dan juga hampir tidak memiliki pembatas ruangan. Kamar tidur modern minimalis juga biasanya menggunakan pilihan warna cat polos dan netral.

Kamar minimalis juga banyak menggunakan motif kayu sebagai aksen dari ruangan pada bagian perabotan yang digunakan.

interior kamar tidur minimalis
Interior kamar tidur minimalis. ~ via floydhome.com
  1. Modern Kontemporer

Gaya desain modern kontemporer merupakan salah satu gaya interior yang paling banyak direkomendasikan para desainer saat sekarang. Biasanya, gaya interior ini juga memiliki hubungan erat dengan gaya modern minimalis.

Namun, karakteristik dari gaya desain kontemporer terletak pada furniture dengan garis yang tegas dan rapi, serta material yang digunakan didominasi kayu dengan pola yang sama. Warna yang digunakan untuk perabot pun biasanya kontras dengan warna dinding, tetapi tetap memiliki satu tone, sehingga lebih nyaman untuk dilihat.

Di samping itu, gaya desain modern kontemporer sering memainkan plafon dengan cara memberi drop ceiling dan juga memakai permainan cahaya semacam hidden light atau lampu tersembunyi di baliknya.

Material yang paling bannyak dipakai gaya desain kontemporer biasanya adalah oakwood. Oakwood diklaim cocok karena memiliki tekstur dan warna serat yang indah.

Kekhasan lain dalam desain interior modern kontemporer adalah perihal pola sirkulasi yang terdapat dalam ruangan tersebut.

interior kamar tidur modern kontemporer
Interior kamar tidur gaya modern kontemporer. ~ via zetwix.com.ua
  1. Bohemian

Bohemian sering digambarkan sebagai semacam ‘gaya hidup’ dari orang orang yang senang mengembara atau memiliki kepribadian ‘bebas’ pada pertengahan tahun 1800-an.

Dalam desain interior sendiri, karakteristik gaya bohemian adalah pemilihan bentuk furniture yang unik dan jarang ditemui. Biasanya bentuk dari furniture-furniture ini tampak ‘langka’ dan cenderung memiliki kesan ‘antik.’

Ruangan dengan konsep bohemian biasanya memiliki ornamen-ornamen penuh warna. Material yang digunakan untuk menampilkan interior dengan gaya desain ini juga cukup sederhana, seperti kayu palet, kain, atau bahkan lampu tumblr.

Lukisan akan terlihat cocok menghiasi interior bergaya boho. Namun, bukan sekadar lukisan di dalam pigura, pengguna ruangan ‘bebas’ melukis langsung dinding ruangan dengan paduan warna-warna tertentu.

Dalam konsep interior bohemain, peran tanaman juga cukup penting. Tanaman indoor yang tidak memerlukan perawatan rumit, bisa menciptakan kesan yang chic serta natural. Tanaman ini jugalah yang menjadikan ruangan bohemian tampak lebih segar.

Interior kamar tidur gaya bohemian
Interior kamar tidur gaya bohemian. ~ via stylecasater.com
  1. Klasik

Gaya desain klasik merupakan salah satu gaya desain yang cukup terkenal. Konsep interior ini adalah yang paling mampu menampilkan kesan mewah serta elegan. Ini menjadi ciri khasnya.

Berbagai ornamen serta ukiran dan pahatan, mendukung kemewahan dari gaya desain interior ini.

Desain klasik memiliki keunggulan melahirkan suatu ‘tempat’ yang berkesan dengan estetika yang sempurna. Pilihan warna yang digunakan pun biasanya adalah warna-warna yang menonjolkan kemewahan dan kemakmuran, seperti emas, cokelat, putih, dlsb.

Untuk perabotan, tidak sekadar perabot dengan bentuk biasa-biasa saja, melainkan perabot yang disertai ukiran serta pahatan dengan kesan mewah. Ini sekaligus menjadi titik fokus dalam desain interior bergaya klasik.

Dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum mendesain ruangan dengan gaya desain klasik, terutama untuk kamar tidur. Interior kamar tidur bergaya klasik kaya akan detail dan hal-hal ‘kecil’ yang jika tidak direncanakan dengan baik, bisa berakibat tidak tercapainya ‘estetika sempurna’ yang diinginkan.

interior kamar tidur gaya klasik
Interior kamar tidur gaya klasik. ~ via princessrococo.tumblr.com

Nah, itulah 4 gaya desain ‘kekinian’ yang bisa kita coba aplikasikan untuk kamar tidur. Gaya desain yang memiliki kekhasan dalam setiap penampilannya.

Intinya, kamar tidur adalah area privat yang tentu saja terkait erat dengan pemiliknya. Mendesainnya sesuai karakter dan kepribadian pemiliknya adalah sebuah keharusan untuk melahirkan ‘ikatan’, kenyamanan, serta estetika yang sempurna. Dan sangat penting untuk diingat, interior kamar tidur adalah juga identitas dari setiap pemiliknya.***


MICHELLE ANGELICA PRAYUGO
Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Passionate, kind and loving.


Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×