fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

10+ Desain Ruang Keluarga Minimalis: Ruang Tengah yang Sangat Penting bagi Seluruh Penghuni Rumah

ruang keluarga minimalis

Ruang Keluarga, biasa disebut sebagai ruang tengah, harus berisi hal-hal yang mampu mengkreasi dan memproduksi suasana menyenangkan dan membahagiakan setiap orang.

Estimated reading time: 7 minutes

Interiordesign.id – Seorang psikolog anak, Dr. Sasha Lynn dari Leftfields, mengatakan, bahwa perasaan bahwa orang tua selalu berada di pihak Anda bisa menjadi sangat positif, terlebih dalam hubungannya dengan proses belajar.

“Hanya dengan mengetahui bahwa mereka memiliki seseorang di sudut mereka, bisa menjadi keuntungan besar bagi anak-anak ketika mereka sedang berjuang dengan belajar. Mereka dapat menunjukkan ketahanan yang lebih besar dan berusaha lebih keras dalam usaha akademis dengan orang tua yang terhubung. Investasi dalam keluarga dapat menghasilkan prestasi akademik yang lebih besar melalui konsolidasi kerja di rumah, komunikasi yang lebih baik dengan orang tua, dan advokasi untuk anak-anak di sekolah,” Kata Lynn, seperti dikutip dari blue room.

Keberadaan keluarga selalu menjadi hal pertama dan terpenting dalam hidup seseorang. Keluarga adalah sumber inspirasi, sumber kebajikan, dan sumber kebahagiaan.

Di era digital seperti sekarang, saat semua orang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, sebuah waktu berkualitas untuk dapat duduk bersama, bersenang-senang, berbagi cerita, bersama orang-orang tercinta, menjadi sesuatu yang sangat mahal.

Sebagian besar mungkin sudah merasa cukup dengan berkomunikasi melalui media sosial, atau beragam fasilitas daring yang tersedia. Namun, kenyataanya, semua itu tidak akan pernah cukup. Ini tidak akan pernah bisa mengganti kesenangan dan kebahagiaan saat bisa duduk bersama.

Ruang Khusus yang Terpisah

Ketika tiba pada kebutuhan sebuah ruang keluarga –ruang tengah– memiliki ruang khusus untuk area ini merupakan preferensi dan selera masing-masing orang. Sebagian mungkin lebih memilih tidak memiliki sebuah ruang khusus yang difungsikan sebagai ruang keluarga, sementara sebagian lainnya merasa sangat membutuhkannya.

Mengutip Annette Lawrence, seorang agen properti, faktanya 11 persen rumah yang terbeli atau terjual kembali pada tahun 2013, memiliki sebuah ruang keluarga yang dirancang “khusus”. Selain itu, terdapat ruangan-ruangan lainnya yang difungsikan sebagai area berkegiatan bersama, playground, atau semacamnya.

Pernyataan Annette tersebut bisa kita artikan, bahwa keberadaan ruang keluarga masih menjadi sesuatu yang sangat penting bagi sebagian besar orang. Bahkan, dalam beberapa rancangan desain rumah, ruang keluarga. atau ruang tengah ini menjadi prioritas. Ia harus ada, dan tentu saja dirancang dengan sangat baik.

Sebagai sebagai ruang komunal, ruang bersama, atau area non privat, ruang keluarga memang menjadi area bersama yang harus dimaksimalkan keberadaanya.

Sementara, seiring perkembangan desain interior, memiliki ruang keluarga khusus bisa jadi tidak terlalu penting. Ini bisa jadi merupakan akibat dari ngetrennya tipe hunian berukuran kecil.

Saat ini, ruangan yang lebih fleksibel, yang lebih versatile, lebih disukai. Di mana misalnya, ruang tamu yang berfungsi sekaligus sebagai ruang keluarga.

Tidak hanya itu, dalam beberapa konsep interior rumah modern kontemporer, ruang keluarga –ruang tengah– dan ruang tamu, bisa berdampingan dengan ruang makan, atau bahkan juga dapur.

Portfolio: Eclectic Designs pada Ruang Keluarga – Samarang, Garut

Ruang Keluarga, Ruang Makan, Dapur

Mendesain sebuah ruang keluarga dalam hunian-hunian kontemporer bisa sangat menantang. Ini bukanlah pekerjaan mudah. Salah satu kendala beratnya adalah soal ukuran atau luasan.

Meski sebenarnya ukuran tidaklah harus jadi masalah, mendekorasi ruang keluarga agar bisa berisi hal-hal yang mampu mengkreasi dan memproduksi suasana yang membahagiakan, tidak akan semudah membalikan telapak tangan. Apalagi yang disasar adalah kebahagiaan semua penghuni rumah.

Tentu ini agak merepotkan. Karena preferensi atau persepsi masing-masing orang tentang “kebahagiaan” itu sendiri tentu berbeda-beda. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana menemukan sebuah konsep desain terbaik yang bisa mengakomodir semua orang, seluruh penghuni.

Bukan hal aneh, bahwa ruang keluarga, dapur, dan juga ruang makan adalah tempat di mana kehidupan dimulai. Area-area komunal inilah fasillitas rumah terbaik untuk memenuhi kebutuhan aktivitas kebersamaan.

Ruang Tengah = Ruang Publik

Seiring kehidupan keluarga yang terus berkembang; bentuk ruang hidup kita; dibentuk oleh, dan bahkan membentuk, dan mengubah pula tren sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.

Mengutip Peter Ward, dalam bukunya History of Domestic Space: Privacy and the Canadian Home, menunjukkan bahwa ruang keluarga, yang juga disebut ruang depan, pernah menjadi tempat keluarga bertemu kenalan dan menampilkan diri ke dunia luar. Ruang keluarga adalah ruang publik di dalam rumah.

Ketika orang-orang Amerika Utara melakukan transisi dari rumah satu orang kolonis ke rumah dengan beberapa ruangan, ruang keluarga dan ruang tamu ditambahkan. Ini bisa ditemukan bahkan di rumah yang relatif kecil pada pergantian abad ini. Tidak seperti rumah-rumah Eropa di era Victoria, yang ruang tamunya jelas merupakan ruang formal, di benua ini, dan kebanyakan di tempat tinggal sederhana, ruang tamu memiliki sentuhan informal.

Merujuk paparan Peter Ward tersebut, keberadaan ruang keluarga ternyata memiliki sejarah cukup panjang. Bahkan tidak jarang menjadi topik perdebatan. Bagaimana keberadaan ataupun ketidakberadaaanya bisa sangat memengaruhi psikologis seseorang, bahkan hingga memengaruhi nilai jual sebuah rumah.

Problemnya kemudian, sebagai pemilik rumah, apakah Anda berniat memiliki sebuah ruang keluarga atau ruang tengah khusus yang terpisah dengan ruangan lainnya atau tidak?

Semua tentu sangat tergantung, dan balik lagi kepada Anda.

Pada intinya, terpisah atau menyatu sekalipun, keberadaan ruang publik atau ruang komunal ini sangatlah penting. Ia memengaruhi banyak hal. Termasuk menjadikannya sebagai faktor penentu kebahagiaan di dalam rumah.

Baca juga: Ide Sederhana Menyatukan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga tanpa Sekat

Portfolio: Ruang Tengah Modern Klasik – Bandung, Jawa Barat

Desain Ruang Keluarga Minimalis

Sebagai inspirasi dan untuk memberi Anda referensi, bagaimana desain ruang keluarga yang baik, berikut adalah contoh desain ruang keluarga minimalis yang bisa coba Anda terapkan di rumah.

Ruang tengah bergaya minimalis modern ini dirancang sangat sederhana, tetapi memiliki penampilan yang estetik dan menarik secara visual. Ini juga dijamin memiliki atmosfer ruang yang bakalan menyenangkan untuk semua orang. Buat Anda dan keluarga tercinta, atau bahkan bagi para tamu dan kolega yang berkunjung ke rumah Anda.

interior ruang keluarga minimalis scandinavian
interior modern
interior ruang keluarga
living dining kitchen
interior ruang keluarga
interior ruang keluarga
interior ruang keluarga
interior modern
interior klasik modern
desain ruang keluarga modern
desain ruang keluarga
interior ruang keluarga

Portfolio:

Ruang Keluarga Minimalis – Sawah Besar, Jakarta Pusat

Dekorasi Ruang Keluarga Minimalis – Depok, Jawa Barat

Jadikan Interior Ruang Keluarga Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id