5 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Tampak Depan

Posted by Nita Nurul  •  Wednesday, December 19 2018

Konsep rumah minimalis adalah menerapkan kesederhanaan guna mendapatkan tampilan terbaik dengan melakukan pembatasan-pembatasan tertentu.

Interiordesign.id – Ada sebuah ungkapan yang menerangkan bahwa “less is more“. Itulah prinsip utama dari gagasan minimalis. Tetapi, pepatah ini sering disalahartikan menjadi pengeluaran yang ditekan seminimal mungkin. Padahal maksudnya adalah kita harus berfokus pada hal-hal yang esensial saja, terutama saat merancang sebuah rumah dengan filosofi tersebut.

Konsep rumah minimalis adalah menerapkan kesederhanaan guna mendapatkan tampilan terbaik dengan melakukan pembatasan-pembatasan tertentu.

Saat ini, rumah minimalis menjadi pilihan yang populer bagi kaum milenial. Alasannya adalah karena desainnya yang cenderung modern dan sederhana. Ditambah lagi, memiliki rumah minimalis dengan lahan yang kecil juga masih tetap memungkinkan, sehingga biaya pembuatan rumah pun bisa ditekan. Akan tetapi, bukan berarti desain minimalis tidak cocok bagi Anda yang menginginkan kemewahan lho! Desain minimalis dengan lahan yang luas dan furnitur berkelas juga bisa menunjukkan kesan mewah dan elegan pada hunian Anda.

Desain Minimalis: Sejarah Singkat, Ciri Khusus & Tip Praktis

Karakteristik dan kelebihan rumah minimalis

desain rumah minimalis tampak depan

cdn.trendhunterstatic.com

Dalam mendesain rumah minimalis, kunci utama yang perlu diperhatikan adalah memaksimalkan fungsi setiap ruangan sehingga tetap bisa memberikan rasa nyaman dan bahagia untuk Anda saat berada di dalam rumah. Jadi, kesederhanaan dalam hal desain dan kenyamanan merupakan dua hal utama yang mencirikan desain rumah minimalis. Ada baiknya jika Anda sudah mempertimbangkan jumlah kamar atau ruangan yang ada di dalam rumah tanpa mengorbankan karakter, nilai estetik, dan kenyamanan Anda.

Desain rumah minimalis memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah tingkat ketahanannya. Biasanya, rumah dengan gaya minimalis menggunakan material dengan tingkat ketahanannya yang tinggi sehingga awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Itulah sebabnya gaya rumah ini tidak akan habis dimakan usia. Selain itu, fleksibilitas desain interior dengan gaya minimalis juga menjadi hal yang membuatnya spesial karena gaya ini mudah dipadupadankan dengan gaya lain.

Dekorasi Rumah Minimalis: Bukan Gaya Interior Sederhana

Desain fasad rumah minimalis

Jika Anda masih sedikit bingung saat memutuskan pilihan gaya minimalis untuk rumah Anda, berikut adalah beberapa inspirasi penampilan fasad rumah gaya minimalis yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum mulai merancang rumah impian Anda.

1. Desain minimalis monokrom

desain rumah minimalis tampak depan

archdaily.com

Desain rumah minimalis dengan mengedepankan warna monokrom memang sedang naik daun saat ini. Warna fasad dengan tema monokromatis memang memberikan kesan sleek dan mewah. Sebenarnya, penggunaan warna monokrom pada desain rumah minimalis mengikuti tren yang sudah lebih dahulu populer di tahun 2016, yaitu desain rumah dengan warna yang sederhana. Bisa diprediksi bahwa penggunaan warna-warna netral dan monokrom masih akan menjadi tren di masa depan.

2. Rumah minimalis split level

desain rumah minimalis tampak depan

arsitektur.me

Inspirasi rumah minimalis lainnya adalah rumah yang menerapkan teknik split level. Split level bisa didefinisikan sebagai gaya rumah dengan lantai yang saling tergantung. Umumnya, di dalam rumah dengan gaya ini ada dua tangga pendek yang akan menghubungkan dua lantai dengan ketinggian yang berbeda. Bisa dibilang ada lantai tambahan di antara lantai satu dan lantai dua. Teknik ini membuat tampilan rumah terlihat menarik dan unik. Selain itu, penerapan split level juga mengoptimalkan tata ruang pada rumah Anda, terlebih jika Anda membangun rumah di lahan yang tidak terlalu luas.

3. Rumah minimalis dengan sentuhan kayu

desain rumah minimalis tampak depan

stevenwardhair.com

Jika Anda ingin menambahkan kesan natural pada hunian Anda, rumah minimalis dengan finishing kayu mungkin cocok dengan karakter Anda. Biasanya, kayu yang digunakan pada desain rumah tampak depan ini dicat menggunakan satu warna atau bahkan hanya dipoles untuk menunjukkan warna alaminya. Kayu yang digunakan pun biasanya berbentuk sederhana, hanya lembaran atau batangan lurus tanpa ukiran atau detail rumit lainnya. Bahan kayu yang biasanya digunakan adalah jenis kayu yang biasa digunakan untuk shading jendela, membuat rangka kanopi, dan lain-lain.

Desain Rumah Minimalis, Rumah Kecil Gati Rizky yang Minimalis Maksimal

4. Rumah minimalis dengan jendela besar

desain rumah minimalis tampak depan

kellerag.com

Desain rumah minimalis tampak depan lainnya yang tidak kalah populer adalah rumah dengan jendela besar atau disebut dengan full-height window. Jendela-jendela besar dipasang di hampir seluruh bagian fasad rumah. Pengaplikasian jendela ini memberikan kesan luas dan menghubungkan antara outdoor dan indoor pada rumah. Selain itu, full-height window juga membuat rumah terkesan stylish namun tetap sederhana.

Kaca yang bening juga bisa membawa masuk sinar matahari sehingga pencahayaan rumah sudah pasti bagus. Ini juga yang membuat penggunaan jendela besar bisa dibilang ramah lingkungan karena mampu menerangi seluruh bagian rumah tanpa lampu dari pagi hingga sore hari. Anda juga akan terjauh dari kesan pengap.

5. Desain geometris futuristik

desain rumah minimalis tampak depan

cdn.trendir.com

Inspirasi desain rumah minimalis tampak depan selanjutnya cocok bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan kesan futuristik dan mewah. Biasanya, rumah dengan konsep minimalis futuristik menonjolkan bentuk-bentuk geometris seperti kubus, trapesium, atau bentuk lain dengan sudut-sudut tajam. Tentu saja desain ini bukanlah desain yang konvensional dan cocok untuk Anda yang kreatif dan menyukai hal-hal unik. Selain itu, desain rumah ini biasanya menggunakan warna-warna netral seperti putih untuk menunjukkan kesan futuristiknya.

Setelah melihat 5 inspirasi desain rumah minimalis tampak depan di atas, apakah Anda sudah menemukan mana yang sesuai dengan karakter dan kepribadian Anda?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Nita Ramadhita

By Nita Nurul

Graduated from Universitas Pendidikan Indonesia majoring English Literature, Nita aspires to be a language enthusiast who has a passion for collecting good books and being a wordsmith.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader