Desain Rumah Monokrom, Tampilan Simpel dan Modern Hunian Masa Kini

Posted by Ian Iskandar  •  Thursday, July 27 2017

Desain rumah monokrom adalah gaya desain yang memberikan tampilan simpel dan modern untuk hunian masa kini.

Interiordesign.id – Mungkin banyak yang berpikir jika penggunaan warna monokrom akan memberikan tampilan serta suasana yang sangat membosankan. Monokrom terdiri dari dua warna yaitu hitam dan putih, bagi sebagian orang dianggap kaku. Sehingga banyak yang tidak memilih warna ini sebagai bagian dari desain interior rumah mereka.

Faktanya, banyak sekali desain rumah yang menggunakan pilihan warna monokrom. Desain monokrom banyak digunakan untuk rumah minimalis yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Monokrom akan memberikan kesan yang luas pada rumah berukuran kecil, serta kesan simpel sekaligus modern.

Monokrom memiliki penggemarnya sendiri, terutama bagi pecinta warna hitam dan putiih. Karena dua warna ini dapat memberikan suasana yang tenang dan nyaman bagi penghuni rumah maupun tamu yang berkunjung.

| Desain Dapur Scandinavian, Interior Dapur Mungil yang Serba Putih dan Cantik

| Mempercantik Tampilan Ruang dengan Skema Pewarnaan “Triadic” & “Analogous”

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas menemukan fakta bahwa sebuah situs web dengan palet latar monokromatik paling mudah dibaca orang-orang. Para ilmuwan pun mengaitkan temuan ini dengan fakta bahwa otak kurang memproses tampilan monokratik. Hal ini membuat kita dapat berkonsentrasi pada konten web.

Dengan temuan tersebut, Anda juga dapat menerapkan prinsip yang sama pada tampilan monokrom sebagai desain ruangan di rumah Anda.

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mengecat rumah dengan warna monokrom adalah memilih motif. Jika Anda sudah memilih motif, maka Anda dapat menentukan pola yang selanjutnya akan dibuat untuk menghasilkan hal memuaskan. Pilihlah cat terbaik dan tentukan ruangan yang akan dicat. Pilihlah ruangan tertentu yang sekiranya akan menjadi nyaman dengan hadirnya nuansa monokrom.

| 4 Skema & Kombinasi Pewarnaan yang Populer pada Desain Interior

Anda bisa membuat rumah dengan tema monokrom secara keseluruhan ataupun hanya sebagian ruangan saja. Pilihlah ruang yang Anda inginkan memakai warna monokrom dan saatnya bermain dengan hitam putih.

Dengan menerapkan beberapa tips berikut, kombinasi dua warna hitam dan putih ini ternyata mampu memberikan tampilan yang menarik hati.

Desain Rumah Monokrom: Istimewa & Modern

desain rumah monokrom

Meski hanya terdiri dari dua warna saja, namun monokrom akan memberikan tampilan rumah menjadi terlihat lebih istimewa dan modern.

Desain Rumah Monokrom: Pola Unik

desain rumah monokrom

via society6.com

Buatlah pola-pola unik yang membuat rumah Anda semakin menarik. Anda bisa membuat, pola dot pada lemari pakaian, pola silang pada dapur dan pola-pola lainnya. Eksplorasikan pola-pola yang bisa Anda terapkan pada rumah monokrom.

Desain Rumah Monokrom: Memadukan Warna Lain

desain rumah monokrom

via livingroomideas.com

Hadirkan warna lain pada ruangan sehingga desain monokrom tidak terlihat monoton. Namun perlu diingat untuk tidak memadukannya dengan warna lain yang terlalu kontras. Hindari warna merah, kuning, biru dan warna terang lainnya yang dapat membuat tema monokrom hilang. Pilihlah warna emas atau abu-abu untuk memadukan warna monokrom. Warna hijau gelap, emas dan abu-abu, akan membuat kesan monokrom tetap terlihat.

Desain Rumah Monokrom: Tanaman Hias
desain rumah monokrom

via pinterest

Tanaman hias yang hidup ataupun artificial juga dapat memberikan kesan segar dan cantik pada ruangan Anda. Warna hijau daun pada tanaman akan memberikan sentuhan berbeda dan menghilangkan kesan monoton pada ruangan. Namun agar suasana monokrom tetap dominan, hindari menggunakan tanaman yang memiliki warna terlalu mencolok.

Desain Rumah Monokrom: Kreasikan Dinding & Furnitur
desain rumah monokrom

via pinterest

desain rumah monokrom

via nyde.co.uk

Kreasikan bagian dinding dan furnitur untuk mendapatkan rumah minimalis yang modern. Tambahkan furnitur kayu, seperti lemari, kursi, meja dan kursi. Kombinasikan warna furnitur dengan warna tekstur kayu yang lembut dan sedikit kusam serta beberapa saja furnitur berwarna putih atau hitam.

Desain Rumah Monokrom: Aksesori
desain rumah monokrom

via pinterest

Untuk mempercantik ruang monokrom, Anda dapat hiasi dengan lukisan dan foto berbingkai kayu. Menambahkan lampu gantung bernuansa hitam putih juga merupakan aksesoris yang dapat Anda gunakan. Kreasikan aksesori dengan warna-warna cerah dapat memberikan sentuhan ceria yang membuat ruang monokrom terasa semakin hidup dan tidak membosankan.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

image: society6.com, livingroomideas.com, Pinterest,

Tags: , , ,

Ian Iskandar

By Ian Iskandar

Test test teste test

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader