warna cat kamar tidur yang menenangkan

6 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

Posted by Erica Apriliani  •  Wednesday, May 22 2019

Interiordesign.id – Warna memiliki pengaruh terhadap psikologi manusia. Ia memengaruhi mood serta emosi, dan bisa menjadi bentuk komunikasi non-verbal yang bisa mengungkapkan pesan-pesan tertentu. Bahkan, ada yang dinamakan dengan colourology, yaitu jenis ilmu komunikasi visual yang menggunakan warna sebagai metode penyembuhan.

Setiap warna memiliki gelombang energi yang berbeda-beda. Dampak yang ditimbulkannya pun, terhadap psikologi seseorang, juga berbeda-beda.

Menurut Carl Jung, psikolog ternama asal Swiss, warna adalah alat yang vital dalam psikoterapi. Ia mengatakan bahwa setiap warna merupakan simbol dari suatu keadaan atau kondisi.

Kini, kita dapat mudah menemukan berbagai interpretasi soal warna di berbagai bidang. Mulai dari perfilman, kesehatan, desain grafis, fotografi, hingga desain interior.

Dalam desain interior sendiri, warna merupakan salah satu elemen paling penting. Warna cat interior mampu menciptakan kesan dan suasana tertentu. Oleh sebab itulah, pemilihan warna tidak bisa dilakukan secara sembarang.

Kesalahan dalam memutuskan pilihan warna, bisa menyebabkan suasana yang tidak nyaman. Hal ini berlaku untuk setiap ruangan di dalam rumah.

Mari kita ambil contoh pilihan warna kamar tidur. Sebagai ruangan yang fungsi utamanya untuk beristirahat, kamar tidur harus dirancang senyaman mungkin. Dan untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, warna memainkan peran yang cukup besar.

Anda harus berhati-hati memutuskan pilihan warna apa yang akan menjadi skema warna utama di kamar tidur. Pemilihan warna-warna yang menenangkan adalah keputusan terbaik untuka menjadikan ruangan tersebut memiliki tingkay kenyamanan maksimal.

Nah, mari simak pilihan warna apa saja yang terbaik untuk menjadikan kamar tidur sangat nyaman dan menenangkan. Berikut di antaranya:

  1. Warna Putih

warna cat kamar tidur yang menenangkan; warna putih

~ via cityhack

Putih adalah warna yang melambangkan kemurnian dan kebersihan. Warna netral ini juga dipercaya dapat memberikan ketenangan, meredakan stres, dan menyegarkan pikiran. Bahkan, ruangan bercat putih diklaim sangat ideal bagi wanita yang sedang hamil.

Karena sifatnya yang netral, warna putih juga sangat mudah dikombinasikan warna-warna lain. Selain itu, dinding berwarna putih mampu menjadikan kamar tidur terlihat lebih terang dan bercahaya.

Tetapi, apabila anda merasa warna putih terlalu ‘dingin’, anda bisa mengombinasikannya dengan warna lain, atau cobalah untuk memberinya aksen. Di samping itu, anda juga bisa menggunakan warna off white agar kamar tidur terasa lebih hangat.

  1. Warna Biru

warna cat kamar tidur yang menenangkan; warna biru

~ via dreamhomeideas

Biru disebut sebagai salah satu warna yang paling ‘santai’ dalam spektrum warna.

Dalam desain interior, warna biru sering digunakan untuk ruangan yang membutuhkan suasana damai dan nyaman. Menurut feng shui, warna biru bisa mengurangi kecemasan serta menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, biru adalah salah satu pilihan terbaik jika anda menginginkan ketenangan di dalam kamar tidur.

  1. Warna Abu-abu

warna cat kamar tidur yang menenangkan; warna abu-abu

~ via masimes

Banyak orang yang percaya bahwa warna abu-abu adalah dingin dan kelam. Sebuah anggapan yang tidak terlalu keliru.

Namun sesungguhnya, warna abu-abu mampu menghadirkan ketenangan serta mendinginkan pikiran. Abu-abu adalah warna yang memiliki kesan luas, stabil, serta menentramkan.

Tipsnya; padukan pilihan warna ini dengan elemen dekoratif yang memiliki unsur warna biru atau putih. Karena jika tidak, warna abu-abu yang terlalu mendominasi bisa menimbulkan suasana yang terlalu dingin. Dan untuk menghindari kesan kusam pada ruangan, pilihlah warna abu-abu mutiara yang memiliki karakter lebih lembut.

Bacaan terkait:

Cara Mendekorasi Kamar Tidur untuk Membantu Mendapatkan Tidur Berkualitas

  1. Warna Hijau

warna cat kamar tidur yang menenangkan; warna hijau

~ via livetheorganicdream

Pernakah anda merasa lebih tenang dan santai saat sedang berada di alam atau halaman rumah? Ya benar. Ketenangan itu berasal dari pancaran warna hijau yang sangat dominan. Hijau bisa menjadikan seseorang sangat bersemangat, tenang, serta merasa segar secara visual.

Kesan harmonis juga dapat dimunculkan oleh warna hijau. Oleh karenanya, warna ini sangat cocok sebagai skema warna utama di kamar tidur anda.

  1. Warna Merah Muda

Kamar tidur dengan dinding berwarna dusty pink dipercaya mampu menurunkan risiko stres serta depresi.

warna cat kamar tidur yang menenangkan; warna merah muda

~ via pinterest

Selama ini, warna merah muda atau pink selalu identik dengan segala sesuatu yang girly. Padahal, warna ini bisa memberi dampak yang menenangkan serta damai ke dalam ruangan. Bahkan, menurut feng shui, merah muda dipercaya bisa mengontrol energi di dalam ruangan sehingga bisa menciptakan suasana yang menenangkan.

Untuk kamar tidur sendiri, gunakan warna merah muda dengan karakter kalem seperti dusty pinkSelain terlihat manis, kamar tidur dengan dinding berwarna dusty pink juga dipercaya mampu menurunkan risiko stres serta depresi.

  1. Warna Ungu

warna cat kamar tidur yang menenangkan; warna ungu

~ via acsib

Warna yang melambangkan kemewahan serta keromantisan ini bisa membawa keseimbangan serta ketenangan batin.

Anda bisa memilih berbagai shade warna ungu untuk interior kamar tidur anda. Seperti warna lilac atau ungu keabu-abuan yang bisa anda jadikan sebagai alternatif jika tidak menginginkan warna ungu yang terlalu berani.

Atau warna ungu yang lebih soft seperti lavender, yang juga bisa menjadikan kamar tidur memiliki kesan lembut, damai, dan nyaman.

Bacaan terkait:

Pengaruh Warna pada Psikologi Seseorang

Fungsi dan Pengaruh Warna Terhadap Suasana Hati

Nah, itulah beberapa rekomendasi warna cat kamar tidur yang menenangkan yang bisa anda coba. Warna apa yang menjadi favorit anda?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram