Desain Rumah Kecil yang Bisa Dilipat dan Dipindah; Rancangan Arsitektur Rumah Masa Depan

Posted by HinaYana  •  Thursday, February 14 2019

Rumah kecil hasil rancangan Ten fold engineering seluas 60 meter persegi dengan struktur modular portable dan siap pakai sekali dibuka.

Interiordesign.id – Memiliki hunian aman dan nyaman merupakan impian semua orang. Bagi sebagian orang bahkan menjadi impian seumur hidup. Tidak semua orang memiliki lahan yang cukup, serta anggaran dan biaya yang memadai untuk membangun dan memiliki sebuah rumah.

Melansir CNN, berkat hasil rancangan canggih Ten Fold Engineering, kini saatnya melirik rancangan arsitektur masa depan dengan rancangan super canggihnya. Sebuah rumah prefabrikasi yang tidak membutuhkan pondasi atau bahkan alat berat untuk membangunnya.

Desain rumah kecil prefabrikasi

Rumah kecil ini bisa berdiri di mana saja. Fleksibilitas dan kecepatan menjadi kunci dan keunggulan model rumah prefab buatan ten fold.

Sekali dibuka, rumah ini bisa berdiri hanya dalam waktu hitungan menit. Bahkan tidak sampai sepuluh menit.

Desain Rumah Kecil dan Sederhana; “Small is Beautiful”

Desain Rumah yang Fleksibel

Ten Fold Engineering adalah sebuah firma arsitek berbasis teknologi dari Inggris. Mereka berhasil merancang sebuah uBox berukuran lebih kurang 60 meter persegi yang bisa dilipat. Sebuah Bangunan portabel yang bisa merakit dirinya sendiri secara otomatis, bahkan tanpa memerlukan fondasi ataupun alat berat.

Seperti diberitakan CNN, desain rumah prefab portabel ini menggunakan sistem tuas yang dipatenkan yang memungkinkan bagian-bagian struktur yang berbeda bergerak secara bersamaan saat bangunan terbentang.

Seperti sebuah kontainer pengiriman, rumah dapat ditumpuk di atas satu sama lain untuk penyimpanan atau transportasi.
Desain rumah prefab
Rumah siap pakai ini sengaja dirancang untuk menawarkan fleksibilitas kepada pemilik rumah, kata arsitek Inggris David Martyn, pendiri Ten Fold Engineering.

“Di dunia baru, kita butuh kelincahan karena segala sesuatunya berubah sepanjang waktu,” katanya, kepada CNN.
Desain rumah kecil prefabrikasi ten fold engineering

3 Rumah Mungil ‘Prefabrikasi’ Ini Punya Desain yang Super Keren dan Juga Ramah Lingkungan

4 Desain Rumah Kontainer, Rumah Idaman Alternatif

Rumah Prefabrikasi Mahal

Dengan biaya pembuatan satu unitnya mencapai Rp. 1.7 miliar rupiah, rumah modular ini memang terdengar sangat mahal. Tetapi bagi Anda yang membutuhkan fleksibiltas dan kecepatan untuk dapat beradaptasi dengan gaya hidup ultra-modern seperti saat sekarang, semuanya sangatlah sepadan.

Desain rumah prefab hasil karya ten fold juga dapat diangkut menggunakan sebuah truk. Ia bisa membongkar dirinya sendiri tanpa bantuan crane atau bahkan pekerja. Sekali dibuka, dapat berdiri dengan kokoh hanya dalam waktu hitungan menit.

Diakui ten fold, inovasinya ini awalnya sengaja dirancang sebagai rumah. Namun strukturnya yang luwes dan fleksibel, rancangannya bisa dijadikan untuk bangunan lain, residensial ataupun komersial. Kantor, pertokoan, restoran atau bahkan sebuah ruang pameran.

Desain rumah kecil prefab rancangan ten fold engineering

Dengan kecanggihannya, rumah prefab dapat dipindah-pindah sesuai kehendak dan selera. Tidak membutuhkan lahan yang luas dan bantuan alat berat untuk mendirikannya.

“Anda bisa memilikinya di sebuah gunung di musim dingin dan di pantai pada musim panas,” kata sang pendiri perusahaan seperti dikutip CNN.

Desain rumah kecil prefab rancangan ten fold engineering

Rumah Kecil Modern; 4 Desain Interior, Eksterior dan Denah Lantai Rumah Kecil Modern-Minimalis

Rumah Kecil Minimalis: Cara Terbaik Mendekorasi Ruangan Kecil

Desain Rumah Kecil yang dapat Dipesan Sesuai Pesanan

Di sisi lain, Andrea De Boor, manajer pengembangan bisnis Ten Fold, memberi keterangan bahwa desain rumah yang dirancang perusahaannya ini dapat dipesan sesuai pesanan.

“Bergantung pada persyaratan individu, ini bisa dipesan lebih dahulu, dibuat sesuai pesanan atau diproduksi massal,” katanya.

De Boer mengungkapkan bahwa produk uBox berada dalam “tahap pertama” dan tidak akan mengungkapkan berapa banyak unit yang telah terjual perusahaan.

Terlepas dari potensi manfaat rumah portabel canggih tersebut, Ten Fold tidak menganggap dirinya bertentangan dengan arsitektur tradisional.

“Teknologi kami harus dilihat sebagai pelengkap dan mendukung industri infrastruktur tradisional,” kata De Boer. “Struktur ini adalah aset properti yang dapat diangkut.”

Sekarang semuanya tergantung dan terserah calon pemilik rumah. Ten fold tidak mengklaim dirinya bahwa setiap orang harus memiliki model rumah prefab hasil rancangannya. Mereka hanya memberikan sebuah inovasi untuk membantu setiap orang melakukan lebih banyak hal dengan lebih baik.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram