Desain Wastafel; Merancang Tampilan Wastafel yang Unik dan Berbeda dari Biasanya

Posted by Nita Hidayati  •  Friday, March 29 2019

Wastafel dengan penampilan unik dan khas bisa menjadi salah satu cara untuk dapat menampilkan suasana ruang yang benar-benar berbeda.

Interiordesign.id – Banyak cara untuk kreasikan setiap bagian dan area di dalam rumah, salah satunya dengan cara merancang sebuah wastafel dengan model dan penampilan yang unik.

Wastafel adalah tempat mencuci tangan yang dilengkapi kran dan juga biasanya sebuah cermin, terletak di area toilet atau area dapur. Wastafel dapat Anda rancang sedemikian rupa agar memiliki tampilan yang unik dan berbeda.

Fungsi wastafel di dalam rumah sebenarnya tidak hanya sebagai tempat mencuci tangan, namun juga bisa untuk kegiatan lainnya. Seperti mencuci muka, menggosok gigi, hingga menyukur janggut. Selain itu juga terdapat wastafel cuci piring yang biasanya diinstalasi teritegrasi dengan bagian dapur atau kitchen set. Wastafel jenis ini biasa disebut sebagai kitchen sink.

Perbedaan wastafel dan kitchen sink?

desain wastafel

kitchen sink by olivertwistbistro.com

Sepintas, wastafel dan kitchen sink memiliki kesamaan bentuk, namun jika Anda perhatikan, terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.

Wastafel adalah area mencuci tangan, muka dan kebutuhan seputar perawatan tubuh. Sementara kitchen sink adalah tempat mencuci kebutuhan memasak serta mencuci piring dan peralatan masak.

Kitchen sink dilengkapi dengan sebuah wadah menyerupai bak yang bentuk dan ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan wastafel.

Sesuai namanya, keberadaan kitchen sink umumnya berada di area dapur. Sementara wastafel sendiri umumnya berada di area toilet. Meski begitu letak wastafel sebenarnya lebih fleksibel karena bisa ditempatkan di mana saja.

desain wastafel kamar mandi

wastafel modern minimalis by voorlichtingsburowonen.nl

Wastafel termasuk bagian terpenting di dalam rumah, namun sayangnya masih jarang orang-orang memberi perhatian lebih pada bagian ini. Padahal dengan sedikit kreativitas, Anda dapat memiliki model atau desain wastafel yang unik dan berbeda dari yang pernah ada. Wastafel dengan model dan penampilan unik pun tidak hanya milik resto atau kafe saja, Anda dapat membawa desain unik tersebut ke dalam rumah Anda. Tertarik mencoba?

Wastafel Unik Bergaya Futuristik, Kenapa Tidak?

Bagi para penyuka konsep desain futuristik, Anda bisa coba menampilkan gaya tersebut pada desain wastafel. Desain wastafel bergaya futuristik hadir dengan penampilan yang sangat simpel. Ia hanya bermain dengan pola-pola geometris yang terlihat sangat unik.

Gaya desain futuristik sendiri hadir dengan sentuhan masa depan dan kerap mengeksplore bentuk-bentuk yang tidak lazim, seperti kotak atau bulat. Serta tak jarang, ada pula yang memiliki bentuk tidak beraturan.

desain wastafel gaya futuristik

via Home-designing.com

Sementara untuk warna, Anda bisa memilih warna putih dan silver sebagai warna khas yang menunjukkan desain futuristik.

Desain Wastafel Gaya Industrial

wastafel unik gaya industrial

via Pakeotac

Jika ruangan di rumah Anda menggunakan konsep desain industrial, coba maksimalkan penampilan khasnya dengan juga memilih gaya dan model serupa untuk wastafel.

Ada banyak ide untuk mendesain wastafel bergaya industrial. Anda dapat mengkreasikannya dengan melihat material bergaya unfinished. Atau bahkan Anda bisa merancang sendiri dari barang-barang bekas dengan metode upcycle.

Wastafel DIY bisa menjadi salah satu car unik untuk menampilkan kesan tidak terlupakan pada area kamar mandi atau dapur di rumah Anda.

wastafel DIY

via imgur.com

Desain Wastafel Unik Gaya Natural

Penyuka sesuatu yang berbau alam alias gaya natural, dapat juga mencoba konsep desain tersebut untuk wastafel.

Anda dapat memiliki desain wastafel unik bergaya natural dengan mengganti bagian wadah wastafel menjadi sebuah mini akuarium berisi ikan misalnya.

wastafel unik

via thisiswhyimbroke.com

Anda dapat melihat ikan-ikan saat dan ketika mencuci tangan atau menggosok gigi. Menjadikannya sesuatu yang sangat unik dan menarik.

Dan untuk semakin mempertegas kesan natural, tambahkan sedikit tumbuhan air alami maupun sintetis yang membuat wastafel semakin terlihat cantik dan berbeda.

Selain menyerupai akuarium, Anda juga dapat memiliki desain wastafel unik bergaya natural dengan menggunakan bagian wadah berbahan marmer ataupun keramik. Wastafel bentuk ini sudah pasti termasuk desain wastafel unik dengan penampilan yang modern sekaligus natural.

desain wastafel unik

via sanitairkamer.nl

Anda bisa memilih wastafel batu berbahan kerikil teratur yang ditumpuk ataupun menggunakan keramik halus. Ini merupakan jenis wastafel yang sangat cocok dihadirkan pada rumah-rumah dan area kamar mandi bergaya minimalis, modern dan natural.

Sedikit simpulannya, wastafel mungkin hanya salah satu bagian yang hanya diperhatikan fungsinya saja. Tetapi, dalam desain interior sendiri, setiap unsur, elemen, dan setiap bagian adalah detail-detail penting yang harus mendapatkan perhatian. Elemen desain sekecil apapun, jika dirancang unik, khas serta berbeda, bisa memberi tambahan ekstra estetika ke dalam setiap ruangan di rumah Anda.

Desain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

Jadi, sudahkah Anda merencanakan dekorasi rumah hari ini?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader