fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Gaya Desain Dutch Renaissance : Pengertian, Sejarah, Dan Cara Penerapannya Kedalam Ruangan

gaya desain Dutch Renaissance

Gaya Dutch Renaissance mengikuti arsitektur Gotik dan digantikan oleh arsitektur Barok. Dikembangkan pertama kali di Florence, dengan Filippo Brunelleschi sebagai salah satu inovatornya, yang akhirnya dengan cepat menyebar ke Belanda.

InteriorDesign.id – Terinspirasi oleh gaya Renaisans Italia dan menampilkan elemen seperti simetri, proporisi, dan ornamentasi yang kompleks. Gedung-gedung yang dibangun dalam gaya ini sering memiliki dua atau tiga lantai dengan tiang-tiang yang menonjol dan ornamentasi kayu yang indah.

Sejarah Dutch Renaissance dimulai pada awal abad ke-17, saat Belanda mengalami masa keemasan ekonomi dan kultural. Pada saat itu, Belanda menjadi negara maritim yang kuat dengan perdagangan yang berkembang dan kolonisasi yang luas. Ini memungkinkan Belanda untuk memperoleh banyak pengaruh arsitektur dan desain dari berbagai negara, termasuk Italia, yang menjadi sumber inspirasi utama Dutch Renaissance.

Dutch Renaissance menampilkan gaya arsitektur yang simetris dan proporcional, dengan ornamentasi yang kompleks dan hiasan kayu yang indah. Gedung-gedung yang dibangun dalam gaya ini sering memiliki dua atau tiga lantai dengan tiang-tiang yang menonjol. Dutch Renaissance juga menyebar ke bidang lain seperti seni dan desain interior.

Beberapa contoh yang populer dari arsitektur Dutch Renaissance di Belanda termasuk Gedung Negara di The Hague, Gedung Raadhuis di Amsterdam, dan Gedung Vleeshal di Haarlem.

Kelebihan Desain Dutch Renaissance

  • Simetri dan Proporcionalitas
    Gedung-gedung yang dibangun dalam gaya ini memiliki tata letak yang simetris dan proporcional, yang menciptakan kesan harmoni dan keseimbangan.
  • Ornamentasi yang indah
    Menampilkan ornamentasi yang kompleks dan hiasan kayu yang indah, yang menambah keindahan gedung-gedung dan membuatnya tampak lebih mewah.
  • Menampilkan kemajuan teknologi
    Dutch Renaissance menampilkan teknologi yang lebih maju, seperti pencahayaan yang lebih baik dan sistem pemanas yang lebih efisien.

Kekurangan Desain Dutch Renaissance

  • Mahal
    Desain yang kompleks dan ornamentasi yang indah membuat gedung-gedung yang dibangun dalam gaya ini sangat mahal untuk dibangun dan dipertahankan.
  • Sulit diadaptasikan
    Karena tata letak simetris dan proporcional, gedung-gedung dalam gaya Dutch Renaissance sering kali sulit diadaptasikan untuk kebutuhan modern.
  • Kurang praktis
    Beberapa elemen desain dapat menyulitkan dalam hal kenyamanan dan fungsi, seperti jendela yang kecil atau ruangan yang terlalu mewah.

Bagaimana Cara Penerapannya Untuk Ruangan

Tata letak ruangan harus simetris dan proporcional, dengan meja atau perabotan yang diletakkan secara simetris dan proporcional.

Menambahkan ornamentasi yang indah, seperti hiasan kayu atau patung, akan menambah keindahan ruangan dan menciptakan kesan mewah.

Warna yang digunakan harus sesuai dengan warna yang digunakan pada masa Dutch Renaissance, seperti warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan biru.

Menambahkan elemen klasik seperti kolom atau arsitektur yang klasik akan menambah kesan tradisional pada ruangan.

Menambahkan elemen klasik seperti kolom atau arsitektur yang klasik akan menambah kesan tradisional pada ruangan.

Perlul diingat bahwa desain ini ditujukan untuk menciptakan estetika yang klasik dan mewah, sehingga fokus utama adalah pada elemen estetika dan bukan pada kenyamanan dan fungsi.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id