Desain Interior Neoklasik, Gaya Interior Rumah yang Mewah dan Elegan

Posted by HinaYana  •  Friday, December 20 2019

Gaya desain interior neoklasik muncul di Inggris dan Prancis sekitar tahun 1750-an selama Age of Enlightenment, seiring kebangkitan minat terhadap filsafat dan sastra Yunani dan Romawi klasik.

Interiordesign.id – Gaya desain interior klasik adalah gaya yang mengedepankan tampilan yang mewah dan elegan. Gaya klasik juga disebut-sebut sebagai gaya desain yang katanya gaya tak lekang oleh zaman.

Klasik tidak pernah ketinggalan mode. Konsep interior ini selalu terlihat elegan, stylish, dan terkendali. Namun, dalam beberapa situasi, gaya interior klasik juga dapat terlihat kusam dan tidak menyenangkan.

Banyaknya ornamen-ornamen, hiasan, aksen, dan beragam ukiran yang berlebihan, bisa jadi dianggap terlalu membosankan.

Oleh sebab itu, gaya klasik juga banyak dimodifikasi dan dipermak ulang sehingga akhirnya melahirkan apa yang disebut gaya neo-klasik.

Gaya desain interior neoklasik muncul di Inggris dan Prancis sekitar tahun 1750-an selama Age of Enlightenment, seiring kebangkitan minat terhadap filsafat dan sastra Yunani dan Romawi klasik.

Gaya desain interior neoklasik

Gaya desain interior neoklasik. ~ via design studio ideas

Desain interior neoklasik berakar dari Yunani-Romawi, desain yang sama untuk menggabungkan kolom, hiasan, tangkai bunga, ornamen, dan perabotan dengan kualitas terbaik ke dalam dekorasi interior.

Meski sangat kaya dan detail, desain Neoklasik sebenarnya lebih merupakan penyempurnaan gaya desain klasik era sebelumnya.

Di bawah ini  adalah 7 langkah mudah untuk mendapatkan tampilan ala desain interior neoklasik yang sempurna di rumah Anda.

Perhatikan beberapa elemen kunci saat mencoba merancang interior dengan pilihan gaya neoklasik berikut:

Desain Neoklasik cenderung menghindari nuansa gelap

Jika Anda ingin menerapkan gaya neoklasik ke dalam rumah Anda, pilihlah pemakaian berbagai pilihan warna ringan.

Kombinasi warna ringan atau soft akan memberikan dan menampilkan nuansa  ruang yang terlihat lebih luas dan lapang.

Gaya desain interior neoklasik

~ via design studio ideas

Aksen warna

Aksen warna pada desain neoklasik dapat membantu mencairkan interior monokrom yang biasa digunakan pada gaya klasik dan membuatnya terlihat lebih semarak serta menggairahkan.

Gaya desain interior neoklasik

skema warna dalam interior neoklasik. ~ via pinterest

Neoklasik memperluas batas material yang digunakan

Kini Anda bisa melihat tidak hanya bahan alami tetapi juga material artifisial dalam interior klasik.

Mereka mudah berbaur dengan apapaun konsep desain interior. Dan jika ada syarat untuk melakukannya, satu-satunya syarat adalah semua bahan harus berkualitas.

Gaya desain interior neoklasik

~ via pinterest

Klasikisme yang becampur dengan modernitas

Untuk mempertahankan fitur klasik dan memadukannya dengan unsur yang ada dalam desain modern, gunakan unsur-unsur yang spesifik dalam gaya interior klasik.

Mereka adalah cetakan langit-langit, lengkungan atau pilar, serta tentu saja, furniture. Bagimana perabotan-parabotan klasik dengan lekukan, pahatan, dan finishing yang sempurna, terlihat sangat elegan.

Gaya desain interior neoklasik

~ via brabbu

Neoklasik minimalis

Berbeda dari klasik, neoklasik adalah gaya yang santai yang juga menampakan kesederhanaan dan bahkan minimalis. Iya, minimalis. Klasik juga bisa diatur sedemikian rupa agar minimal.

Dengan sedikit penggunaan model furniture klasik, ini membantu melestarikan rasa kebebasan dan memperluas space. Setiap perabot tidak hanya cantik tetapi juga fungsional.

Anda tidak akan menemukan laci dan lemari yang fantastis dalam interior neo-klasik. Perabotan dengan bentuk yang sederhana tanpa kemegahan yang berlebihan, akan terlihat jauh lebih tepat.

Gaya desain interior neoklasik

~ via design studio ideas

Instalasi pencahayaan

Pencahayaan memainkan peran yang sangat penting dalam interior neoklasik.

Instalasi pencahayaan yang baik seperti dalam interior klasik dapat memberikan suasana hati yang baik.

Anda perlu mempertimbangkan beberapa tingkat cahaya, dan tentu saja memberi peran utama pada lampu gantung plafon. Ini mungkin menyerupai lilin atau sesuatu yang berkilau berbentuk kristal.

Aturannya saja, -hindari hiasan yang berlebihan. Semuanya harus terlihat mudah, anggun, dan halus.

Gaya desain interior neoklasik

Aksesori dan dekorasi

Permadani atau karpet bakalan menjadi satu elemen yang sangat menarik dalam interior neoklasik. Atau bantal sutra pada sofa, cermin besar, dan lukisan dengan lanskap, menciptakan perasaan nyaman dan kemewahan yang menenangkan.

Seperti halnya desain klasik, neoklasik menyukai tekstil yang mahal dan indah. Jadi jangan ragu untuk mendekorasi jendela dengan tirai asli, ambil karpet yang lembut dan menyenangkan, hiasi meja dengan kain tenun yang trendi. Dengan begitu, Anda menjadikan rumah Anda sebagai contoh nyata bagaimana menampilkan kemewahan dan nuansa elegan dalam setiap ruang.

Gaya desain interior neoklasik

Neoklassik terlihat layak hanya jika setiap detail ada pada tempatnya. Biarkan desainer menciptakan karya nyata dalam gaya neoklasik untuk Anda, dan ini akan menjadi dekorasi rumah Anda yang bakalan paling Anda sukai.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader